Comscore Tracker

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim Ini

Lebih kaya Pep Guardiola atau Jurgen Klopp?

Premier League diketahui sebagai salah satu kompetisi paling elite di Eropa. Semua itu tidak terlepas dari banyaknya pemain hebat dan pelatih berkualitas yang tampil di kasta tertinggi Inggris itu. Premier League musim ini memiliki deretan pelatih ternama yang mempunyai gaji sangat mahal.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa pelatih memiliki kekayaan yang begitu melimpah. Berikut ini enam pelatih terkaya di kompetisi Premier League musim ini.

6. Nuno Espirito Santo (Tottenham Hotspur) – Rp21 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniNuno Espirito Santo (Twitter/spursofficial)

Mantan pelatih Wolves ini memiliki kekayaan bersih terendah di antara pelatih tim Big Six Premier League, yaitu sebesar 1,1 juta poundsterling atau senilai Rp21 miliar. Nuno sendiri digaji oleh Tottenham Hotspur sebesar 14 juta poundsterling atau setara Rp271 miliar selama dua tahun. Dalam kontrak sang pelatih, ada klausul unik yang menyatakan dirinya siap dipecat tanpa uang pesangon jika gagal membawa tim finis di posisi enam besar.

Nuno sempat membawa Spurs tampil apik di awal musim ini dengan meraih tiga kemenangan berturut-turut. Hal itu sempat membuat Harry Kane dan kolega berada di puncak klasemen hingga pekan ketiga. Namun, Spurs secara mengejutkan langsung tampil menurun dan kalah di tiga laga berikutnya.

5. Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United) – Rp38 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniOle Gunnar Solskjaer (Twitter/ManUtd_Es)

Ole Gunnar Solskjaer sudah menjabat sebagai pelatih Manchester United selama hampir tiga musim. Di bawah kepemimpinannya, Setan Merah berhasil finis di posisi tiga besar secara berturut-turut dalam dua musim terakhir. Hal itu membuatnya mendapatkan kontrak baru dari pihak manajemen pada musim panas lalu yang akan tetap membuatnya di Old Trafford hingga 2024.

Solskjaer saat ini mendapatkan gaji senilai 9 juta poundsterling atau senilai Rp174 miliar selama 3 tahun. Menariknya, ia hanya memiliki kekayaan bersih senilai 2 juta poundsterling atau setara Rp38 miliar.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Dinilai Layak Gantikan Posisi Ole Gunnar Solskjaer

4. Mikel Arteta (Arsenal) – Rp290 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniMikel Arteta (Twitter/arsenal)

Di bawah asuhan Mikel Arteta, Arsenal memang belum tampil istimewa sejauh ini di kompetisi Premier League. Terlepas dari performa tim yang tak terlalu menjanjikan, Arteta ternyata berstatus sebagai salah satu pelatih terkaya di Premier League musim ini. Pelatih asal Spanyol ini digaji oleh Arsenal sebesar 5 juta poundsterling atau senilai Rp96 miliar per tahun dan dikontrak hingga 2023.

Kini kekayaan bersih pelatih berusia 39 tahun itu sebesar 15 juta poundsterling atau sebesar Rp290 miliar. Musim lalu Arteta juga gagal membawa timnya lolos ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak lebih dari dua dekade.

3. Thomas Tuchel (Chelsea) – Rp290 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniThomas Tuchel (Twitter/chelseafc)

Sama seperti Arteta, Thomas Tuchel juga dilaporkan memiliki kekayaan bersih senilai 15 juta poundsterling atau setara Rp290 miliar. Pelatih asal Jerman ini digaji oleh The Blues sebesar 7 juta poundsterling atau setara Rp135 miliar per tahun. Di bawah asuhannya, Chelsea tampil sangat impresif sejauh ini.

Hingga pekan ketujuh, Romelu Lukaku dan kolega berhasil berada di urutan teratas klasemen Premier League. Sementara musim lalu, Tuchel sukses membawa klubnya juara Liga Champions untuk kedua kalinya setelah mengalahkan Manchester City di partai final dengan skor tipis 1-0.

2. Pep Guardiola (Manchester City) – Rp581 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniPep Guardiola (Twitter/mancity)

Pep Guardiola dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia. Itu semua tidak terlepas dari karier kepelatihannya yang istimewa bersama Barcelona dan Bayern Munchen. Bersama dua klub itu, pelatih berusia 50 tahun ini berhasil meraih banyak sekali gelar juara. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia saat ini digaji mahal oleh Manchester City.

Guardiola mendapatkan upah dari The Citizens sebesar 22 juta poundsterling atau setara Rp426 miliar per tahunnya. Bayaran itu bisa dibilang cukup sebanding dengan gelar juara yang sudah dipersembahkan Guardiola sejauh ini. Soal kekayaan bersih, mantan pelatih Barcelona itu memiliki nominal sebesar 30 juta poundsterling atau setara Rp581 miliar.

1. Jurgen Klopp (Liverpool) – Rp697 miliar 

Memiliki Gaji Mahal, 6 Pelatih Terkaya di Premier League Musim IniJurgen Klopp (Twitter/lfc)

Jurgen Klopp saat ini berstatus sebagai pelatih terkaya di kompetisi Premier League. Jumlah kekayaan yang dimiliki oleh pria asal Jerman ini senilai 36 juta poundsterling atau setara Rp697 miliar. Sementara itu, ia mendapatkan gaji dari The Reds sebesar 15 juta poundsterling atau senilai Rp290 miliar per tahunnya.

Klopp sendiri telah mengubah Liverpool kembali menjadi salah satu tim terhebat di kompetisi domestik dan Eropa. Berkat tangan dinginnya, Liverpool sejauh ini sudah meraih banyak sekali gelar juara, seperti Liga Champions, Premier League, dan Piala Dunia Antarklub.

 

Itulah lima pelatih terkaya di kompetisi Premier League musim ini. Apakah gaji mereka sudah sepadan dengan prestasi yang diberikan untuk klubnya?

Baca Juga: 6 Musim Melatih Liverpool, Apa yang Jurgen Klopp Berikan?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya