Comscore Tracker

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023

Premier League dikenal sebagai ajang yang kejam bagi pelatih

Pemecatan pelatih adalah hal yang biasa dalam permainan sepak bola. Terlebih, jika hal tersebut terjadi di kompetisi sebesar English Premier League (EPL).

Pada musim 2021/2022 lalu, ada sejumlah pelatih Premier League yang terdepak pada awal-awal musim. Berkaca dari fakta masa lalu tersebut, bukan tidak mungkin bakal ada pelatih yang didepak di minggu-minggu awal Premier League 2022/2023.

Berikut sederet pelatih Premier League yang berpotensi dipecat lebih awal musim ini! 

1. Marco Silva 

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023Marco Silva (fulhamfc.com)

Marco Silva merupakan pelatih dari klub Promosi, Fulham. Pria berpaspor Portugal itu baru menjadi nakhoda The Cottagers sejak Juli 2021. Ia merekrut cukup banyak pemain top pada transfer musim panas 2022 ini, mulai dari Andreas Pereira, Joao Palhinha, hingga Bernd Leno.

Meski begitu, Silva tetap berpotensi dipecat jika gagal membawa Fulham bersaing di papan tengah. Selain itu, ia juga dapat meninggalkan Fulham apabila ada klub lain yang menginginkan jasanya.

2. Ralph Hasenhuttl 

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023Ralph Hasenhuttl (southamptonfc.com)

Ralph Hasenhuttl hampir membuat Southampton terdegradasi dari Premier League pada musim 2021/2022 lalu. Pada akhir musim tersebut, The Saints hanya unggul 5 poin dari Burnley yang berada di peringkat 18. Beruntungnya, manajemen Southampton masih mempercayai Hasenhuttl untuk menangani tim pada kompetisi musim 2022/2023.

Pria berusia 55 tahun itu harus bisa membuat Southampton kembali menjadi tim kuda hitam yang berbahaya di Premier League. Jika tidak, kemungkinan kariernya di Stadion St Mary's akan berakhir lebih cepat.

Baca Juga: 5 Pelatih Tim Premier League yang Merekrut Mantan Anak Asuhnya

3. Thomas Tuchel 

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023Thomas Tuchel (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea memang dikenal sebagai klub yang kerap bergonta-ganti pelatih dalam satu dekade terakhir. Tercatat hanya Antonio Conte dan Jose Mourinho yang mampu bertahan di Stamford Bridge selama dua musim, sementara deretan nama pelatih lain hanya mampu bertahan selama setahun.

Saat ini, Thomas Tuchel sedang menjalani musim keduanya bersama The Blues. Ada kemungkinan ini bakal menjadi tahun terakhir Tuchel menangani Chelsea. Sebab, pria asal Jerman itu gagal membawa satu pun trofi ke Stamford Bridge pada musim lalu. Jika hal tersebut kembali terulang, bukan tidak mungkin Tuchel akan mengalami nasib yang sama dengan para kolega terdahulunya di Chelsea.

4. Jesse Marsch 

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023Jesse Marsch (leedsunited.com)

Leeds United tampil sangat buruk sepanjang musim 2021/2022. Mereka tercatat hanya mampu finis di urutan ke-17 dengan perolehan 38 poin. Kehadiran Jesse Marsch di pertengahan musim dianggap sebagai sosok penyelamat.

Untuk mengarungi musim kompetisi 2022/2023 yang lebih ketat, Marsch memutuskan mendatangkan banyak sekali pemain baru pada jendela transfer. Hal itu dilakukan supaya Leeds United tampil jauh lebih menjanjikan daripada musim lalu. Namun, jika tim tetap saja tak mengalami perubahan, besar kemungkinan Marsch bakal dipecat oleh manajemen The Whites pada pertengahan musim.

5. Scott Parker 

5 Pelatih Premier League Berpotensi Dipecat Lebih Awal Musim 2022/2023Scott Parker (afcb.co.uk)

Sama seperti Marco Silva, Scott Parker juga berhasil membawa AFC Bournemouth promosi ke ajang Premier League pada musim 2022/2023. Perbedaannya, Bournemouth tidak memiliki dana cukup melimpah untuk belanja banyak pemain baru.

Dengan kondisi tersebut, Parker harus memutar otak agar tim masih bisa bertahan di kompetisi Premier League periode berikutnya. Apabila The Cherries hanya sekadar lewat di Premier League, masa depan pelatih berusia 41 tahun kemungkinan tidak akan lama di Stadion Vitality.

Parker sendiri memiliki kenangan buruk saat menangani Fulham di kompetisi Premier League 2020/2021. Ketika itu, Fulham harus terdegradasi dari kasta tertinggi Inggris.

Kompetisi Premier League 2022/2023 memang baru saja bergulir. Namun, apabila sederet pelatih Premier League tersebut tak ingin kehilangan jabatannya, tentunya kelima pelatih di atas harus mampu memenuhi ekspektasi masing-masing klub yang mereka nahkodai.

Baca Juga: 5 Pemain Baru Premier League Ini Reuni dengan Pelatih Lama Mereka

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya