Comscore Tracker

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?

Performa Juventus kurang maksimal pada musim ini

Masa depan Andrea Pirlo di Turin masih juga belum jelas sejauh ini. Pasalnya, ia bisa saja ditendang dari kursi pelatih Juventus karena performa tim yang kurang menyakinkan. Pria berusia 41 tahun itu membesut Juventus pada awal musim ini setelah menggantikan peran dari Maurizio Sarri.

Keputusan Juventus saat itu memang cukup mengejutkan lantaran Pirlo masih sangat minim pengalaman sebagai pelatih. Walau sukses memenangi Supercoppa Italia, ia gagal mengantarkan Juventus melangkah jauh di Liga Champions setelah kalah pada babak 16 besar. Selain itu, Bianconeri juga kemungkinan besar akan kehilangan gelar juara Serie A musim ini.

Jika gagal memperbaiki performa tim, Pirlo bisa saja dipecat oleh manajemen Juventus pada akhir musim. Berikut ini 5 pelatih terakhir yang dipecat oleh klub asal Turin itu.

1. Maurizio Sarri 

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?goal.com

Pelatih terbaru yang dipecat oleh Juventus adalah Maurizio Sarri. Pria yang saat ini berusia 62 tahun itu hanya menakhodai Juventus selama satu musim. Ia ditunjuk sebagai pelatih kepala Juventus pada Juli 2019.

Walau berhasil mempersembahkan gelar Serie A, Sarri tetap dipecat oleh Juventus pada akhir musim. Ia dipecat lantaran Juventus gagal di ajang Liga Champions pada musim lalu. Cristiano Ronaldo dan kolega saat itu harus terhenti di babak 16 besar.

Baca Juga: 6 Pemain Ternama yang Dijual Maurizio Sarri Ketika Menangani Juventus

2. Luigi Delneri

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?goal.com

Luigi Delneri hanya menukangi Juventus selama satu tahun pada musim 2010/2011. Ketika itu pelatih asal Italia ini direkrut setelah berhasil mengantarkan Sampdoria finis di urutan empat besar Serie A.  Sayangnya, performa Juventus di bawah asuhannya justru sangat buruk.

Juventus saat itu hanya mampu finis di posisi ketujuh Serie A dan gagal bermain di Eropa pada musim berikutnya. Alhasil, Delneri dipecat oleh Juventus pada akhir musim.

3. Ciro Ferrara 

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?goal.com

Ciro Ferrara awalnya ditunjuk sebagai pelatih sementara Juventus pada musim 2008/2009. Ia kemudian dipermanenkan sebagai pelatih utama pada musim berikutnya. Sayangnya, selama menakhodai Juventus, sang pelatih gagal mendongkrak performa tim.

Alhasil, karier pelatih kelahiran Napoli itu tidak bertahan lama bersama Juventus. Manajemen klub akhirnya memutuskan untuk memecatnya pada Januari 2010. Sebagai gantinya, Juventus saat itu menunjuk Alberto Zaccheroni.

4. Claudio Ranieri 

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?90min.com

Claudio Ranieri mulai menangani Juventus pada Juli 2007. Saat itu pelatih asal Italia ini menggantikan posisi dari Didier Deschamps yang hengkang setelah berhasil membawa tim promosi ke Serie A. Di musim debutnya, Ranieri bisa dibilang cukup sukses dengan berhasil mengantarkan Juventus finis di urutan ketiga.

Akan tetapi, pria yang saat ini berusia 69 tahun itu dipecat oleh manajemen klub pada musim 2008/2009. Penyebabnya adalah Ranieri gagal membawa Juventus menang dalam 7 pertandingan berturut-turut. Ranieri dipecat ketika pertandingan Serie A tinggal menyisakan 2 laga lagi.

5. Carlo Ancelotti 

5 Pelatih Top yang Pernah Dipecat Juventus, Andrea Pirlo Selanjutnya?sempreinter.com

Carlo Ancelotti pernah menangani Juventus selama 2 musim sejak tahun 1999 hingga 2001. Ketika itu mantan pelatih Real Madrid ini mengambil alih Juventus dari tangan Marcelo Lippi. Selama dua musim melatih di Turin, ia gagal mempersembahkan gelar Serie A.

Satu-satunya trofi yang diraih oleh Ancelotti hanyalah Piala Intertoto. Ancelotti kemudian dipecat pada akhir musim 2000/2001. Setelah itu, manajemen Juventus kembali menunjuk Marcello Lippi sebagai pelatih utama.

 

Itulah lima pelatih yang pernah dipecat oleh manajemen Juventus. Apakah Pirlo tetap bertahan di Turin pada musim depan atau justru sebaliknya?

Baca Juga: 6 Pemain Everton Paling Sering Dimainkan Carlo Ancelotti hingga Kini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya