5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus 

Dari Zidane hingga Pochettino

Kiprah Andrea Pirlo sebagai pelatih bersama Juventus di musim ini bisa dibilang belum memuaskan. Meski belum menelan kekalahan di Serie A, Juventus sering kali kehilangan poin karena bermain imbang. Dari 12 pertandingan yang dilalui, Bianconeri sudah mencatatkan 6 kali hasil imbang. Tentu saja, hal tersebut membuat mereka gagal duduk di puncak klasemen.

Dari beberapa laga yang berakhir seri itu, Juventus anehnya ditahan imbang oleh para klub kecil seperti FC Crotone, Hellas Verona, dan Benevento Calcio. Tim asuhan Pirlo itu saat ini berada di posisi ketiga Serie A dengan mengumpulkan 24 poin dari 12 pertandingan.

Akan tetapi, capaian itu tentu masih belum memuaskan mengingat mereka adalah tim langganan juara. Meski masih mendapatkan dukungan dari pihak manajemen, tidak menutup kemungkinan ia akan dicopot sebagai pelatih Juventus sewaktu-waktu.

Berikut ini, lima pelatih yang dinilai pantas untuk menggantikan posisi Pirlo. Siapa saja?

1. Zinedine Zidane 

5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus goal.com

Zinedine Zidane saat ini masih melatih raksasa La Liga, Real Madrid. Kontrak pria asal Prancis itu masih tersisa hingga Juni 2022 di Ibu Kota Spanyol tersebut. Namun, posisi Zidane sendiri bisa dibilang kurang aman karena start yang cukup buruk di awal musim ini.

Jika sang pelatih tak mampu mengembalikan Real Madrid ke jalur kemenangan, ia bisa saja terdepak dari kursi pelatih Los Blancos sebelum kontraknya habis. Jika hal tersebut terjadi, pria berusia 48 tahun ini berpeluang untuk menggantikan Pirlo di Juventus.

Di bawah kendalinya, Real Madrid merengkuh sejumlah trofi bergengsi, termasuk tiga kali gelar Liga Champions secara berturut-turut.

2. Thomas Tuchel 

5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus goal.com

Thomas Tuchel saat ini masih melatih Paris Saint-Germain. Namun kontrak sang pelatih akan berakhir di penghujung musim ini. Sampai saat ini, pria asal Jerman itu belum juga menandatangani kontrak barunya dengan raksasa Prancis tersebut.

Di bawah asuhannya, PSG tampil cukup stabil dan bahkan berhasil mencapai final di Liga Champions musim lalu. Tak hanya itu, ia juga berhasil mempersembahkan gelar domestik untuk para pendukung PSG. Melihat trennya itu, Tuchel sepertinya cocok untuk menggantikan Pirlo di Juventus.

Selain karena gelar juara, pria berusia 47 tahun itu juga penuh pengalaman. Sebelumnya, ia sempat menangani Borussia Dortmund dan sejumlah klub Jerman lainnya.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal 

3. Julian Nagelsmann 

5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus goal.com

Julian Nagelsmann merupakan salah satu pelatih termuda yang menjanjikan di Eropa saat ini. Ia berhasil menyulap RB Leipzig dari tim kuda hitam menjadi klub papan atas di Bundesliga. Bahkan pada musim lalu, untuk pertama kalinya Leipzig berhasil menembus semifinal Liga Champions. Sayangnya, tim asal Jerman itu harus kalah dari raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Keberhasilan Nagelsmann dalam meracik strategi itu membuat namanya sering dihubung-hubungkan untuk melatih tim elit Eropa. Juventus mungkin bisa menjadi destinasi selanjutnya bagi pria berusia 33 tahun itu.

4. Mauricio Pochettino

5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus goal.com

Mauricio Pochettino saat ini masih belum juga melatih tim baru setelah dipecat Tottenham Hotspur pada November 2019. Karena masih menganggur, ia kerap kali diberitakan akan menangani klub-klub tertentu. Tapi sampai sekarang hal tersebut belum terjadi. Dengan posisinya tanpa melatih klub saat ini, ia tentu sangat siap jika ditunjuk untuk menggantikan Pirlo di Juventus.

Pelatih asal Argentina ini memang dikenal memiliki etos kerja yang luar biasa. Bersama Spurs misalnya, Pochettino berhasil membawa timnya tersebut melaju sampai partai final Liga Champions pada musim 2018/19.

Uniknya, ia tak membeli satu pemain baru pun pada musim tersebut. Ia berhasil memaksimalkan betul potensi para pemain muda yang dimiliki oleh klub.

5. Massimiliano Allegri 

5 Pelatih yang Dinilai Pantas Menggantikan Andrea Pirlo di Juventus en.as.com

Massimiliano Allegri sebelumnya memang pernah menangani Juventus selama lima musim, tepatnya pada tahun 2014 hingga 2019. Dalam rentang waktu tersebut, ia sebenarnya mampu tampil konsisten, bahkan berhasil memenangi Serie A sebanyak lima kali berturut-turut.

Namun di mata manajemen Juventus, hal tersebut masih belum cukup dan akhirnya sang pelatih digantikan oleh Maurizio Sarri pada awal musim 2019. Catatan apik itu berpeluang terulang kembali jika ia kembali ditunjuk untuk menggantikan Pirlo saat ini.

Meski saat itu dipecat, Allegri merupakan salah satu pelatih terbaik yang pernah membesut Juventus. Bahkan, pria berusia 53 tahun itu berhasil membawa Bianconeri ke final Liga Champions sebanyak dua kali, meski keduanya gagal menjadi juara.

Dari kelima pelatih tersebut, siapa yang lebih cocok untuk menggantikan Pirlo di Juventus?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pirlo Bukan Orang yang Cocok untuk Tangani Juventus 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya