Comscore Tracker

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLiga

Ada dua pemain yang masih aktif

LaLiga merupakan salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia yang memiliki banyak penggemar. Kasta tertinggi Spanyol itu menjadi tempat berkumpulnya para pemain hebat dari seluruh dunia. Selain dari negara-negara Eropa, tim LaLiga juga kerap kali diperkuat oleh pemain dari Benua Asia.

Sejumlah pemain bahkan mampu membukukan cukup banyak gol selama bermain di ajang tertinggi di Spanyol itu. Berikut lima pemain Asia dengan catatan gol tertinggi di LaLiga.

1. John Aloisi (Australia) – 39 Gol

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLiganews.com

John Aloisi menjadi pencetak gol terbanyak dari Asia yang berkompetisi di LaLiga. Pemain asal Australia itu mampu menciptakan 39 gol dalam 154 pertandingan. Semua gol itu dicatatkan sang pemain bersama 2 klub berbeda, yakni CA Osasuna dan Deportivo Alaves.

Performa terbaiknya tercipta ketika membela Osasuna saat ia mampu mencetak 29 gol. Aloisi meninggalkan LaLiga pada tahun 2007 dan memilih bergabung dengan tim asal negaranya, Central Coast.

2. Javad Nekounam (Iran) – 24 Gol

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLigagoal.com

Javad Nekounam merupakan salah satu pemain hebat yang  berasal dari Iran. Sepanjang kariernya, ia hanya membela CA Osasuna di kompetisi LaLiga. Nekounam membela klub itu dalam dua kesempatan berbeda, yakni tahun 2006 hingga 2012 dan 2014 hingga 2015.

Bersama tim tersebut, sang pemain berhasil menciptakan 24 gol dan 1 assist dari 149 pertandingan. Namun, pada awal kariernya di LaLiga, perjalanan Nekounam bisa dikatakan tidak mulus sebab cedera lutut yang ia alami.

3. Takashi Inui (Jepang) – 16 Gol

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLigamondefootball.fr

Nama Takashi Inui mungkin tidak terlalu asing bagi pencinta sepak bola. Pasalnya, pria asal Jepang ini sudah beberapa kali bermain dengan tim-tim liga Eropa. Sempat memulai karier di kompetisi Jerman, Inui kemudian melanjutkan perjalanannya di ajang LaLiga pada tahun 2015.

Sejauh ini, sang pemain sudah membela tiga klub berbeda di kompetisi tertinggi Spanyol, yakni SD Eibar, Real Betis, dan Deportivo Alaves. Inui saat ini sudah membukukan 16 gol dan 14 assist dari 161 pertandingan. Kini, pemain berusia 32 tahun itu tetap menjadi andalan SD Eibar di kompetisi LaLiga.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Membela Klub Liga Spanyol Musim Ini, Siapa Saja?

4. Masoud Shojaei (Iran) – 8 Gol

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLigatehrantimes.com

Masoud Shojaei memulai debutnya di LaLiga pada tahun 2008. Saat itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini tampil bersama CA Osasuna. Setelah lima musim berseragam klub tersebut, ia melanjutkan kariernya bersama UD Las Palmas selama satu musim.

Bersama kedua tim itu, Shojaei mampu mencetak 8 gol dan 14 assist di LaLiga. Semua gol tersebut dicatatkan pemain asal Iran ini dalam 100 pertandingan.

5. Wu Lei (Tiongkok) – 7 Gol

5 Pemain Asal Asia dengan Catatan Gol Terbanyak di Kompetisi LaLiganews.cgtn.com

Wu Lei memulai kariernya di ajang LaLiga ketika usianya tidak lagi muda, yakni 27 tahun. Ketika itu, pemain asal Tiongkok ini didatangkan oleh Espanyol dari Shanghai Port pada bursa transfer musim dingin 2019. Ia dibeli dengan biaya yang cukup murah, yakni 2 juta euro atau setara dengan Rp34 miliar.

Kedatangannya saat itu membuat Lei menjadi pemain Tiongkok kedua yang tampil di LaLiga. Sejauh ini, sang pemain sudah membukukan 7 gol dan 2 assist dari 49 laga.

 

Walau tidak terlalu cemerlang, mereka setidaknya berhasil membuat nama Asia melambung di ajang LaLiga. Dari seluruh nama di atas, hanya dua pemain yang masih aktif tampil di LaLiga musim ini, yaitu Takashi Inui dan Wu Lei.

Baca Juga: Tiongkok Tuduh Australia Langgar HAM di Pusat Penahanan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya