5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021

Ada pelatih yang langganan juara Liga Champions

Pergantian pelatih saat kompetisi masih berjalan merupakan hal yang lumrah di dunia sepak bola saat ini. Apabila gagal membawa tim tampil apik, sudah dipastikan seorang pelatih akan kehilangan posisinya. Meski kompetisi liga top Eropa musim ini baru berjalan belasan laga, sudah beberapa pelatih top kehilangan pekerjaannya.

Para pelatih ternama itu saat ini sedang menganggur dan tidak menangani klub mana pun. Siapa saja pelatih top yang sedang berstatus tanpa tim saat ini? Check this out!

1. Nuno Espirito Santo 

5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021Nuno Espirito Santo (teamtalk.com)

Nuno Espirito Santo baru saja dipecat oleh manajemen Tottenham Hotspur pada awal November ini. Pria asal Portugal itu tercatat menangani Spurs dalam 17 pertandingan di semua kompetisi. Dari seluruh laga itu, ia hanya mampu meraih 9 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 7 kekalahan.

Karena hasil yang buruk itu, Nuno kemudian dipecat dan posisinya digantikan oleh mantan pelatih Inter Milan, Antonio Conte. Pemecataan itu membuat Nuno hanya menangani Spurs selama 4 bulan, mulai dari Juli hingga November 2021. Itu juga menjadi yang tersingkat sepanjang Nuno melatih sebuah klub.

2. Ernesto Valverde 

5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021Ernesto Valverde (planetfootball.com)

Nama Ernesto Valverde dikenal banyak orang karena dirinya sempat melatih salah satu klub terbaik di dunia, yakni Barcelona. Ia menangani klub yang bermarkas di Camp Nou itu selama 2,5 musim dari Juli 2017 hingga Januari 2020. Selama waktunya di Barcelona, sang pelatih sukses mempersembahkan 2 gelar LaLiga, 1 Copa del Rey, dan 1 Piala Super Spanyol.

Secara taktik, kualitas Valverde tentu tak perlu diragukan lagi. Sayangnya, ia saat itu hadir di Barcelona ketika tim sedang mengalami krisis keuangan. Alhasil, pria berusia 57 tahun ini tak bisa memaksimalkan kekuatan tim hingga akhirnya dipecat karena membawa Barca meraih hasil buruk di akhir masa jabatannya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Barcelona Era Ernesto Valverde, Sudah Meredup?

3. Lucien Favre 

5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021Lucien Favre (skysports.com)

Tak jauh berbeda dengan Ernesto Valverde, nama Lucien Favre juga belum terlalu dikenal banyak orang ketika masih melatih OGC Nice dan Borussia Monchengladbach. Ia kemudian ditunjuk sebagai pelatih Borussia Dortmund pada Juli 2018. Di bawah asuhannya, Dortmund tampil sangat impresif dan sukses membuat repot Bayern Munchen.

Cukup banyak pemain muda hebat yang lahir dari tangan dingin pelatih berusia 64 tahun itu, seperti Jadon Sancho, Erling Braut Haaland, hingga Giovanni Reyna. Sayangnya, pelatih asal Swiss ini dipecat oleh manajemen Dortmund pada Desember tahun lalu setelah tim mengalami sederet performa yang buruk. Kini Favre masih belum juga menangani tim mana pun.

4. Paulo Fonseca 

5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021Paulo Fonseca (skysports.com)

Paulo Fonseca bisa dibilang sebagai salah satu pelatih muda berbakat di kompetisi Eropa saat ini. Klub terakhir yang ditangani oleh pria berusia 48 tahun ini adalah AS Roma. Ia tercatat melatih klub asal ibu kota itu selama dua musim dari 2019 hingga 2021.

Karena gagal meraih satu pun gelar juara, Fonseca akhirnya dipecat oleh manajemen AS Roma di akhir musim 2020/2021. Kini posisinya digantikan oleh pelatih top lainnya, yakni Jose Mourinho.

5. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Ternama yang Berstatus Tanpa Klub per November 2021Zinedine Zidane (marca.com)

Zinedine Zidane merupakan salah satu pelatih kelas dunia yang saat ini belum mempunyai klub. Pria asal Prancis ini menganggur usai melepaskan jabatannya sebagai pelatih Real Madrid di akhir musim 2020/2021. Pria berkepala plontos ini tercatat pernah membawa Los Blancos meraih 3 kali gelar juara Liga Champions.

Sejumlah tim elite pun kerap kali dikaitkan dengan pria berusia 49 tahun tersebut. Kabarnya Zidane menunggu tawaran dari tim nasional Prancis untuk menggantikan posisi Didier Deschamps.

 

Dengan pengalaman serta kualitas yang dimiliki, sepertinya hanya menunggu waktu saja bagi mereka untuk mendapatkan tim baru dalam waktu dekat. Adakah pelatih favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: Zidane Tak Tertarik Latih MU?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya