5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!

Berbagai rekor berhasil diciptakan

Premier League tidak hanya dikenal memiliki deretan pemain hebat dan mumpuni. Kompetisi tertinggi di Inggris itu juga banyak sekali diisi oleh pelatih top tiap musimnya. Strategi yang diracik oleh para pelatih tersebut menjadi salah satu faktor utama yang membuat pertandingan berjalan sangat seru.

Sejak pertama kali digelar pada musim 1992/1993, banyak sekali pelatih hebat yang menangani klub Premier League. Beberapa nama bahkan berhasil meraih banyak kesuksesan. Berikut ini lima pelatih terhebat dalam sejarah Premier League.

1. Jurgen Klopp

5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!Jurgen Klopp. (thisisanfield.com)

Jurgen Klopp memang memberikan warna yang sangat berbeda di Premier League. Setelah cukup sukses dengan Borussia Dortmund, pelatih asal Jerman tersebut melanjutkan tugasnya bersama Liverpool sejak tahun 2015. Saat itu ia diharapkan memberikan keajaiban bagi Liverpool yang sudah tiga tahun tidak mendapatkan satu pun trofi.

Di bawah asuhannya, The Reds berubah menjadi klub yang kembali disegani. Gelar juara Liga Champions dan Premier League berhasil didapatkan secara berturut-turut. Dari 314 pertandingan bersama Liverpool, Klopp berhasil menciptakan 187 kemenangan dan mencetak 666 gol.

2. Jose Mourinho 

5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!Jose Mourinho. (eurosport.co.uk)

Jose Mourinho telah menetapkan dirinya sebagai salah satu pelatih terbaik di era modern. Sepanjang kariernya di Premier League, ia sudah menangani tiga klub berbeda, yaitu Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Ia menikmati tahun-tahun terbaiknya di Premier League ketika menangani The Blues dengan memenangi banyak sekali gelar juara, termasuk 3 trofi Premier League.

Bersama Manchester United, Mourinho sukses meraih tiga gelar juara selama 2 tahun. Sayangnya, ia gagal mempersembahkan trofi juara saat membela Tottenham Hotspur. Meski demikian, capaian apiknya bersama Chelsea dan Manchester United sudah cukup membuat dirinya menjadi salah satu pelatih terbaik di Premier League.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Menangani AS Roma Sebelum Jose Mourinho, Siapa Saja?

3. Pep Guardiola 

5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!Pep Guardiola. (vbetnews.com)

Pep Guardiola adalah salah satu dari empat pelatih yang berhasil meraih tiga gelar Premier League. Semua catatan itu diraih oleh pelatih asal Spanyol ini bersama Manchester City. Ia mulai menangani The Citizens sejak tahun 2016 dan sudah memenangi banyak sekali gelar domestik. Meski dikenal sebagai pelatih yang boros, ia sukses mengubah klub menjadi tim yang sangat disegani.

Selama ditangani Guardiola, Manchester City sendiri sudah memenangi total 10 gelar juara selama 5 tahun. Torehan trofi tersebut berpeluang bertambah mengingat Manchester City musim ini berhasil lolos ke partai final Liga Champions. Jika mampu menang melawan Chelsea di laga final, gelar tersebut akan menjadi yang pertama bagi The Citizens sepanjang sejarah.

4. Arsene Wenger 

5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!Arsene Wenger. (arsenal.com)

Nama Arsene Wenger sangatlah identik dengan Arsenal. Pelatih asal Prancis itu menghabiskan waktunya untuk The Gunners selama 22 musim sejak tahun 1996 hingga 2018. Selama waktunya itu, Wenger berhasil mempersembahkan total 17 gelar juara. Lebih hebatnya lagi, ia membawa Arsenal berjaya dengan anggaran yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan klub elite lainnya.

Tahun terbaik Wenger bisa dibilang tercipta pada musim 2003/2004. Ketika itu, ia berhasil membawa Arsenal tak tersentuh kekalahan satu kali pun di Premier League. Arsenal saat itu berhasil memenangi 26 pertandingan dan 12 laga yang berakhir imbang. Kini pria yang sudah berusia 71 tahun itu bekerja di FIFA sebagai kepala pengembangan sepak bola.

5. Sir Alex Ferguson 

5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!Sir Alex Ferguson. (vbetnews.com)

Sir Alex Ferguson tidak hanya dianggap sebagai pelatih terhebat di Premier League, tetapi ia juga dinilai sebagai pelatih terbaik di dunia. Semua itu tidak terlepas dari kesuksesan dirinya dalam menangani Manchester United. Pelatih asal Skotlandia itu total memenangi 38 gelar juara bersama Setan Merah.

Ferguson sendiri mulai menangani Manchester United sejak tahun 1986 hingga 2013. Selama 27 tahun itu, ia berhasil membangun dominasi Manchester United dengan mencatatkan rekor 13 gelar Premier League. Salah satu tahun terbaik Ferguson tercipta pada pada musim 1998/1999. Ketika itu, sang pelatih berhasil membawa Setan Merah meraih treble winner.

 

Kelima nama di atas saat ini dianggap sebagai pelatih terbaik dalam sejarah Premier League. Siapa pelatih favoritmu?

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Manchester United Setelah Ditinggal Alex Ferguson

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya