5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!

Banyak faktor yang membuat mereka sering didepak 

Di era sepak bola modern, banyak sekali kinerja pelatih yang dinilai secara instan. Jika tim semakin cepat meraih hasil positif, kursi pelatih pun dijamin bakal aman. Padahal, melatih tim-tim Eropa bukanlah pekerjaan yang mudah.

Sebagian besar pelatih dipecat karena dianggap gagal menghadirkan gelar juara. Selain itu, ada juga yang didepak lantaran timnya masuk dalam zona degradasi. Berikut ini 5 pelatih top yang paling sering dipecat sejauh ini.

1. Jose Mourinho – 4 kali 

5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!skysports.com

Kualitas pria berusia 58 tahun ini sebagai pelatih jempolan tentu tak perlu diragukan lagi. Hampir semua tim yang dinakhodainya berhasil memenangi minimal satu gelar juara, kecuali Tottenham Hotspur. Bersama Spurs, Jose Mourinho gagal meraih satu trofi pun selama 17 bulan.

Akibatnya, pria asal Portugal tersebut dipecat pada 19 April lalu. Sebelum dipecat oleh Tottenham, Mourinho sudah pernah dipecat oleh Chelsea (sebanyak 2 kali) dan Manchester United.

2. Sam Allardyce – 5 kali 

5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!skysports.com

Sam Allardyce merupakan salah satu pelatih yang sangat berpengalaman. Ia sudah memiliki karier lebih dari 30 tahun sebagai seorang pelatih. Sejumlah klub Inggris sudah pernah ia latih seperti West Ham United, Newcastle United, hingga Everton. Pria berusia 66 tahun itu juga sempat menakhodai tim nasional Inggris meski hanya sebentar.

Sejauh ini, Allardyce tercatat sudah pernah dipecat sebanyak 5 kali. Pemecatan itu terjadi ketika ia menangani West Bromwich Albion, Blackpool, Newcastle United, Blackburn Rovers, dan timnas Inggris.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Dipecat Setelah Meraih Gelar Juara, Siapa Saja?

3. Roy Hodgson – 5 kali 

5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!mirror.co.uk

Roy Hodgson merupakan salah satu pelatih tertua sepanjang sejarah Premier League. Sejauh ini, pria berusia 73 tahun tersebut sudah melatih lebih dari 20 tim berbeda. Masa kejayaan Hodgson tercipta ketika menangani Inter Milan, Blackburn Rovers dan Udinese. Selain melatih klub, ia juga pernah menakhodai tim nasional sebanyak 4 kali, yaitu Inggris, Swiss, Finlandia, dan UEA.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Hodgson sudah dipecat sebanyak 5 kali. Catatan tersebut bisa dibilang tidak terlalu buruk, karena ia memiliki karier yang telah berlangsung selama empat setengah dekade.

4. Carlo Ancelotti – 5 kali 

5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!sempreinter.com

Carlo Ancelotti bisa dibilang sebagai salah satu pria yang sukses ketika menjadi pemain dan pelatih. Ia juga menjadi salah satu dari tiga nama yang berhasil memenangi tiga trofi Liga Champions. Dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, pelatih yang saat ini berusia 61 tahun tersebut sudah dipecat sebanyak 5 kali.

Klub-klub yang memecat Ancelotti sendiri deretan tim elite di Eropa. Pertama ia dipecat oleh Juventus pada tahun 1999. Setelah itu, pria yang kerap dipanggil Don Carlo tersebut dipecat oleh Chelsea, Real Madrid, Bayern Munchen, dan Napoli.

5. Claudio Ranieri – 8 kali 

5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!telegraph.co.uk

Pelatih top yang paling sering dipecat adalah Claudio Ranieri. Pria yang saat ini berusia 69 tahun itu pernah melatih sejumlah tim elite, seperti Napoli, Atletico Madrid, Valencia, Juventus, Chelsea, Inter Milan, AS Monaco hingga AS Roma. Meski memiliki reputasi sebagai pelatih besar, ia juga pernah menangani tim kecil seperti Leicester City.

Uniknya, bersama klub asal Inggris tersebut, Ranieri di luar dugaan berhasil memenangi gelar Premier League musim 2015/2016. Delapan tim yang pernah memecat Ranieri adalah Napoli, Chelsea, Valencia, Juventus, Inter Milan, AS Monaco, Leicester City, dan tim nasional Yunani.

 

Nama kelima pelatih tersebut sudah malang melintang di persepak bolaan Eropa. Meski sering dipecat, beberapa nama sukses membayarnya dengan gelar juara bersama klub lain.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Sepak Bola Top yang Gagal Ketika Menjadi Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya