5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier League

Son Heung Min berada di urutan kedua

Premier League dianggap oleh banyak orang sebagai kompetisi terbaik di dunia. Semua itu tidak terlepas dari kualitas para pemain top yang berkumpul di ajang tertinggi Inggris tersebut. Oleh karena itu, tak mengherankan jika Premier League selalu menjadi tujuan utama bagi para pemain berkualitas dari berbagai negara, termasuk dari Benua Asia.

Sampai saat ini sudah cukup banyak pemain Asia yang bermain di kompetisi ini. Beberapa nama bahkan sukses menciptakan banyak gol selama berkarier di Premier League. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Berikut ulasannya!

1. Mark Viduka (Australia) – 92 Gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier Leagueleeds-live.co.uk

Mark Viduka merupakan pemain Asia dengan perolehan gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League, yakni 92 gol. Pemain asal Australia ini sangat identik dengan Leeds United. Pasalnya, ia pernah membela klub itu selama 4 musim sejak tahun 2000 hingga 2004.

Ketika Leeds terdegradasi pada tahun 2004, sang pemain kemudian memilih melanjutkan kariernya bersama Middlesbrough. Hanya bertahan 2 musim, Viduka pindah klub lagi dengan membela Newcastle United. Ia menutup kariernya di tim tersebut dan pensiun pada tahun 2009.

2. Son Heung Min (Korea Selatan) – 66 Gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier Leagueskysports.com

Son Heung Min pertama kali bermain di Premier League pada tahun 2015. Ketika itu, pemain berpaspor Korea Selatan ini dibeli oleh Tottenham Hotspur dari Bayer Leverkusen dengan biaya 30 juta euro atau setara dengan Rp515 miliar. Kini, ia bisa dikatakan sebagai salah satu pemain terbaik yang tampil di Premier League musim ini.

Bahkan, Son memiliki banderol harga yang sangat mahal, yakni 90 juta euro atau setara dengan Rp1,5 triliun. Nominal itu menjadikannya sebagai pemain Asia termahal saat ini. Son sendiri sudah menciptakan 66 gol dan 42 assist dari 188 pertandingan di Premier League.

Baca Juga: Kisah Son Heung-Min, Putus Sekolah Demi Mengejar Karier di Eropa!

3. Harry Kewell (Australia) – 57 Gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier Leaguebleacherreport.com

Harry Kewell memulai kariernya di Inggris pada tahun 1995 dengan bermain bersama Leeds United. Saat itu, usia sang pemain masih sangat muda, yakni 18 tahun. Ia pun awalnya dimainkan bersama akademi Leeds. Dua tahun kemudian, pemain asal Australia ini naik kasta ke tim utama.

Sukses tampil apik bersama Leeds membuat Liverpool kepincut dan mendatangkannya ke Anfield pada tahun 2003. Sayangnya, masalah cedera membuat performa sang pemain tak maksimal di Liverpool. Bersama kedua klub itu, Kewell berhasil menciptakan 57 gol dan 13 assist dari 274 pertandingan di Premier League.

4. Tim Cahill (Australia) – 56 Gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier Leaguethetimes.co.uk

Sepanjang kariernya, Tim Cahill tak pernah bermain dengan klub elite di Eropa. Meski demikian, ia pernah tampil di ajang tertinggi Inggris bersama Everton. Selama bermain di klub Merseyside itu, pemain asal Australia ini berhasil menjelma menjadi salah satu pemain Asia terbaik pada masanya.

Selain membela Everton, Cahill juga pernah bermain dengan tim Inggris lain, yaitu Millwall. Akan tetapi, ia hanya tampil di Premier League bersama The Toffees. Dari 226 laga di Premier League, sang pemain sukses menciptakan 56 gol dan 23 assist. Cahill kemudian meninggalkan kompetisi Inggris pada tahun 2012 dan bergabung bersama tim MLS, New York Red Bulls.

5. Chris Wood (Selandia Baru) – 41 Gol

5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Ajang Premier Leaguethesun.co.uk

Hanya ada 6 pemain Selandia Baru yang pernah berkarier di Premier League, salah satunya adalah Chris Wood. Ia pertama kali memulai perjalanannya di Inggris dengan bergabung bersama akademi West Bromwich Albion pada tahun 2008. Sempat beberapa kali dipinjamkan dan bergonta-ganti klub, sang pemain mulai dikenal ketika berseragam Burnley.

Wood diboyong Burnley dari Leeds United pada musim panas 2017. Bersama klub itu, ia mampu tampil stabil. Wood selalu mencetak 10 gol lebih tiap musimnya selama 3 tahun terakhir. Sementara itu, di kompetisi Premier League, Wood berhasil membukukan 41 gol dan 4 assist dari 127 pertandingan.

 

Dari kelima nama di atas, hanya dua pemain yang masih aktif bermain di Premier League musim ini, yakni Son Heung Min dan Chris Wood. Mereka juga berpeluang untuk menambah lagi catatan golnya.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Dylan, Maknae D-CRUNCH yang Lahir di Selandia Baru

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya