Comscore Tracker

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!

Salah satunya berusia 73 tahun, lho! 

Jika pemain bola umumnya pensiun di usia 30-an tahun, tidak demikian halnya dengan pelatih. Ini wajar karena kerja pelatih tidak membutuhkan fisik sekuat pemain. Banyak pelatih yang usianya sudah kategori lansia tapi masih menangani klub besar, termasuk di Premier League.

Dari sekian nama, setidaknya terdapat lima pelatih tertua dalam sejarah Premier League. Siapa sajakah mereka?

5. Guus Hiddink (69 tahun, 189 hari) 

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!bleacherreport.com

Guus Hiddink memulai kariernya di Premier League pada awal tahun 2009. Ia memulai debutnya tersebut bersama tim asal London, Chelsea sebagai pelatih sementara setelah menggantikan Luiz Felipe Scolari. Sebenarnya, Hiddink saat itu masih berstatus sebagai pelatih Timnas Rusia. Namun ia setuju menerima pinangan Chelsea tanpa melepaskan pekerjaan di Rusia.

Kehadiran pelatih asal Belanda itu seperti membawa angin segar bagi The Blues. Ia berhasil mengantarkan Chelsea lolos ke Liga Champions dan memenangi Piala FA. Namun Hiddink pada akhirnya memilih untuk meninggalkan Chelsea di akhir musim dan memilih kembali bersama Timnas Rusia.

Enam tahun kemudian, ia kembali lagi menangani Chelsea untuk kedua kalinya, sekali lagi, sebagai pelatih sementara usai ditinggal Jose Mourinho setelah awal musim yang buruk. Sentuhan ajaib mantan pelatih Real Madrid ini kembali membuat Chelsea bangkit dan mengakhiri musim di posisi ke-10 setelah sempat berada setingkat di atas zona degradasi. Dalam pertandingan terakhir di Premier League, Hiddink yang saat itu berusia 69 tahun hanya mampu meraih hasil imbang 1-1 melawan Leicester City.

4. Neil Warnock (70 tahun, 83 hari) 

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!skysports.com

Neil Warnock menjadi salah satu pelatih berusia di atas 70 tahun yang melatih tim Premier League. Ia menjalani pertandingan terakhir di Premier League bersama Cardiff City pada musim 2018/2019. Di partai pamungkas tersebut, pelatih berkebangsaan Inggris ini berhasil membawa Cardiff meraih kemenangan 2-0 atas Manchester United, meski hasil tersebut tak mengubah nasib Cardiff yang harus turun kasta.

Padahal, setahun sebelumnya, Warnock berhasil mengantarkan The Bluebirds promosi ke Premier League. Sayangnya, ia menuai serangkaian hasil buruk di paruh kedua musim. Dari 12 pertandingan terakhir di Premier League, Cardiff kehilangan sembilan pertandingan.

3. Sir Alex Ferguson (71 tahun, 139 hari) 

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!telegraph.co.uk

Sir Alex Ferguson merupakan pelatih legendaris di Premier League. Berbagai rekor berhasil ia ciptakan bersama Manchester United. Salah satunya adalah menjadi pelatih terlama di Premier League selama 21 tahun, sebelum akhirnya dilewati Arsene Wenger. Selain itu, Ferguson menjadi salah satu dari dua orang yang mampu melewati 800 pertandingan di Premier League.

Ia juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangi lebih dari 500 pertandingan, tepatnya 528 pertandingan. Selama menangani Manchester United, pelatih asal Skotlandia ini mampu meraih 13 gelar Premier League. Dalam pertandingan terakhirnya, di mana pertandingan tersebut menjadi ke-1500 di semua ajang dan ke-810 di Premier League, The Red Devils ditahan imbang 5-5 di kandang ketika melawan West Bromwich Albion pada musim 2012/2013.

Saat itu, ia berusia 71 tahun dan menjadi pelatih tertua ketiga dalam sejarah Premier League. Catatan apik lainnya dari Ferguson adalah memenangi Premier League Manager of the Month Award sebanyak 27 kali, jauh meninggalkan Wenger yang hanya mendapatkan sebanyak 15 kali.

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda dalam Sejarah Premier League, Bagaimana Kiprahnya?

2. Bobby Robson (71 tahun, 192 hari) 

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!nufc.co.uk

Bobby Robson memulai karier kepelatihannya di Premier League bersama Fulham, klub yang pernah dibelanya saat masih aktif bermain. Robson juga sempat melatih PSV Eindhoven, Barcelona, ​​Sporting Lisbon dan Porto sebelum akhirnya kembali lagi ke Premier League bersama Newcastle United pada musim 1999/2000. Di musim pertamanya bersama Newcastle, ia mampu membawa tim berada di urutan ke-11 di akhir musim.

Setelah di musim berikutnya kembali membawa The Magpies berada di posisi ke-11, pelatih asal Inggris ini mampu membuat lonjakan dengan finis keempat, ketiga, dan kelima secara berturut-turut di Premier League. Namun pada musim 2004/2005, perjalanan Robson bersama Newcastle harus berakhir setelah tidak pernah menang dalam empat pertandingan beruntun di awal musim.

Pelatih kelahiran Sacriston, Inggris ini mengakhiri pertandingan di Premier League di usia 71 tahun setelah menelan kekalahan dari Aston Villa. Ia kemudian menghembuskan nafas terakhir pada tahun 2009.

1. Roy Hodgson (73 tahun, 42 hari) 

5 Pelatih Tertua dalam Sejarah Premier League, Ada Guus Hiddink!mirror.co.uk

Sepanjang kariernya melatih, Roy Hodgson menukangi banyak klub di empat negara berbeda. Ia memulai petualangan di Premier League bersama Blackburn Rovers dan mampu membawa timnya finis di posisi keenam pada musim 1997/1998. Namun hasil buruk di musim berikutnya membuat Hodgson harus angkat kaki dari Blackburn.

Butuh waktu hingga satu dekade, pelatih asal Inggris ini kembali lagi ke Premier League bersama Fulham. Setelah dua musim mengolah Fulham, ia pindah ke Liverpool pada tahun 2010. Kariernya di Liverpool hanya bertahan selama enam bulan, sebelum akhirnya bergabung dengan West Bromwich Albion pada Februari 2011.

Selain menangani klub, ia juga sempat melatih Timnas Inggris. Saat ini, Hodgson sedang melatih Crystal Palace. Bahkan dalam lanjutan Premier League pekan kedua musim ini, ia berhasil membawa anak asuhnya menang atas Manchester United dengan skor 3-1 di Old Trafford. Tentu sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat usianya kini sudah mencapai 73 tahun.

Dari sekian nama di atas, kini hanya menyisakan Roy Hodgson yang masih aktif melatih di Premier League.

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya