5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023

Mereka secara atribut memiliki prestasi yang mentereng

Baik atau buruknya performa klub sepak bola sangat bergantung dari strategi dan racikan seorang pelatih. Oleh karena itu, dibutuhkan pertimbangan yang matang untuk memilih pelatih.

Saat ini, ada sejumlah pelatih top yang sedang menganggur dan menunggu mendapatkan pekerjaan impian. Padahal, mereka secara atribut memiliki prestasi yang sangat mentereng. Berikut lima pelatih ternama yang berstatus tanpa klub per Januari 2023.

1. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023Zinedine Zidane (twitter.com/realmadrid)

Zinedine Zidane sudah menganggur sejak Juli 2021. Real Madrid menjadi klub terakhir yang ditangani pria berkepala plontos tersebut. Bukan dipecat, ia diketahui memang memutuskan meninggalkan Real Madrid karena manajemen klub tidak mendukung rencana jangka panjangnya.

Zidane sendiri sempat dikaitkan dengan sejumlah tim elite Eropa, macam Manchester United, Paris Saint-Germain, hingga Chelsea. Namun, pelatih berusia 50 tahun itu diketahui telah menolak semua tawaran tersebut.

2. Thomas Tuchel 

5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023Thomas Tuchel (twitter.com/ChelseaFC)

Pemecatan Thomas Tuchel bersama Chelsea bisa dibilang cukup mengejutkan pada awal musim 2022/2023 ini. Pelatih asal Jerman itu kehilangan pekerjaannya di Stamford Bridge karena pergantian kepemilikan klub dari Roman Abramovich ke Todd Boehly. Posisi Tuchel kemudian digantikan oleh Graham Potter yang saat itu masih berstatus sebagai pelatih Brighton & Hove Albion.

Selama 1,5 tahun menangani The Blues, Tuchel berhasil mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi, seperti Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub. Mengingat prestasinya yang mentereng bersama Chelsea, pelatih berusia 49 tahun itu sepertinya tidak akan kesulitan mencari pelabuhan baru dalam waktu dekat.

Baca Juga: Pochettino atau Tuchel, Siapa Manajer Baru Aston Villa?

3. Luis Enrique 

5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023Luis Enrique (twitter.com/SEFutbol)

Luis Enrique baru saja meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol. Ia mundur dari tugasnya karena gagal membawa La Furia Roja berjaya di pentas Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka hanya mampu melaju hingga babak 16 besar sebelum akhirnya disingkirkan tim kuda hitam, Maroko.

Sebelum melatih Timnas Spanyol, Enrique sempat menjabat sebagai nakhoda Barcelona. Selama 3 tahun di Camp Nou, ia sukses mempersembahkan total 9 gelar juara. Itu termasuk trofi bergengsi, seperti Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan Liga Champions. Melihat prestasinya yang sangat impresif di level klub, Enrique diprediksi akan melatih tim baru pada tahun 2023 ini.

4. Mauricio Pochettino 

5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023Mauricio Pochettino (twitter.com/PSG_English)

Mauricio Pochettino dibebastugaskan oleh Paris Saint-Germain pada Juli 2022. Pria asal Argentina itu sebenarnya mampu membawa Kylian Mbappe dan kolega tampil cukup impresif selama 1,5 tahun. Buktinya, ia sukses mengantarkan tim meraih tiga gelar domestik, yakni Ligue 1, Piala Prancis, dan Piala Super Prancis.

Sayangnya, capaian tersebut dianggap tidak memuaskan oleh jajaran manajemen klub. Alhasil, kontrak Pochettino langsung diputus meski masih menyisakan semusim lagi. Kembali ke kompetisi English Premier League (EPL) pada tahun 2023 mungkin bisa menjadi solusi terbaik untuk karier Pochettino.

5. Rafael Benitez 

5 Pelatih Top yang Masih Menganggur per Januari 2023Rafael Benitez (kanan) ketika diperkenalkan sebagai pelatih baru Everton pada 2021. (twitter.com/Everton)

Rafael Benitez merupakan salah satu pelatih yang sangat berpengalaman di kompetisi Eropa. Pria berkebangsaan Spanyol itu pernah menangani sejumlah tim top, seperti Real Madrid, Liverpool, Chelsea, Napoli, hingga Inter Milan. Klub terakhir yang dilatih Benitez adalah Everton pada Juli 2021 hingga Januari 2022.

Ia dianggap gagal mengangkat performa The Toffees dan membuat tim tersebut terancam terdegradasi. Beruntungnya, Frank Lampard yang menggantikan posisinya berhasil membuat Everton keluar dari zona degradasi pada musim 2021/2022 lalu.

 

Pengalaman dan kualitas sederet pelatih di atas tentu tidak perlu diragukan lagi. Mereka diprediksi bakal kembali menangani klub pada tahun 2023 ini. Kira-kira, tim mana yang akan menjadi destinasi mereka berikutnya?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Rafael Benitez sebagai Pelatih Liverpool

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya