Comscore Tracker

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022

Ada pelatih yang sukses mengantarkan timnya raih 3 gelar UCL

Menjadi pelatih klub sepak bola tentu bukan pekerjaan yang mudah. Tuntutan besar kerap kali membuat sejumlah pelatih mengundurkan diri dari jabatannya. Tidak sedikit juga pelatih dipecat oleh manajemen klub karena gagal membawa tim tampil menjanjikan.

Di awal tahun 2022 ini, ada beberapa pelatih ternama yang sedang menganggur. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Quique Setien 

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022Quique Setien (skysports.com)

Quique Setien mulai dikenal banyak orang ketika melatih Real Betis di kompetisi LaLiga. Karena terkesan dengan strategi yang diterapkan, Barcelona memutuskan untuk merekrut Setien pada Januari 2020.

Ketika itu, pelatih asal Spanyol tersebut menggantikan peran Ernesto Valverde. Sayangnya, Setien gagal membawa Barcelona tampil mengesankan. Momen terburuknya tercipta pada 14 Agustus 2020. Tim asuhannya saat itu kalah telak dengan skor 8-2 dari Bayern Munchen di kompetisi Liga Champions.

Tiga hari berselang, Setien dipecat oleh manajemen Barcelona. Sampai saat ini, pria berusia 63 tahun itu belum juga melatih tim manapun.

2. Niko Kovac 

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022Niko Kovac (ligue1.com)

Niko Kovac memulai karier kepelatihan di kompetisi Jerman dengan menangani Eintracht Frankfurt. Bersama Frankfurt, pria asal Kroasia itu berhasil membawa tim mencapai final DFB Pokal pada 2017 dan memenangi gelar Piala Jerman pada 2018.

Bayern Munchen kemudian memutuskan untuk merekrut Kovac pada musim 2018/2019. Di musim debutnya, ia berhasil membantu klub mempertahankan gelar Bundesliga. Akan tetapi penampilan Bayern Munchen menurun sangat drastis di musim berikutnya.

Pada bulan November 2019, Kovac dipecat oleh Bayern Munchen. Setelah menganggur selama 7 bulan, sang pelatih kemudian ditunjuk sebagai nakhoda AS Monaco. Bersama klub Prancis itu, Kovac kembali gagal dan baru saja dipecat pada awal Januari ini.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Menjuarai Liga Champions bersama Dua Klub Berbeda

3. Lucien Favre 

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022Lucien Favre (skysports.com)

Lucien Favre merupakan salah satu pelatih yang sangat berpengalaman di kompetisi Bundesliga. Sejumlah klub Jerman pernah Favre latih seperti Hertha Berlin, Borussia Monchengladbach, hingga Borussia Dortmund.

Die Borussen menjadi tim terakhir yang dilatih oleh pria berusia 64 tahun tersebut. Ia menangani Dortmund dari Juli 2018 hingga Desember 2020.

Selama waktunya itu, Favre hanya mampu meraih satu gelar juara, yakni Piala Super Jerman pada musim 2019/2020. Favre diputus kontraknya saat itu karena dianggap gagal memberikan persaingan kepada Bayern Munchen.

4. Ernesto Valverde 

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022Ernesto Valverde (fcbarcelona.com)

Barcelona dikenal sebagai klub dengan filosofi sepak bola yang menarik dan menghibur. Akan tetapi hal tersebut tidak begitu terlihat ketika tim dilatih Ernesto Valverde.

Kendati begitu, ia tetap berhasil mengantarkan tim memenangi empat gelar domestik. Valverde sendiri ditunjuk melatih Sergio Busquets dan kolega pada awal musim 2017/2018.

Namun, pada Januari 2020, pria asal Spanyol tersebut diputus kontraknya oleh manajemen Barcelona. Hal itu dilakukan karena Barcelona hanya mampu memenangi satu pertandingan saja dari lima laga terakhirnya. Kini Valverde sudah resmi menganggur selama dua tahun.

5. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Ternama yang Masih Menganggur di Awal Tahun 2022Zinedine Zidane (marca.com)

Zinedine Zidane merupakan pelatih kelas dunia yang sedang diincar banyak sekali tim-tim elite Eropa. Real Madrid menjadi klub terakhir yang dilatih oleh pria asal Prancis tersebut.

Zidane meninggalkan Santiago Bernabeu pada akhir musim 2020/2021. Posisinya kemudian digantikan oleh Carlo Ancelotti.

Zidane tercatat pernah membawa Real Madrid meraih gelar Liga Champions selama tiga musim berturut-turut. Selain itu, ia juga sukses mengantarkan klubnya tersebut memenangi empat trofi domestik.

 

Apabila melihat kualitas dan pengalaman yang dimiliki, sepertinya hanya menunggu waktu saja bagi mereka untuk mendapatkan klub baru. Adakah pelatih idolamu dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya