Comscore Tracker

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala Eropa

Timnas Jerman teratas!

Piala Eropa 2020 merupakan edisi ke-16 dari turnamen terbesar bagi para negara di Benua Biru. Ajang tersebut pertama kali digelar pada tahun 1960 dan hanya diikuti oleh 4 negara. Sampai saat ini sudah lebih dari 30 negara yang sudah berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Dari puluhan negara tersebut, hanya ada beberapa tim yang sukses mengoleksi keikutsertaan terbanyak dalam sejarah Piala Eropa. Berikut ini enam negara yang paling sering berpartisipasi dalam ajang Piala Eropa.

1. Timnas Jerman – 13 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Jerman. (eurosport.com)

Tim nasional Jerman menjadi negara dengan partisipasi paling banyak dalam sejarah Piala Eropa. Sejauh ini tim yang memiliki julukan Die Mannschaft tersebut sudah mengikuti Piala Eropa sebanyak 13 kali dari 16 pergelaran. Jerman pertama kali mengikuti Piala Eropa pada tahun 1972.

Ketika itu nama mereka masih Jerman Barat sebelum akhirnya bersatu dengan Jerman Timur. Jerman Barat dan Timur mulai bersatu ketika Piala Eropa tahun 1992. Kala itu Jerman berhasil finis sebagai runner-up. Sejauh ini Jerman sudah mengoleksi tiga gelar Piala Eropa yang didapatkan pada tahun 1972, 1980, dan 1996.

2. Timnas Spanyol – 11 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Spanyol. (eurosport.com)

Tim nasional Spanyol sejauh ini sudah berpartisipasi dalam 11 kali di ajang Piala Eropa. Tim yang memiliki julukan La Furia Roja itu pertama kali tampil di ajang tersebut pada edisi kedua, yaitu tahun 1964. Hebatnya, Spanyol langsung berhasil menjadi kampiun dalam keikutsertaannya pertama itu.

Sempat puasa cukup lama, Spanyol akhirnya kembali juara pada tahun 2008. Tidak berhenti sampai di situ, negara yang beribu kota di Madrid tersebut juga mampu meraih juara pada Piala Eropa 2012.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Spanyol dalam Sejarah Piala Eropa, Siapa Saja?

3. Timnas Inggris – 10 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Inggris. (90min.com)

Piala Eropa 2020 menjadi keikutsertaan ke-10 bagi tim nasional Inggris. Sayangnya, The Three Lions sampai saat ini belum sekali pun meraih gelar juara dalam turnamen tersebut. Prestasi terbaik Inggris hanya mampu finis di urutan ketiga pada edisi ketiga atau tahun 1968.

Bahkan, di era modern, pencapaian terbaik Inggris hanya mampu sampai babak perempat final. Piala Eropa 2020 tentu harus menjadi pembuktian bagi tim nasional Inggris. Pasalnya, skuad tim asuhan Gareth Southgate memiliki komposisi pemain yang sangat mewah.

4. Timnas Prancis – 10 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Prancis. (leighjournal.co.uk)

Tim nasional Prancis sudah mengikuti kompetisi Piala Eropa sejak edisi pertama pada tahun 1960. Walau begitu, tim yang memiliki julukan Les Bleus itu baru mengoleksi 10 keikutsertaan di ajang terbesar bagi negara Eropa tersebut. Prancis sendiri tercatat sudah memenangi Piala Eropa sebanyak 2 kali.

Prestasi tersebut membuat Prancis berada di urutan ketiga sebagai tim dengan trofi terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa di bawah Spanyol dan Jerman. Pada edisi tahun lalu, Prancis hampir saja menyamai rekor dari Spanyol dan Jerman. Sayangnya, Prancis saat itu harus kalah dari Portugal dengan skor 0-1.

5. Timnas Italia – 10 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Italia. (deccanherald.com)

Jika melihat komposisi pemain dari Italia di ajang Piala Eropa 2020, tim yang memiliki julukan Gli Azzurri sepertinya bakal menjadi salah satu negara yang diunggulkan untuk meraih gelar juara. Pasalnya, tim asuhan Roberto Mancini itu belum sekali pun kebobolan dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi. Catatan tersebut tentu sangat impresif dan harus diwaspadai oleh semua lawannya.

Italia baru pertama kali juara di ajang Piala Eropa pada tahun 1968. Lebih hebatnya, tahun itu merupakan keikutsertaan pertama Italia dalam ajang antarnegara Benua Biru tersebut. Selain itu, Italia juga pernah menjadi runner-up sebanyak 2 kali pada tahun 2000 dan 2012.

6. Timnas Belanda – 10 kali 

6 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala EropaSkuad tim nasional Belanda. (eurosport.com)

Tim nasional Belanda memulai perjalanannya di kompetisi Piala Eropa sejak tahun 1976. Di ajang debutnya kala itu, tim yang memiliki julukan Oranje ini berhasil finis di urutan ketiga. Baru pada tahun 1988 Belanda berhasil menjadi kampiun setelah mengalahkan Uni Soviet di partai puncak.

Piala Eropa 2020 menjadi keikutsertaan kesepuluh bagi tim nasional Belanda. Tim asuhan Frank de Boer ini tentu bertekad ingin melangkah sejauh mungkin untuk bisa meraih gelar juara.

 

Itulah sepuluh negara dengan partisipasi terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa. Dalam edisi tahun ini, kira-kira negara mana yang bakal memenangi turnamen tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Belanda dalam Sejarah Piala Eropa, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya