5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa Transfer

Mereka berhasil membayarnya dengan meraih sejumlah trofi

Pelatih memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola sebuah tim sepak bola. Mereka biasanya mendapatkan wewenang dan kebebasan untuk mendatangkan pemain baru setiap bursa transfer.

Untuk mendapatkan pemain hebat, seorang pelatih terkadang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan, beberapa pelatih mengeluarkan biaya hingga miliaran euro dalam berburu pemain pada bursa transfer. Setidaknya ada lima pelatih yang dikenal sebagai sosok yang sangat boros.

1. Pep Guardiola 

5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa TransferPep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik di dunia pada abad ke-21. Tiga tim besar telah merasakan tangan dingin pria asal Spanyol tersebut, yakni Barcelona, Bayern Muenchen, dan Manchester City. Bersama tim-tim itu, Guardiola berhasil mempersembahkan banyak sekali gelar juara.

Untuk meraih kesuksesan tersebut, pria berusia 51 tahun itu menghabiskan banyak sekali uang dalam membeli pemain. Sejauh ini, Guardiola sudah mengeluarkan biaya untuk transfer sebesar 1,38 miliar euro atau setara Rp21,6 triliun. Jack Grealish menjadi rekrutan termahal Guardiola dengan mahar 117,5 juta euro atau Rp1,8 triliun.

2. Jose Mourinho 

5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa TransferJose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho diakui banyak orang sebagai sosok pelatih yang berprestasi. Terbaru, pria asal Portugal tersebut berhasil mengantarkan AS Roma menjadi juara di kompetisi ketiga Eropa, UEFA Conference League. Sebelumnya, ia juga berhasil membawa Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United memenangi berbagai trofi.

Kesuksesan yang diraih Mourinho itu tentu tidak terlepas dari keputusannya dalam melakukan belanja pemain secara jorjoran. Ia tercatat sudah menghabiskan dana senilai 1,07 miliar euro atau Rp16,7 triliun. Rekrutan termahal Mourinho adalah mendatangkan Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United seharga 105 juta euro atau Rp1,6 triliun.

Baca Juga: Tangis Pep Guardiola Pecah Usai Antar Manchester City Juara EPL

3. Massimiliano Allegri

5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa TransferMassimiliano Allegri (skysports.com)

Setelah menganggur cukup lama, Massimiliano Allegri akhirnya kembali menangani Juventus pada 2021/2022. Sayangnya, pada periode keduanya tersebut, ia gagal membawa La Vecchia Signora meraih gelar Serie A. Meski begitu, Allegri tetap dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Juventus. Sebab, pada periode pertamanya, sang pelatih mampu mempersembahkan total 11 trofi dalam 5 tahun.

Pria berusia 54 tahun itu telah mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain. Allegri tercatat menghabiskan biaya sebesar 994,4 juta euro atau Rp15,5 triliun. Pembelian termahal Allegri adalah mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus sebesar 117 juta euro atau Rp1,8 triliun pada 2018.

4. Diego Simeone 

5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa TransferDiego Simeone (skysports.com)

Diego Simeone adalah pelatih yang sangat setia melatih Atletico Madrid. Pelatih berkebangsaan Argentina itu sudah menangani Los Rojiblancos sejak Desember 2011 dan masih memiliki kontrak hingga Juni 2024. Sejauh ini, Atletico Madrid tampil cukup impresif di bawah asuhannya.

Delapan gelar juara berhasil dipersembahkan Simeone untuk para pendukung Atletico Madrid. Selama menjadi pelatih, ia sudah menghabiskan total biaya transfer sebesar 980,3 juta euro atau Rp15,3 triliun. Joao Felix menjadi pembelian termahal Simeone dengan harga sebesar 127 juta euro atau Rp1,9 triliun.

5. Antonio Conte 

5 Pelatih yang Paling Banyak Menghabiskan Uang pada Bursa TransferAntonio Conte (twitter.com/SpursOfficial)

Pria asal Italia ini memiliki reputasi yang cukup mentereng di dunia kepelatihan. Antonio Conte sejauh ini telah memenangi sejumlah trofi bergengsi bersama tim-tim yang ditanganinya. Juventus, Inter Milan, dan Chelsea sudah merasakan betul tangan dingin pria berusia 52 tahun tersebut.

Sepanjang kariernya, Conte menghabiskan biaya transfer senilai 956,9 juta euro atau setara Rp15 triliun. Romelu Lukaku menjadi rekrutan termahal Conte dengan harga sebesar 74 juta euro atau Rp1,1 triliun.

Meski telah menghabiskan dana hingga miliaran euro pada bursa transfer, para pelatih tersebut berhasil membayarnya dengan meraih berbagai prestasi. Adakah pelatih idolamu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Transfer yang Diharapkan Antonio Conte pada Bursa Musim Panas 2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya