8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiola

Ada pelatih yang mampu mengantarkan tim idolamu juara?

Liga Champions merupakan kompetisi paling bergengsi di dunia. Tak mengherankan jika hanya pemain dan pelatih hebat yang mampu memenangi kompetisi paling prestisius tersebut. Dalam tiga dekade terakhir, hanya ada beberapa pelatih saja yang mampu memenangi Liga Champions.

Dilansir Sportskeeda, setidaknya ada 8 pelatih yang pernah merasakan kesuksesan di Liga Champions. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madrid

1. Ottmar Hitzfeld (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolaeurosport.co.uk

Ottmar Hitzfeld merupakan pelatih pertama yang berhasil memenangi Liga Champions dengan 2 klub berbeda. Kedua klub tersebut adalah raksasa Jerman, Borussia Dortmund (1996/1997) dan Bayern Munchen (2000/2001).

Pelatih berusia 71 tahun itu mampu mengalahkan Juventus di final Liga Champions 1996/1997 saat masih menukangi Dortmund. Kemudian pada musim 2000/01, tim asuhan Hitzfeld, Bayern Munchen, menang adu penalti atas Valencia.

2. Jose Mourinho (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolaskysports.com

Jose Mourinho berhasil menjuarai Liga Champions pertama kali pada tahun 2004 saat masih menangani Porto. Dalam laga itu, Mourinho mampu mengalahkan AS Monaco di partai final.

Pada tahun 2010, ia kembali berhasil mengulangi cerita suksesnya itu bersama Inter Milan. Bahkan, Mou berhasil memberikan treble winner bagi klub Serie A tersebut. Sejak saat itu, Mourinho tidak pernah lagi mengantarkan timnya menjuarai Liga Champions.

3. Sir Alex Ferguson (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolagivemesport.com

Sir Alex Ferguson adalah salah satu pelatih legendaris dalam sepak bola. Ia mampu mempersembahkan berbagai gelar bagi Manchester United.

Pertama kali memenangi Liga Champions pada tahun 1999 saat United meraih treble winner.  Ferguson mampu mengulanginya kembali pada tahun 2008 di Moskow dengan mengalahkan Chelsea di partai puncak. Keberhasilannya itu menjadikan pelatih asal Skotlandia tersebut sebagai manajer tertua yang memenangi Liga Champions.

4. Vicente Del Bosque (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolaeurosport.com

Vicente Del Bosque merupakan salah satu pelatih yang paling dihormati di Spanyol, bahkan di dunia. Faktanya, ia menjadi satu-satunya pelatih yang bisa memenangi piala dunia, Euro, dan Liga Champions.

Sebelum melambungkan timnas Spanyol meraih dua gelar mayor, pria berusia 69 tahun ini berhasil mengukir sejarah bersama Real Madrid dengan memenangi 2 trofi Liga Champions. Kedua gelar itu terjadi pada musim 1999/2000 dan 2001/2002.

Baca Juga: Del Bosque: Diantara Neymar dan Mbappe, Saya Lebih Suka Memilih Neymar

5. Pep Guardiola (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolagoal.com

Nama Pep Guardiola mulai naik daun ketika menjabat sebagai pelatih tim utama Barcelona. Di musim debutnya melatih Barca, ia berhasil meraih treble winners pada musim 2008/2009.

Capaiannya tersebut sekaligus menjadikannya orang pertama yang menjuarai Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Dua musim berikutnya, ia kembali mempersembahkan gelar Liga Champions bagi klub asal Catalan itu.

6. Jupp Heynckes (2 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolagoal.com

Jupp Heynckes mampu mengantarkan Real Madrid menjadi kampiun pada musim 1997/1998 setelah mengalahkan Juventus di final. Setelah sempat berpindah-pindah klub, satu dekade kemudian ia berhasil memenangi Liga Champions bersama Bayern Munchen di musim 2012/2013.

Tahun tersebut juga menjadi musim terbaik bagi pelatih asal Jerman itu karena berhasil meraih treble winners. Di partai puncak Liga Champions 2012/2013, Bayern asuhan Heynckes berhasil mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1.

7. Carlo Ancelotti (3 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolagoal.com

Carlo Ancelotti mampu mempersembahkan gelar Liga Champions bersama AC Milan dalam dua periode yakni pada musim 2002/2003 setelah mengalahkan Juventus melalui adu penalti dan musim 2006/2007 dengan sekaligus membalaskan dendam atas Liverpool di Athena.

Setelah itu, pelatih asal Italia ini berhasil mengantarkan Real Madrid meraih Liga Champions pada musim 2013/2014. Berkat capaiannya tersebut, Ancelotti sekaligus membuat El Real meraih La Decima atau gelar kesepuluh Liga Champions bagi klub asal ibu kota Spanyol itu.

8. Zinedine Zidane (3 Gelar)

8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiolagoal.com

Karier spektakuler sebagai pelatih berhasil ditunjukkan Zinedine Zidane bersama Real Madrid. Pria asal Prancis itu mampu memenangi Liga Champions dalam tiga musim berturut-turut, yakni dari musim 2015/2016 hingga 2017/2018. Capaiannya itu sekaligus membuatnya sejajar dengan Ancelotti yang berhasil meraih 3 kali gelar Liga Champions. Meski sempat mundur dari kursi pelatih El Real, Zidane kembali lagi menangani klub ibu kota tersebut sejak musim lalu.

Menjuarai Liga Champions tentu tidaklah mudah. Perlu kekompakan, keseimbangan tim, dan strategi permainan yang baik. Kira-kira siapa yang bakal mampu memenangi Liga Champions di musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Direkrut Carlo Ancelotti untuk AC Milan, Sukses!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya