5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester United

Mulai dari Jurgen Klopp hingga Arsene Wenger

Manchester United dikenal sebagai salah satu klub dengan prestasi yang sangat mentereng. Karena status itu, banyak pemain dan pelatih hebat ingin membela Setan Merah. Klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu mencapai puncak kejayaan ketika dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Selama 26 tahun ditangani pria asal Skotlandia itu, tim sukses memenangi total 13 trofi Premier League.

Namun, setelah Ferguson pensiun, belum ada pelatih yang mampu bekerja sangat lama di Manchester United. Hal itu membuktikan bahwa melatih Setan Merah bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, ada juga sejumlah pelatih top yang pernah menolak melatih Manchester United. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Jurgen Klopp 

5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester UnitedJurgen Klopp (skysports.com)

Nama Jurgen Klopp pertama kali mencuat ketika melatih Borussia Dortmund. Bersama klub Jerman itu, ia berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga secara berturut-turut pada tahun 2011 dan 2012. Kesuksesan itu membuat dirinya diincar sejumlah klub besar, salah satunya adalah Manchester United pada tahun 2013.

Meski sempat berbincang-bincang bersama Sir Alex Ferguson, Klopp pada akhirnya tetap memilih bertahan bersama Dortmund. Pada tahun 2015, pelatih asal Jerman itu datang ke kompetisi Premier League dengan menangani Liverpool. Kini Klopp berhasil mengembalikan masa kejayaan The Reds dengan sukses meraih banyak sekali gelar juara.

2. Carlo Ancelotti 

5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester UnitedCarlo Ancelotti (skysports.com)

Carlo Ancelotti dikenal sebagai pelatih yang sangat hebat karena sukses mengantarkan sejumlah tim meraih kesuksesan. Pria asal Italia ini sempat masuk dalam daftar pendek Manchester United untuk menggantikan Sir Alex Ferguson pada tahun 2013. Meski diminati Setan Merah, ia tidak menerima tawaran tersebut.

Mantan pelatih Parma itu lebih memilih bergabung dengan Real Madrid. Keputusan yang dibuat oleh Ancelotti tersebut terbukti tidak salah. Pasalnya, ia berhasil membawa Los Blancos memenangi gelar Liga Champions ke-10 atau La Decima.

Baca Juga: Real Madrid Menang Besar, Ancelotti  Puji Tiga Gelandang

3. Roberto Mancini 

5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester UnitedRoberto Mancini (skysports.com)

Roberto Mancini tercatat pernah melatih sejumlah tim besar di kompetisi Eropa, seperti Inter Milan, Manchester City, hingga Lazio. Kini pria berusia 57 tahun tersebut menjadi nakhoda dari tim nasional Italia. Pada turnamen Piala Eropa 2020 lalu, ia berhasil membawa Gli Azzurri menjadi juara di ajang tersebut.

Karena prestasi itu, Mancini sempat dikaitkan dengan Manchester United setelah manajemen memecat Ole Gunnar Solskjaer. Sayangnya, Manchester United harus gigit jari karena Mancini tidak ingin meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Italia. Ia kabarnya ingin fokus membawa Italia ke ajang Piala Dunia 2022.

4. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester UnitedZinedine Zidane (marca.com)

Zinedine Zidane bisa dibilang sebagai pelatih terbaik Real Madrid dalam satu dekade terakhir. Pasalnya, ia sukses membawa klub tersebut memenangi tiga gelar Liga Champions secara berturut-turut dari tahun 2016 hingga 2018. Namun, saat ini ia sedang berstatus tanpa klub alias menganggur.

Pria asal Prancis itu sempat ditawari menjadi pelatih Manchester United dalam beberapa kesempatan. Akan tetapi, Zidane selalu menolak tawaran dari Setan Merah. Kabarnya, ia lebih tertarik untuk melatih Paris Saint-Germain atau Timnas Prancis.

5. Arsene Wenger 

5 Pelatih Hebat yang Pernah Menolak Menangani Manchester UnitedArsene Wenger (skysports.com)

Arsene Wenger memang sangat identik dengan Arsenal. Maklum saja, pria asal Prancis ini melatih The Gunners selama 22 tahun dari 1996 hingga 2018. Selama menangani Arsenal, Wenger berhasil membuat tim semakin solid dan memberikan dampak positif.

Ia tercatat sudah membawa Arsenal meraih total 17 gelar juara, termasuk tiga trofi Premier League. Di samping itu, Wenger ternyata pernah mendapatkan tawaran untuk melatih Setan Merah. Namun, ia enggan menyebut kapan momen tersebut terjadi.

 

Itulah lima pelatih ternama yang pernah menolak menangani Manchester United. Mereka sebagian besar ditawari menjadi pelatih Setan Merah setelah era Sir Alex Ferguson.

Baca Juga: Ulang Tahun Ke-72, Ini 5 Fakta Menarik Arsene Wenger

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya