6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions 

Deretan pelatih top, nih! 

Sejak format Piala Champions berubah jadi Liga Champions pada 1992, tidak begitu banyak kesebelasan di Eropa yang mampu meraih gelar treble winner. Istilah treble winner sendiri adalah merujuk pada sebuah tim yang mampu menjuarai liga domestik, piala domestik serta Liga Champions pada musim yang sama.

Kesuksesan pelatih meraih treble winner tentu tidak terlepas dari komposisi pemain yang mendukung. Selain strategi dari pelatih, kekuatan fisik pemain juga menjadi faktor penentu untuk mengarungi kompetisi yang sangat menguras tenaga. Dalam sejarah Liga Champions, hanya ada beberapa pelatih yang mampu mencatatkan treble winner. Lantas, siapa saja pelatih tersebut? Berikut ulasannya.

1. Sir Alex Ferguson – Manchester United (1998/1999) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions telegraph.co.uk

Musim 1998/1999 menjadi salah satu puncak kesuksesan Manchester United saat dibesut oleh Sir Alex Ferguson. Final Liga Champions melengkapi semuanya. Di partai puncak, Setan Merah harus melawan raksasa Jerman, Bayern Munchen di Camp Nou. Meski sempat tertinggal 1-0 hingga menjelang laga usai, United mampu membalikkan keadaan saat masa injury time melalui Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer.

Trofi Liga Champions tersebut sekaligus menjadi yang ketiga yang didapatkan oleh Manchester United pada musim itu. Sebelumnya, United harus bersaing dengan Arsenal untuk menyegel gelar Liga Inggris hingga pekan terakhir. Sedangkan di Piala FA, Setan Merah berhasil pencundangi Liverpool dengan skor 2-0 berkat gol Sheringham dan Paul Scholes.

2. Pep Guardiola – Barcelona (2008/2009) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions givemesport.com

Di musim perdana menangani tim utama Barcelona, Pep Guardiola mampu menciptakan sejarah dengan membawa Blaugrana meraih treble winner pertama dalam sejarah klub. Final Liga Champions di Roma menjadi saksi kehebatan Messi dan kolega di penghujung musim.

Melawan Manchester United yang cukup dominan di awal laga, Barcelona malah mampu unggul terlebih dulu melalui Samuel Eto’o. Di pertengahan babak kedua, Messi mampu membawa Barcelona menjauh setelah berhasil menyundul umpan silang dari Xavi. Hingga peluit wasit berbunyi, tak ada lagi gol yang tercipta dan Barcelona mengonfirmasi gelar Liga Champions ketiga saat itu.

Barcelona juga sangat dominan di LaLiga, skuat Guardiola berhasil menjadi juara setelah mengumpulkan 87 poin dengan keunggulan 10 poin dari rival abadinya, Real Madrid. Tak berhenti sampai di situ, Barcelona juga mencetak 105 gol pada musim itu. Di final Copa del Rey, Barcelona menang 4-1 atas Athletic Bilbao.

3. Jose Mourinho – Inter Milan (2009/2010) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions fifa.com

Di musim keduanya membesut Inter Milan, Jose Mourinho mampu menunjukkan kelasnya sebagai pelatih yang bertangan dingin. Pelatih asal Portugal berhasil merengkuh treble winner dengan memenangi Serie A, Coppa Italia dan Liga Champions.

Di final Liga Champions saat itu, Inter Milan berhasil mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu melalui dua gol Diego Milito. Di Serie A, Nerazzurri berhasil memastikan gelar liga di pekan terakhir setelah mengumpulkan 82 poin dari 38 pertandingan, hanya unggul dua poin dari AS Roma.

Dua tim teratas Serie A tersebut juga bertemu di final Coppa Italia tahun itu. Penyerang asal Argentina, Diego Milito berhasil membawa Inter juara setelah mencetak satu-satunya gol pada pertandingan tersebut di menit ke-39.

4. Jupp Heynckes – Bayern Munchen (2012-2013) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions bundesliga.com

Setelah gagal meraih gelar Bundesliga pada musim 2011/2012 dan juga kalah di partai final Liga Champions dari Chelsea di kandang sendiri, Bayern Munchen kembali menunjukkan keganasannya di musim 2012/2013. Munchen berhasil menyandingkan trofi Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Die Roten pertama kali memenangi gelar Bundesliga dengan mengumpulkan 91 poin dari 34 pertandingan. Munchen meninggalkan Borussia Dortmund di urutan kedua dengan selisih 25 poin. Sedangkan di DFB Pokal, mereka berhasil mengalahkan VfB Stuttgart dengan skor 3-2. Sempat unggul 3-0 hingga satu jam pertandingan melalui satu gol Thomas Muller dan dua gol Mario Gomez, Martin Harnik berhasil memperkecil kedudukan melalui dua golnya. Beruntung bagi Munchen, Stuttgart tidak mampu lagi mencetak gol hingga akhir pertandingan.

Pada final Liga Champions yang diadakan di Wembley, Munchen mampu mengalahkan sesama klub Jerman, Dortmund dengan skor 2-1. Gol pembuka Mario Mandzukic untuk Munchen dibalas oleh penalti Ilkay Gundogan. Tapi Arjen Robben, yang gagal mengeksekusi penalti di final setahun sebelumnya, mampu menebusnya dengan gol telat untuk memenangi gelar bagi The Bavarians.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Raih 2 Kali Treble Winner Bersama Bayern Munchen, Hebat!

5. Luis Enrique – Barcelona (2014/2015) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions bleacherreport.com

Seperti Guardiola, Luis Enrique juga menangani Barcelona di musim perdana dan langsung membuahkan treble winner. Itu juga menjadi musim pertama trisula MSN (Messi, Suarez, dan Neymar) terbentuk dan mampu langsung melambungkan nama Barcelona.

Di LaLiga, Blaugrana mampu menjadi juara setelah mengoleksi 94 poin dari 38 pertandingan. Tim besutan Enrique itu hanya unggul dua poin atas Real Madrid. Selain itu, Barcelona juga mampu mencatatkan 110 gol di LaLiga. Sama seperti tahun 2008/2009, lawan yang dihadapi Barcelona di final Copa del Rey adalah Athletic Bilbao. Saat itu Barcelona berhasil menang dengan skor 3-1. Salah satu golnya berhasil diciptakan oleh Messi dengan melewati 5 pemain Bilbao sebelum melepaskan sepakan yang merobek jala lawan. Barkat gol itu, La Pulga dianugerahi penghargaan Puskas Award 2015.

Di partai puncak Liga Champions, Barcelona ditantang oleh Juventus yang juga sama-sama berburu treble. Namun pada akhirnya Barcelona-lah yang mampu merengkuh trofi ‘Si Kuping Besar’ dengan kemenangan 3-1 berkat gol Suarez, Rakitic dan Neymar.

6. Hansi Flick – Bayern Munchen (2019/2020) 

6 Pelatih yang Sukses Raih 'Treble Winner' di Era Liga Champions bundesliga.com

Di musim lalu tim asuhan Hansi Flick menciptakan sejarah baru dengan menjadi tim Jerman pertama yang mampu merengkuh treble winner sebanyak dua kali. Meski di awal musim Bayern terseok-seok saat masih ditangani Niko Kovac, tetapi mereka mampu kembali ke jalur kemenangan di bawah Flick. Die Roten berhasil memenangi 21 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi dan mencatatkan 44 gol di ajang Liga Champions.

Di Bundesliga, Munchen unggul 13 poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua. Sedangkan di final DfB Pokal, Munchen berhasil mengalahkan Bayer Leverkusen 4-2, berkat dua gol dari Lewandowski dan masing-masing satu gol dari Serge Gnabry dan David Alaba. Die Roten juga mengalahkan PSG di final Liga Champions berkat gol semata wayang Kingsley Coman.

Di era modern ini baru Bayern Munchen yang berhasil meraih treble dengan dua pelatih berbeda. Dengan kembali bergulirnya Liga Champions musim ini, kira-kira akankah ada pelatih lain yang mampu menyamai rekor para pelatih di atas? 

Baca Juga: 7 Klub Top Eropa Ini Pernah Meraih Treble Winners, Munchen Dua Kali!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya