5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!

Mereka berhasil menorehkan prestasi luar biasa

English Premier League (EPL) tidak hanya dikenal memiliki sejumlah pemain top. Kasta tertinggi Liga Inggris tersebut juga banyak diisi pelatih berlabel bintang.

Sejak era Premier League dimulai pada 1992/1993, sudah tidak terhitung seberapa banyak pelatih hebat yang menangani tim-tim Premier League. Meski begitu, hanya beberapa nama yang mampu menorehkan prestasi luar biasa. Setidaknya ada lima sosok yang dianggap menjadi pelatih terbaik dalam sejarah Premier League.

1. Sir Alex Ferguson 

5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!Sir Alex Ferguson (skysports.com)

Pria asal Skotlandia ini dianggap banyak orang sebagai pelatih terbaik dalam sejarah Premier League. Ferguson menghabiskan waktunya selama 27 tahun melatih Manchester United.

Ia berhasil mempersembahkan total 13 trofi Premier League, 5 Piala FA, dan 4 Piala Liga Inggris. Selain gelar domestik, pria berusia 80 tahun itu juga sukses membawa Setan Merah meraih 2 trofi Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Pencapaian terbaik Ferguson bersama Manchester United tercipta pada 1998/1999. Ia ketika itu berhasil membawa tim meraih treble winner.

2. Pep Guardiola 

5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!Pep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola mulai menjabat sebagai nakhoda Manchester City pada 2016. Sejak saat itu, pria berkepala plontos tersebut berhasil memenangi 4 gelar Premier League, 1 Piala FA, dan 4 Piala Liga Inggris.

Kesuksesan besar yang diraih Guardiola tersebut tentu tidak terlepas dari kebebasan dirinya untuk mendatangkan deretan pemain bintang. Terbaru, pelatih berkebangsaan Spanyol itu merekrut penyerang muda yang sedang naik daun, Erling Haaland.

Mengingat kontraknya akan berakhir pada Juni 2023, Guardiola jelas akan memberikan yang terbaik untuk Manchester City pada 2022/2023. Menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: 5 Musim Terburuk Manchester United sejak Ditinggal Sir Alex Ferguson

3. Arsene Wenger 

5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!Arsene Wenger (skysports.com)

Arsene Wenger melatih Arsenal selama 22 tahun. Pada periode tersebut, pria asal Prancis ini berhasil membawa tim asuhannya meraih 3 trofi Premier League, 7 Piala FA, dan 7 Community Shield.

Wenger secara konsisten mengantarkan The Gunners finis di urutan empat besar setiap musimnya. Pencapaian terbaik Wenger bersama Arsenal tercipta pada 2003/2004.

Klub asal London Utara ini ketika itu berhasil keluar sebagai juara Premier League tanpa mengalami satu pun kekalahan. Sampai saat ini, belum ada klub lain yang mampu menyamai torehan Arsenal.

4. Jose Mourinho 

5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!Jose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho tercatat pernah melatih tiga tim Premier League berbeda, yakni Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. Ia juga menangani Chelsea dalam dua periode berbeda dengan sukses meraih total 8 gelar juara, termasuk 3 trofi Premier League.

The Blues memiliki rekor kebobolan paling sedikit dalam sejarah Premier League, yakni 15 gol. Momen tersebut tercipta pada 2004/2005.

Sementara itu, pria asal Portugal itu sukses membawa Manchester United memenangi tiga trofi berbeda. Ada pun Tottenham Hotspur menjadi satu-satunya tim dalam karier kepelatihan Mourinho yang gagal meraih satu pun gelar juara.

5. Jurgen Klopp 

5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!Jurgen Klopp (twitter.com/SquawkaNews)

Jurgen Klopp ditunjuk sebagai nakhoda Liverpool sejak Oktober 2015. Awalnya, The Reds masih terseok-seok di bawah kepemimpinannya. Namun, seiring berjalannya waktu, klub asal Merseyside tersebut tumbuh menjadi tim yang jauh lebih tangguh.

Klopp tercatat sudah mengantarkan Liverpool meraih gelar Premier League, Piala FA, Piala Liga Inggris, Piala Super Eropa, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. Torehan tersebut membuat Klopp menjadi pelatih pertama dalam sejarah The Reds yang berhasil memenangi semua kompetisi.

Pria berusia 54 tahun tersebut tentu membutuhkan lebih banyak trofi agar mengangkat namanya lebih tinggi lagi dalam daftar ini. Akankah ia berhasil melakukannya?

Karena prestasi yang luar biasa, kelima sosok di atas dianggap sebagai deretan pelatih terbaik dalam sejarah Premier League. Setelah ini, mungkin ada pelatih lain yang bisa menyamai pencapaian mereka.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene Wenger

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya