5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga 

Musim lalu Bundesliga mencatatkan 73 penalti  

Penalti mungkin merupakan situasi yang paling menegangkan dalam permainan sepak bola. Pertarungan mental antara kiper dan penendang bisa menentukan hasil sebuah tendangan. Jika tak terlalu percaya diri, tendangan bisa saja meleset. Selain itu, bagi kiper, penalti terkadang menjadi situasi tanpa beban sehingga tekanan beralih kepada sang penendang bola.

Bundesliga menjadi salah satu kompetisi terbanyak yang menghasilkan tendangan penalti musim lalu. Menurut data yang dihimpun dari situs FBref, Bundesliga mencatatkan sebanyak 73 penalti dan 59 yang berbuah gol. Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski menjadi salah satu pemain aktif yang cukup sukses mengeksekusi penalti saat ini. Termasuk Lewandowski, berikut 5 pemain aktif pencetak gol penalti terbanyak di Bundesliga.

Baca Juga: 10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000

1. Max Kruse (14 Gol)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga bundesliga.com

Max Kruse baru saja bergabung dengan Union Berlin pada musim panas tahun ini. Ia sebelumnya sempat menjajal peruntungan di Turki bersama Fenerbahce selama satu musim. Pemain bernomor punggung 10 ini merupakan pemilik rekor penalti yang sempurna di Bundesliga. Kruse mencatatkan 14 gol dari 14 tendangan penalti. Ke-14 gol lewat titik putih itu terdiri atas 7 gol untuk Borussia Monchengladbach dan 7 gol untuk Werder Bremen.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini sejatinya tak pernah keluar dari kompetisi Jerman sepanjang kariernya sebelum memutuskan ke Turki di musim lalu. Kruse sendiri telah bermain sebanyak 259 pertandingan di Bundesliga dan membukukan 80 gol serta 73 assist.

2. Daniel Caligiuri (14 Gol)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga bundesliga.com

Tak jauh berbeda dengan Kruse, Daniel Caliguiri menghabiskan seluruh kariernya bermain untuk klub-klub sepak bola Jerman. Ia baru saja bergabung dengan FC Augsburg musim panas ini setelah kontraknya tak lagi diperpanjang oleh Schalke 04. Ia menjadi pemain dengan rekor penalti terbanyak sejauh ini. Meski tak semulus Kruse, Caliguiri masih memiliki tingkat keberhasilan 87% dari eksekusi penaltinya.

Dari 16 kali tendangan penalti, ia berhasil menyarangkan gol sebanyak 14 kali dan 2 kali gagal. Pemain berusia 32 tahun ini juga mencetak 2 gol dari situasi penalti musim lalu. Selama kariernya di Bundesliga, Caligiuri telah mencetak 43 gol dan 51 assist dari 307 pertandingan.

3. Andrej Kramaric (16 Gol)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga bundesliga.com

Tidak seperti dua pemain sebelumnya, Andrej Kramaric baru menjajal kompetisi Bundesliga pada musim 2016/2017. Mantan pemain Leicester City ini merupakan salah satu penendang penalti terbaik di Bundesliga. Sejak pindah ke Hoffenheim, ia hanya gagal sekali dari 17 tendangan penalti.

Namanya pun semakin melambung awal musim ini. Pemain berusia 29 tahun ini berhasil mencetak 7 gol hanya dari 5 pertandingan di Bundesliga. 7 gol itu ia ciptakan 3 gol ke gawang FC Koln dan 2 gol ke gawang juara bertahan, Bayern Munchen. Menariknya, hampir seperempat gol Kramaric di Bundesliga berasal dari tendangan penalti.

4. Vedad Ibisevic (18 Gol)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga bundesliga.com

Tidak hanya menjadi pemain tertua dalam skuat Schalke 04 musim ini, Vedad Ibisevic juga menjadi pemain aktif tertua yang pencetak gol penalti terbanyak di Bundesliga. Pemain internasional Bosnia-Herzegovina ini mencetak gol penalti pertamanya pada 2008 saat bermain untuk Hoffenheim. Dua belas tahun kemudian, ia masih bermain dan mampu mencetak gol penalti ke-18 pada musim lalu saat melawan Freiburg.

Sejak pindah ke Stuttgart, Ibisevic tak pernah gagal dalam mengeksekusi penalti. Dalam waktu hampir 7 tahun, penyerang berusia 36 tahun ini memiliki tingkat keberhasilan menendang penalti sebesar 100%. Sayangnya, banyak gol penalti yang ia ciptakan gagal mengantarkan timnya meraih kemenangan. Dari 18 tendangan penalti yang dia cetak, hanya 7 yang menghasilkan kemenangan, 11 pertandingan sisanya menghasilkan kekalahan atau imbang bagi timnya.

5. Robert Lewandowski (28 Gol)

5 Pemain Aktif yang Mencetak Gol Penalti Terbanyak di Bundesliga goal.com

Tentu tak mengherankan melihat Robert Lewandowski berada di urutan pertama dalam daftar ini. Penyerang asal Polandia ini telah memuncaki pencetak gol terbanyak Bundesliga sejak musim 2013/2014. Bahkan dalam 5 musim terakhir, ia berhasil meraih 4 kali gelar top skor Bundesliga.

Musim lalu, Lewandowski mengemas 5 gol penalti dari 34 golnya di Bundesliga. Pemain berusia 32 tahun ini memiliki tingkat keberhasilan 90% dalam eksekusi tendangan penalti setelah mencetak 28 gol dari 31 kali percobaan. Dalam 27 pertandingan Lewandowski mencetak gol dari titik penalti, timnya tidak pernah kalah satu kali pun. Timnya telah memenangi 25 pertandingan dan imbang 2 kali ketika ia mencetak gol dari titik putih.

Dari kelima pemain tersebut, empat pemain di antaranya sudah berusia lebih dari 30 tahun. Lewandowski masih terpaut jauh dari rekor gol penalti di Bundesliga yang saat ini dipegang oleh legenda Jerman, Manfred Kaltz dengan 53 gol.

Baca Juga: 10 Potret Robert Lewandowski, Kian Menawan di Usia yang Tak Lagi Muda

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya