5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum Eriksen

Kehadiran Eriksen membuat opsi di lini tengah makin banyak

Christian Eriksen memutuskan melanjutkan kariernya bersama Manchester United setelah berpisah dengan Brentford. Pemain asal Denmark itu diikat kontrak oleh Setan Merah selama 3 tahun hingga 2025.

Eriksen dipercayai menggunakan nomor punggung 14 di Old Trafford. Sebelum Eriksen, ada banyak pemain top yang juga pernah memakai nomor tersebut bersama Manchester United. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut pembahasannya.

1. Jesse Lingard 

5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum EriksenJesse Lingard (twitter.com/JesseLingard)

Jesse Lingard adalah produk asli jebolan akademi Manchester United. Sebelum naik kasta ke tim utama, sang pemain sempat dipinjamkan terlebih dahulu ke sejumlah klub, seperti Leicester City, Birmingham, Brighton, hingga Derby County. Ia akhirnya masuk ke skuad utama Setan Merah pada musim 2015/2016.

Awalnya, Lingard menggunakan nomor punggung 35 di Old Trafford. Namun, sejak musim 2016/2017, ia selalu memakai nomor punggung 14. Sayangnya, kebersamaan Lingard dan Manchester United harus berakhir pada musim panas ini. Pemain berusia 29 tahun itu memilih melanjutkan kariernya bersama Nottingham Forest pada musim 2022/2023.

2. Chicharito 

5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum EriksenChicharito (twitter.com/ManUtd)

Sir Alex Ferguson ketika masih menangani Manchester United dikenal sebagai pelatih yang bertangan dingin. Banyak sekali pemain non-unggulan yang mampu disulap pria asal Skotlandia itu menjadi bintang. Salah satunya adalah Chicharito. Sang pemain direkrut Ferguson dari klub Meksiko, Chivas, dengan biaya 7,5 juta euro atau Rp114 miliar pada 2010.

Chicharito tercatat membela Manchester United selama 4 musim. Selama periode itu, ia selalu menggunakan nomor punggung 14. Di samping itu, Chicharito berhasil membukukan 59 gol dan 20 assist dari 157 pertandingan di semua kompetisi bagi Manchester United.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor 6 Manchester United Sebelum Lisandro Martinez

3. Zoran Tosic 

5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum EriksenZoran Tosic (manutd.com)

Zoran Tosic direkrut Manchester United dari klub Serbia, FK Partizan Belgrade, pada Januari 2009. Setan Merah saat itu mengeluarkan biaya senilai 7 juta euro atau Rp106 miliar. Sayangnya, Tosic gagal bersaing di skuad utama Manchester United.

Pria berusia 35 tahun ini tercatat hanya bermain di Old Trafford selama 1,5 musim. Dalam prosesnya, ia hanya tampil sebanyak lima kali sebelum akhirnya dilepas ke CSKA Moscow. Tosic selalu menggunakan nomor 14 bersama Manchester United.

4. Alan Smith 

5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum EriksenAlan Smith (twitter.com/manutdmen)

Setelah tampil apik bersama Leeds United, Alan Smith memilih melanjutkan kariernya bersama Manchester United. Ia datang ke Old Trafford pada tahun 2004. Pemain asal Inggris ini bermain untuk Setan Merah selama 3 musim.

Smith mampu membukukan 12 gol dan 10 assist dari 93 pertandingan di semua kompetisi. Meski cukup singkat, Smith tetap mampu mempersembahkan dua gelar juara, yakni trofi Premier League dan Piala Liga Inggris. Smith juga selalu memakai nomor punggung 14 di Old Trafford.

5. Tim Howard 

5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum EriksenTim Howard ketika diperkenalkan sebagai pemain baru Manchester United. (twitter.com/ColoradoRapids)

Manchester United adalah klub pertama Tim Howard di kompetisi top Eropa. Penjaga gawang asal Amerika Serikat ini didatangkan Sir Alex Ferguson dari tim MLS, New York Red Bulls pada 2003. Biaya senilai 3,2 juta euro atau Rp48 miliar dikeluarkan Setan Merah untuk memboyong sang kiper ke Old Trafford.

Howard menjadi bagian dari skuad Manchester United selama 3 tahun. Pada musim debutnya, ia menggunakan nomor punggung 14. Namun, pada musim berikutnya, Howard berganti nomor punggung menjadi angka 1. Howard tercatat tampil untuk Setan Merah sebanyak 77 kali dan sukses menorehkan 31 clean sheet.

 

Ternyata tidak semua pemain Manchester United yang memakai nomor 14 memberikan andil yang besar. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Christian Eriksen agar bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi. Menurutmu, siapa pemilik nomor punggung 14 terbaik dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain yang Harus Ganti Nomor Punggung karena Kehadiran Sosok Baru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya