5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi Bundesliga

Pierre-Emerick Aubameyang salah satunya

Bundesliga adalah salah satu ajang bergengsi di Eropa. Banyak pemain hebat yang berkarier dari luar Eropa dan tampil cemerlang di kompetisi tertinggi Jerman itu. Benua Afrika menjadi salah satu tempat yang para pemainnya sangat sering tampil di Bundesliga.

Beberapa pemain bahkan berhasil menciptakan banyak gol selama bermain di Bundesliga. Berikut ini 5 pemain Afrika dengan torehan gol terbanyak di ajang Bundesliga.

1. Pierre-Emerick Aubameyang – 98 Gol

5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi Bundesligafootball365.com

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pemain Afrika dengan torehan gol terbanyak di ajang Bundesliga. Sepanjang kariernya di Bundesliga, pemain asal Gabon ini hanya bermain untuk Borussia Dortmund. Ia membela klub berjuluk Die Borussen itu selama 4,5 tahun sejak Juli 2013 hingga Januari 2018.

Selama itu, Aubameyang berhasil menciptakan 98 gol dalam 144 pertandingan. Torehan yang luar biasa untuk sepak bola modern. Awalnya, ia lebih sering dimainkan sebagai pemain sayap. Namun, seiring berjalannya waktu, Auba, sapaan akrabnya, mulai dimainkan oleh Jurgen Klopp di posisi penyerang tengah.

Baca Juga: Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub Eropa

2. Anthony Yeboah – 96 Gol

5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi Bundesligafootballghana.com

Anthony Yeboah dikenal banyak orang karena tampil menjanjikan di dua kompetisi berbeda, yakni Premier League dan Bundesliga pada tahun '90-an. Pemain asal Ghana ini bermain di kompetisi tertinggi Jerman dengan 2 klub berbeda, yaitu Eintracht Frankfurt dan Hamburger SV. Dari 223 pertandingan di Bundesliga, ia mampu menciptakan 96 gol dan 39 assist.

Yeboah juga sempat memenangi penghargaan top skor selama dua musim berturut-turut di Bundesliga pada musim 1992/1993 (20 gol) dan 1993/1994 (18 gol). Sayangnya, ia tidak pernah meraih gelar selama berkarier di Bundesliga.

3. Jonathan Akpoborie – 60 Gol

5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi Bundesligabrila.net

Jonathan Akpoborie merupakan salah satu pemain Afrika terbaik pada tahun '90-an akhir. Selain mencetak banyak gol, pemain asal Nigeria ini juga dikenal karena memiliki kecepatan lari di atas rata-rata. Ia memulai perjalanannya pertama kali di Bundesliga pada tahun 1995 dengan bergabung bersama Hansa Rostock.

Ketika itu, Akpoborie menjadi salah satu penyerang terbaik di kompetisi tertinggi Jerman tersebut. Ia berhasil menciptakan 10 gol lebih dalam 4 tahun berturut-turut di Bundesliga. Sang pemain juga hampir memenangi Piala Winners UEFA pada tahun 1998 bersama Stuttgart. Sayangnya, timnya harus kalah dari Chelsea di partai final. Akpoborie sendiri menciptakan 60 gol dan 19 assist dari 144 pertandingan di Bundesliga.

4. Souleyman Sane – 51 Gol

5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi BundesligaTwitter/BuLiClassics

Souleyman Sane merupakan ayah dari bintang Bayern Munchen, Leroy Sane. Tidak seperti sang anak yang membela tim nasional Jerman, Souleyman bermain untuk tim nasional Senegal. Di ajang Bundesliga, sang pemain tampil dengan 2 tim yang berbeda, yaitu FC Nuremberg dan SG Wattenscheid.

Bersama kedua klub itu, Souleyman berhasil menciptakan 51 gol dan 22 assist dari 174 pertandingan. Setelah cukup lama berkompetisi di Jerman, pria yang saat ini berusia 60 tahun itu mengakhiri kariernya sebagai pemain sepak bola pada tahun 2010 lalu.

5. Bachirou Salou – 51 Gol

5 Pemain Afrika dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi Bundesligatransfermarkt.com

Meski bukan berasal dari Jerman, Bachirou Salou, sepanjang karier profesionalnya, lebih banyak bermain untuk klub-klub Jerman. Tercatat, ia mampu menciptakan 254 pertandingan di ajang Bundesliga. Dari seluruh pertandingan itu, pemain asal Togo ini berhasil membukukan 51 gol dan 26 assist.

Semua gol itu diciptakan oleh sang pemain bersama 5 klub yang berbeda, yaitu Borussia Monchengladbach, Duisburg, Borussia Dortmund, Eintracht Frankfurt, dan Hansa Rostock. Tak hanya tampil apik di level klub, Salou juga bermain menjanjikan bersama tim nasional. Ia sampai saat ini masih menjadi salah satu pemain yang menciptakan banyak gol untuk negaranya.

 

Dari kelima pemain di atas, hanya menyisakan Pierre-Emerick Aubameyang yang masih aktif bermain saat ini. Siapa saja yang pernah kamu lihat performanya di Bundesliga?

Baca Juga: 8 Pemain Jerman dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Deretan Legenda!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya