10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldo

Momen mana saja yang paling kalian ingat tentang Ronaldo? 

Tak dimungkiri, Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik dalam sedekade terakhir. Meski berusia 36 tahun, CR7 saat ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa.

Pemain asal Portugal ini telah mencetak banyak gol dan memenangi sejumlah penghargaan individu dalam kariernya. Selain itu, Ronaldo juga dikenal memiliki kekuatan kaki yang sama baiknya, baik kanan mau pun kiri.

Ia juga hampir selalu memenangi duel-duel bola udara karena memiliki lompatan yang sangat tinggi. Untuk mengingat lagi momen-momen terbaik sang pemain, berikut ini 10 pencapaian terbaik Cristiano Ronaldo dalam dunia sepak bola.

1. Gol spektakuler ke gawang FC Porto (2009) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldoskysports.com

Saat masih membela Manchester United, Ronaldo pernah menciptakan beberapa gol spektakuler, salah satunya di ajang Liga Champions. Pada leg kedua di kandang FC Porto, CR7 menciptakan gol dari jarak 40 meter ketika pertandingan memasuki menit ke-6. Gol itu sekaligus mengantarkan Setan Merah lolos ke babak semifinal pada musim 2008/2009.

2. Rekor di partai final Liga Champions (2014) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldogoal.com

Ronaldo berhasil menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol untuk dua klub pemenang berbeda di partai final Liga Champions. Ia pertama kali melakukannya saat mengantarkan Manchester United juara pada musim 2007/2008 ketika melawan Chelsea. Sementara yang kedua, sang pemain melakukannya saat membela Real Madrid pada musim 2013/2014 melawan Atletico Madrid.

3. Top skor sepanjang masa Real Madrid (2015) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldomarca.com

Ronaldo total membela Real Madrid selama 6 musim. Selama waktunya itu, sang pemain berhasil menciptakan 450 gol dan 132 assist dari 438 pertandingan. Catatan tersebut membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Los Blancos.

4. Menjuarai Piala Eropa bersama Timnas Portugal (2016) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldogoal.com

Banyak orang yang menilai Ronaldo lebih baik daripada Messi karena CR7 pernah mengantarkan negaranya menjuarai turnamen prestisius. Sementara itu, Messi sampai saat ini belum pernah melakukannya. Pada tahun 2016, Ronaldo bersama tim nasional Portugal berhasil menjuarai Piala Eropa.

5. Berhasil mencetak 100 gol di Liga Champions (2017) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldoen.as.com

Ronaldo menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mampu membukukan 100 gol. Gol ke-100 sang pemain tercipta di fase gugur babak perempat final ketika melawan Bayern Munchen pada tahun 2017.

Ketika itu, pemain yang saat ini sudah berusia 36 tahun tersebut berhasil membobol gawang Bayern Munchen sebanyak 3 kali alias hat-trick.

Baca Juga: 5 Gelar Ballon d’Or Cristiano Ronaldo, Mana yang Paling Spektakuler?

6. Gol Salto di Liga Champions (2018) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldocbssports.com

Secara keseluruhan, Ronaldo telah menciptakan 700 gol lebih sepanjang kariernya. Salah satu gol terbaiknya mungkin bisa dikatakan terjadi saat melawan Juventus pada ajang Liga Champions musim 2017/2018. Saat masih membela Real Madrid, sang pemain melakukan gol salto ke gawang kiper legendaris, Gianluigi Buffon.

7. Meraih 5 gelar Liga Champions (2018) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldoas.com

Sejak berganti nama menjadi Liga Champions, hanya Ronaldo-lah yang mampu meraih trofi tersebut sebanyak 5 kali. Kelima gelar itu didapatkan sang pemain dengan dua klub berbeda yakni Manchester United dan Real Madrid, di mana CR7 memenanginya pada tahun 2008, 2014, 2016, 2017 dan 2018.

8. Hattrick ketika berjumpa Timnas Spanyol (2018) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldoronaldo.com

Tak hanya produktif ketika membela klub, Ronaldo juga tampil menjanjikan saat berseragam tim nasional Portugal. Pada fase grup Piala Dunia 2018 ketika berjumpa dengan Timnas Spanyol, pemain Juventus ini berhasil menciptakan hattrick ke gawang David de Gea. Sayangnya, perjalanan Portugal di turnamen itu harus terhenti pada babak 16 besar.

9. Hattrick ketika berjumpa Atletico Madrid (2019) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldogoal.com

Pada musim 2018/2019, Juventus berjumpa Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Saat leg pertama, Juventus harus mengakui kekalahan dari wakil asal Spanyol itu dengan skor 0-2.

Namun, di leg kedua, Juventus berhasil comeback dengan kemenangan 3-0. Lebih hebatnya lagi, semua gol Juventus itu diciptakan oleh Ronaldo.

10. Berhasil membukukan 100 gol bersama Timnas Portugal (2020) 

10 Momen Ikonik dan Terbaik dalam Karier Cristiano Ronaldoen.as.com

Cristiano Ronaldo memulai debutnya bersama tim nasional Portugal pada tahun 2003. Baru pada September 2020, ia berhasil menciptakan 100 gol bersama negaranya tersebut. Itu sekaligus membuat dirinya menjadi pemain Eropa pertama yang mampu mencetak 100 gol.

Kini, Ronaldo sudah menciptakan 102 gol bersama Portugal. CR7 hanya tertinggal 7 gol lagi dari legenda sepak bola Iran, Ali Daei, yang merupakan pencetak gol terbanyak untuk tim nasional sepanjang sejarah.

 

Dari sepuluh momen tersebut, peristiwa mana saja yang paling kamu ingat tentang Cristiano Ronaldo?

Baca Juga: 5 Rekan Terbaik Cristiano Ronaldo di Tim Nasional Portugal, Ada Nani!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya