Comscore Tracker

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan Jerman

Inggris dan Jerman sudah bertemu sebanyak 33 kali

Tim nasional Inggris akan menghadapi lawan berat di babak 16 besar Piala Eropa 2020, yaitu Jerman. The Three Lions berhasil lolos ke fase gugur karena mampu menjadi pemuncak klasemen grup D. Sementara itu, Der Panzer finis sebagai runner-up di grup F. Laga antara kedua tim itu akan dilaksanakan di Stadion Wembley.

Dari 33 pertemuan antara kedua negara tersebut, Jerman berhasil meraih 15 kemenangan, Inggris 13 kemenangan, dan sisanya berakhir imbang. Dalam pertandingan-pertandingan itu, tentu banyak sekali momen yang terjadi. Beberapa pertandingan bahkan sangat dikenang dan cukup dramatis. Berikut ini lima momen yang tidak terlupakan ketika Inggris vs Jerman.

1. Jerman 3-3 Inggris (1930) 

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan JermanJerman 3-3 Inggris tahun 1930. (Twitter/OldFootball11)

Jerman dan Inggris pertama kali bertemu pada tahun 1930. Ketika itu mereka menjalani pertandingan persahabatan di Berlin, Jerman. Laga tersebut bisa dibilang berjalan cukup sengit karena kejar-mengejar skor.

Bahkan, kejar-mengejar skor berlanjut hingga menit akhir dari 1-0, 2-1, dan 3-2 sebelum akhirnya disamakan Inggris menjadi 3-3. Gol penyelamat Inggris saat itu diciptakan oleh David Jack.

2. Inggris 1-3 Jerman Barat (1972) 

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan JermanInggris 1-3 Jerman Barat tahun 1972. (impromptuinc.com)

Setelah menunggu cukup lama, tim nasional Jerman akhirnya bisa menang untuk pertama kalinya di tanah Inggris. Kejadian itu tercipta pada tahun 1972 ketika masih bernama Jerman Barat. Tak tanggung-tanggung, Der Panzer saat itu menang dengan skor yang cukup telak.

Jerman Barat mampu mengalahkan Inggris dengan skor 3-1. Pertandingan tersebut merupakan babak play-off Piala Eropa tahun 1972.

Baca Juga: Mau Gempur Jerman, Penyihir Inggris Belum Gabung Latihan Tim

3. Jerman 1-5 Inggris (2001) 

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan JermanJerman 1-5 Inggris tahun 2001. (thefa.com)

Pada tahun 2001, tim nasional Inggris secara mengejutkan berhasil membantai Jerman dengan skor 5-1. Torehan tersebut sekaligus menjadi kemenangan terbesar Inggris atas Jerman. Lebih hebatnya lagi, The Three Lions mampu mengalahkan Der Panzer di kandangnya sendiri, Munich.

Pertandingan tersebut terjadi dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2002. Michael Owen berhasil menjadi bintang pada laga itu karena mampu menciptakan hattrick. Sementara itu, dua gol Inggris yang lain diciptakan oleh Emile Heskey dan Steven Gerrard.

4. Jerman 4-1 Inggris (2010) 

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan JermanJerman 4-1 Inggris tahun 2010. (goal.com)

Pada ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, tim nasional Inggris sempat diprediksi banyak orang bakal berjaya karena diisi oleh skuad yang bertabur bintang. Akan tetapi, langkah The Three Lions harus terhenti di babak 16 besar. Jerman berhasil menjegal Inggris dengan skor yang cukup telak, yaitu 4-1.

Ketika pertandingan menunjukkan skor 2-1, Inggris sebenarnya mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan Frank Lampard dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola yang sudah jelas melewati garis gawang tidak disahkan menjadi gol oleh wasit saat itu.

5. Inggris 4-2 Jerman Barat (1966) 

5 Momen yang Tidak Terlupakan ketika Inggris Berjumpa dengan JermanInggris 4-2 Jerman Barat tahun 1966. (thefa.com)

Pertandingan bergengsi tercipta ketika Inggris berjumpa dengan Jerman Barat di laga final Piala Dunia 1966. Tahun tersebut tentu tidak akan pernah dilupakan oleh para pendukung The Three Lions. Pasalnya, Inggris untuk pertama kalinya berhasil meraih gelar internasional setelah mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2.

Trofi tersebut menjadi satu-satunya yang berhasil diraih oleh tim nasional Inggris hingga saat ini. Penyerang Inggris saat itu, Geoff Hurst, sukses menjadi bintang dalam laga tersebut karena mampu menciptakan hattrick.

 

Banyak sekali yang menyebut pertandingan Inggris melawan Jerman di Piala Eropa 2020 sebagai final dini karena kedua tim sangat dijagokan dalam ajang ini. Kira-kira, siapa yang bakal menang dan melaju ke babak 8 besar, Inggris atau Jerman?

Baca Juga: Inggris vs Jerman dan Gol Hantu Lampard yang Masih Membekas

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya