Comscore Tracker

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020

Deretan nama top!

Akademi Sporting Lisbon merupakan salah satu yang terbaik di Portugal. Banyak sekali pemain-pemain hebat yang lahir dari tim muda Sporting Lisbon tersebut. Salah satu nama yang sangat terkenal tentu saja Cristiano Ronaldo.

Hebatnya lagi, sejumlah pemain lulusan akademi Sporting Lisbon mendapatkan panggilan untuk tampil bersama tim nasional Portugal dalam ajang Piala Eropa 2020. Lantas, siapa saja para pemain hebat tersebut? Check this out!

1. Cristiano Ronaldo 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Cristiano Ronaldo (eurosport.co.uk)

Sebagai pesepak bola terbaik di dunia, tidak mengherankan jika Cristiano Ronaldo mendapatkan panggilan untuk bermain dengan tim nasional Portugal meski usia tidak lagi muda. Jiwa kepemimpinannya tentu sangat dibutuhkan oleh para pemain lainnya. Musim ini pemain berusia 36 tahun itu tampil sangat menjanjikan.

Dari 44 pertandingan di semua kompetisi, Ronaldo berhasil menciptakan 36 gol dan 4 assist bagi Juventus. Ia juga sangat berpeluang memenangi sepatu emas Serie A pada musim ini. Sayangnya, Ronaldo gagal mengantarkan timnya menjuarai Serie A musim ini.

2. Rui Patricio 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Rui Patricio (goal.com)

Rui Patricio merupakan salah satu penjaga gawang berpengalaman yang dimiliki oleh Portugal. Walau sudah tidak lagi muda, 33 tahun, ia tetap tampil apik sepanjang musim ini dengan Wolverhampton Wanderers. Dari 36 pertandingan di Premier League, sang kiper berhasil mencatatkan 10 clean sheet.

Catatan tersebut tentu saja sangat membanggakan mengingat ia hanya bermain untuk klub medioker. Sekadar informasi, Patricio sepanjang kariernya hanya membela dua klub, yaitu Wolves dan Sporting Lisbon. Ia meninggalkan klub masa kecilnya, Sporting Lisbon, pada musim panas 2018.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Memperkuat Timnas Portugal di Euro 2020

3. Nuno Mendes 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Nuno Mendes (Twitter/twitugal)

Walau usianya masih 18 tahun, Nuno Mendes sudah mendapatkan panggilan untuk tampil bersama tim nasional Portugal senior. Mendes sendiri baru naik kasta ke tim utama Sporting Lisbon pada awal musim ini. Walau begitu, ia sudah dipercayai untuk tampil dalam beberapa laga Liga NOS.

Tercatat, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri sudah tampil sebanyak 29 pertandingan dan membukukan 1 gol serta 1 assist. Berkat performa impresif itu, Mendes diincar oleh banyak klub elite Eropa.

4. William Carvalho 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020William Carvalho (goal.com)

Nama William Carvalho tentu tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Gelandang bertahan milik Real Betis itu tampil cukup menjanjikan sepanjang musim ini. Ia tercatat sudah tampil sebanyak 29 pertandingan dan mencetak 2 assist. Berkat performanya itu, sang pemain mendapatkan panggilan untuk bermain dengan tim nasional Portugal di Piala Eropa 2020.

Carvalho sudah memulai debutnya di Selecao das Quinas sejak tahun 2013. Sejauh ini pemain lulusan akademi Sporting Lisbon itu sudah bermain sebanyak 64 pertandingan dan mencetak 4 gol bagi tim nasional Portugal.

5. Joao Moutinho 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Joao Moutinho (90min.com)

Walau sempat menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon, Joao Moutinho mulai tampil apik ketika berseragam FC Porto. Penampilan menjanjikan dari sang pemain membuatnya direkrut oleh AS Monaco pada bursa transfer musim panas 2013. Setelah lima musim membela klub Prancis tersebut, Moutinho melanjutkan kariernya bersama Wolverhampton Wanderers.

Musim ini pemain berusia 34 tahun itu merupakan salah satu pemain kunci Wolves di Premier League. Buktinya, ia sudah tampil sebanyak 32 pertandingan dan menciptakan 1 gol serta 1 assist. Meski tak lagi muda, tenaga Moutinho nyatanya masih dibutuhkan oleh tim nasional Portugal dalam ajang Piala Eropa 2020.

6. Jose Fonte 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Jose Fonte (goal.com)

Salah satu pemain tertua yang dipanggil oleh pelatih Portugal, Fernando Santos, pada ajang Piala Eropa 2020 adalah Jose Fonte. Pemain berusia 37 tahun ini tetap mendapatkan tempatnya sendiri di Selecao das Quinas. Semua itu tentu saja tidak terlepas dari performa sang pemain yang menjanjikan pada musim ini.

Fonte yang membela Lille sukses tampil sebanyak 43 pertandingan dan mencetak 3 gol serta 1 assist. Berkat dirinya, Lille berpeluang besar memenangi trofi Ligue 1 pada musim ini. Walau namanya sudah malang melintang di sepak bola Eropa, tidak banyak yang tahu bahwa Fonte merupakan pemain lulusan akademi Sporting Lisbon.

7. Joao Palhinha 

7 Pemain Akademi Sporting Lisbon yang Membela Portugal di Euro 2020Joao Palhinha (leonino.pt)

Joao Palhinha merupakan lulusan akademi Sporting Lisbon yang naik kasta ke tim utama pada tahun 2016. Sempat dipinjamkan ke Belenenses SAD dan Braga, ia akhirnya mulai dipercayai menjadi pemain reguler di Sporting Lisbon pada awal musim ini. Buktinya, sang gelandang hanya absen dua kali sepanjang musim ini di Liga NOS akibat terpapar COVID-19.

Selebihnya, Palhinha selalu menjadi andalan bagi klubnya tersebut. Musim ini ia sudah tampil sebanyak 38 pertandingan dan membukukan 2 gol. Catatan tersebut sudah cukup untuk mengantarkan dirinya berseragam tim nasional Portugal di ajang Piala Eropa 2020.

 

Ketujuh pemain tersebut tentu saja diharapkan bisa memberikan dampak yang signifikan dalam perjalanan tim nasional Portugal di ajang Piala Eropa 2020. Mampukah Selecao das Quinas mengulangi cerita manis 2016 di tahun ini?

Baca Juga: Daftar Skuat Timnas Portugal untuk Euro 2020, Bertabur Bintang

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya