8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wenger

Siapa idola kalian, Gooners? 

Kualitas Arsene Wenger sebagai pelatih top memang tak perlu diragukan. Kemampuannya dalam meracik sebuah tim membuatnya dijuluki sebagai The Professor. Dalam karier kepelatihannya, pria asal Prancis itu hanya menangani beberapa klub saja.

Klub paling terkenal yang dilatih oleh Wenger adalah Arsenal. Ia melatih tim asal London itu selama 22 tahun lamanya. Tentu saja, berbagai gelar domestik telah dipersembahkan oleh sang pelatih untuk Arsenal. Sepanjang menangani The Gunners, Wenger tentunya memiliki beberapa pemain andalan yang sering dimainkan. Siapa saja pemain yang paling sering dimainkan Wenger selama membesut Arsenal? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? 

1. Theo Walcott – 397 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengertelegraph.co.uk

Theo Walcott menjadi pemain dengan penampilan terbanyak selama ditangani Wenger. Ia memainkan 397 pertandingan dan membukukan 108 gol dan 78 assist.

Pemain berusia 31 tahun tersebut membela Arsenal dari tahun 2006 hingga 2018. Kini, ia masih aktif bermain dan membela Southampton.

2. Patrick Vieira – 389 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengergoal.com

Patrick Vieira bermain bersama Arsenal selama 9 musim, dari tahun 1996 hingga 2005. Selama ditangani Wenger, ia telah memainkan 389 pertandingan di semua ajang dan menciptakan 32 gol dan 39 assist.

Tak mengherankan jika ia pernah ditunjuk sebagai pemain andalan di lini tengah dan sekaligus menjadi kapten tim.

3. Thierry Henry – 376 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengertalksport.com

Thierry Henry merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah ditangani Wenger. Ia memiliki ketenangan dalam mengeksekusi peluang. Tak jarang, gol-gol yang diciptakannya pun selalu membuat para pendukung Arsenal kagum.

Pria asal Prancis ini memainkan 376 laga dan menciptakan 229 gol serta 103 assist di bawah kepemimpinan Wenger. Henry meninggalkan Arsenal untuk bermain di Barcelona pada musim panas tahun 2007.

4. Dennis Bergkamp – 364 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengergoal.com

Selama berseragam Arsenal 10 musim, Dennis Bergkamp telah dimainkan Wenger sebanyak 364 pertandingan. Ia merupakan pemain andalan Wenger di posisi second striker.

Selama di Arsenal berbagai gelar sudah ia raih. Ia berhasil mengantarkan Arsenal memenangi 3 gelar Premier League, 3 Community Shield, dan 4 Piala FA.

5. Aaron Ramsey – 329 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengertelegraph.co.uk

Aaron Ramsey menjadi pemain kelima yang paling sering dimainkan Wenger di Arsenal. Pemain asal Wales itu telah membukukan 329 pertandingan dengan catatan 58 gol dan 57 assist.

Ia membela The Gunners selama 10 musim dan berhasil memenangi 2 trofi Piala FA dan 2 gelar Community Shield. Kini, Ramsey membela tim raksasa Italia, Juventus sejak tahun 2019.

6. Kolo Toure – 327 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengerarsenalstation.com

Kolo Toure merupakan bek andalan Wenger di Arsenal. Pemain asal Pantai Gading ini memainkan 8 musim di London dengan jumlah penampilan sebanyak 327 pertandingan.

Kebersamaan sang pemain dan Arsenal harus berakhir pada tahun 2009 setelah ia dibeli oleh Manchester City.

7. Freddie Ljungberg – 327 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengergoal.com

Sepanjang kariernya, Freddie Ljungberg hanya membela dua klub di Inggris, yakni Arsenal dan West Ham United. Dengan klub pertama itulah ia bermain cukup lama yakni 9 musim dari tahun 1998 hingga 2007.

Selama ditangani Wenger, pemain asal Swedia ini telah memainkan 327 pertandingan dan menciptakan 72 gol dan 37 assist.

8. Laurent Koscielny – 324 Pertandingan

8 Pemain Arsenal dengan Penampilan Terbanyak Bersama Arsene Wengergoal.com

Laurent Koscielny masih menjadi pemain aktif saat ini. Namun, ia tidak lagi membela Arsenal, melainkan bermain dengan klub Prancis, Bordeaux. Koscielny sendiri membela Arsenal selama 9 musim dari tahun 2010 hingga 2019. Pemain berusia 35 tahun itu memainkan 324 pertandingan selama dilatih Wenger.

Para pemain yang sering dimainkan oleh Wenger merupakan pemain yang andal dan memiliki kualitas mumpuni. Saat ini, Wenger telah berhenti sejenak dari dunia kepelatihan dan bekerja di FIFA. Momen apa yang paling kamu ingat tentang pelatih asal Prancis ini?

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Ini Ternyata Pernah Bermain untuk Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya