Comscore Tracker

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie A

Deretan para pelatih berpengalaman

Inter Milan dipastikan berhasil menjuarai Serie A musim ini. Klub berjuluk Nerazzurri tersebut akhirnya kembali memenangi gelar tertinggi di Italia itu setelah puasa cukup lama. Kepastian itu didapatkan setelah rival terdekat Inter Milan, Atalanta, hanya meraih hasil imbang di kandang Sassuolo.

Meski pertandingan Serie A masih menyisakan beberapa laga, Lautaro Martinez dan kolega tidak akan lagi terkejar. Gelar juara tersebut akan menjadi yang ke-19 untuk Inter Milan. Kesuksesan Nerazzurri tersebut tentu saja tidak terlepas dari tangan dingin sang pelatih, Antonio Conte. Sebelum Conte, beberapa pelatih juga berhasil mengantarkan Inter Milan juara Serie A. Mau tahu siapa saja? Berikut ulasannya!

1. Antonio Conte 

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie Agoal.com

Pria berusia 51 tahun ini mulai menangani Inter Milan pada Mei 2019. Di musim debutnya, ia berhasil mengantarkan timnya tersebut mencapai final Liga Europa. Akan tetapi, Nerazzurri saat itu harus kalah dari Sevilla dengan skor 2-3. Tidak hanya itu, Inter Milan sebenarnya juga hampir menjuarai Serie A pada musim lalu. Sayangnya, tim asuhan Conte itu hanya tertinggal satu poin dari Juventus.

Conte juga hampir saja meninggalkan tim pada akhir musim lalu karena tidak sejalan dengan pemilik klub. Namun, pria asal Italia ini kemudian memutuskan untuk tetap bertahan di Giuseppe Meazza. Setelah sempat gagal musim lalu, Conte akhirnya berhasil membawa Inter Milan juara Serie A pada musim ini.

Baca Juga: Mantra Conte, Bangkitkan Inter Milan dan Akhiri Dominasi Juventus

2. Jose Mourinho 

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie Afifa.com

Pelatih asal Portugal ini sempat menangani Inter Milan selama 2 musim sejak 2008 hingga 2010. Meski sangat singkat, Jose Mourinho saat itu berhasil memberikan kesuksesan yang luar biasa untuk tim. Di musim debutnya, ia berhasil membawa Nerazzurri memenangi gelar Serie A dan Piala Super Italia.

Pada tahun berikutnya, mantan pelatih Chelsea ini bahkan berhasil mempersembahkan treble winner untuk Inter Milan. Pelatih berjuluk The Special One ini sukses memenangi trofi Serie A, Coppa Italia, dan Liga Champions. Berkat performanya yang impresif dengan Inter Milan, Mourinho langsung dibeli oleh Real Madrid pada musim berikutnya.

3. Roberto Mancini 

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie Agoal.com

Roberto Mancini pernah menangani Inter Milan dalam dua periode yang berbeda, yaitu tahun 2004 hingga 2008 dan 2014 hingga 2016. Namun, kesuksesan pelatih berusia 56 tahun itu lebih banyak tercipta di periode yang pertama. Tiga gelar Serie A secara berturut-turut berhasil dipersembahkan oleh Mancini untuk Inter Milan.

Trofi Scudetto tersebut masing-masing tercipta pada musim 2005/2006, 2006/2007, dan 2007/2008. Tak hanya itu, pria yang saat ini menjadi pelatih tim nasional Italia tersebut juga sukses mempersembahkan dua trofi Piala Italia. Total, selama empat musim menukangi Nerazzurri, ia berhasil memenangi 7 gelar juara.

4. Giovanni Trapattoni 

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie Agoal.com

Giovanni Trapattoni mulai dikenal ketika meraih banyak kesuksesan saat menangani Juventus. Pada tahun 1986, Inter Milan memutuskan untuk merekrut sang pelatih dari klub asal Turin tersebut. Pria yang saat ini berusia 82 tahun itu total menangani Nerazzurri selama lima tahun hingga musim 1990/1991.

Meski mengabdi sangat lama, Trapattoni hanya berhasil mempersembahkan satu gelar Serie A untuk Inter Milan pada musim 1988/1989. Selain itu, Inter Milan juga berhasil memenangi trofi Piala UEFA pada musim 1990/1991. Setelah kontraknya habis di Inter, Trapattoni memutuskan untuk kembali menakhodai Juventus pada tahun 1991.

5. Eugenio Bersellini 

5 Pelatih yang Berhasil Mengantarkan Inter Milan Menjuarai Serie Auefa.com

Eugenio Bersellini pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Inter Milan pada tahun 1977. Ketika itu ia rela meninggalkan Sampdoria demi menangani klub yang lebih besar. Tercatat, sang pelatih menakhodai Nerazzurri selama lima musim hingga 1982. Bersellini sukses mengantarkan timnya tersebut meraih gelar juara Serie A pada musim 1979/1980.

Tidak hanya itu, sang pelatih juga sukses mempersembahkan dua trofi Piala Italia pada musim 1977/1978 dan 1981/1982. Setelah meninggalkan Inter Milan, Bersellini beberapa kali menangani tim Italia seperti Torino, Sampdoria, Fiorentina, hingga Bologna.

 

Itulah lima pelatih ternama yang berhasil mengantarkan Inter Milan menjuarai gelar Serie A. Dari nama-nama tersebut, menurutmu, siapa yang paling sukses dalam menangani Inter Milan?

Baca Juga: 6 Tokoh Kunci Kesuksesan Inter Milan Raih Scudetto

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya