Comscore Tracker

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarah

Siapa pemain idolamu, Gooners?

Arsenal bisa dibilang sebagai salah satu klub yang sukses di Inggris. Klub asal London Utara itu berhasil memenangi semua gelar domestik sepanjang sejarahnya. Sebagai klub yang ternama, Arsenal dikenal tidak anti dengan kehadiran para pemain asing. Sejak dulu, The Gunners selalu memiliki deretan pemain asing hebat di skuadnya.

Sejumlah nama bahkan berhasil meraih banyak kesuksesan selama membela Arsenal. Dari sekian nama, ada beberapa pemain asing yang mencatatkan jumlah pertandingan terbanyak. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Dennis Bergkamp – 404 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Dennis Bergkamp bermain di Inggris bersama Arsenal lebih dari satu dekade. Ia direkrut oleh The Gunners dari Inter Milan pada tahun 1995. Pemain asal Belanda itu langsung menjelma menjadi pemain yang sangat penting di bawah asuhan Arsene Wenger.

Bergkamp tercatat tampil dengan Arsenal sebanyak 404 pertandingan di semua ajang. Dari semua laga itu, sang pemain sukses menciptakan 110 gol dan 89 assist. Selama membela Meriam London, Bergkamp juga berhasil mempersembahkan total 10 gelar domestik, termasuk 3 trofi Premier League. Setelah meraih segalanya, ia kemudian memilih pensiun pada tahun 2006.

2. Patrick Vieira – 393 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Patrick Vieira merupakan salah satu pemain Prancis yang paling sukses di Arsenal. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu diboyong oleh The Gunners dari AC Milan pada tahun 1996. Selama 9 musim membela Arsenal, ia sukses tampil sangat solid di lini tengah.

Bahkan, Vieira sempat dipercayai untuk menjadi kapten tim oleh Arsene Wenger. Karena mendapatkan tawaran yang sangat besar dari Juventus, ia kemudian memilih hengkang ke Italia pada musim panas 2005. Vieira berhasil menciptakan 32 gol serta 40 assist dalam 393 pertandingan bersama Arsenal.

3. Thierry Henry – 376 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahtalksport.com

Thierry Henry bisa dibilang sebagai penyerang terbaik Arsenal pada awal tahun 2000-an. Penyerang asal Prancis ini digaet oleh Arsene Wenger dari Juventus pada tahun 1999. Ketajaman sang pemain berhasil membuat Arsenal berjaya dalam beberapa tahun, termasuk tak terkalahkan pada musim 2003/2004.

Henry berhasil menciptakan 228 gol serta 104 assist selama berseragam Arsenal. Semua torehan itu dicatatkan sang pemain dari 376 pertandingan. Catatan gol itu juga membuat Henry menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah tim. Performa yang impresif itu membuat dirinya direkrut oleh Barcelona pada tahun 2007.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik dari Kegagalan Arsenal ke Final Liga Europa

4. Aaron Ramsey – 371 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahtelegraph.co.uk

Aaron Ramsey memulai karier sepak bolanya dengan akademi Cardiff. Baru satu tahun promosi ke tim utama, ia langsung diboyong oleh Arsene Wenger ke Emirate Stadium pada tahun 2008. Awalnya, pemain asal Wales ini masih kesulitan untuk menembus skuad reguler. Alhasil, sang gelandang beberapa kali dipinjamkan ke Nottingham Forest dan Cardiff.

Kembalinya dari masa peminjaman, Ramsey mulai tampil matang dan dipercaya untuk tampil di skuad utama. Selama membela Arsenal, Ramsey sudah menciptakan 65 gol serta 65 assist dalam 371 pertandingan di seluruh kompetisi. Namun, masalah gaji yang tidak cocok membuat sang pemain memilih hengkang ke Juventus dengan status bebas transfer pada tahun 2019.

5. Laurent Koscielny – 353 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Laurent Koscielny digaet oleh Arsene Wenger dari klub Prancis, FC Lorient, pada bursa transfer musim panas 2010. Saat itu pemain yang berposisi sebagai bek ini dibeli dengan biaya yang cukup murah, yakni 12,5 juta euro atau setara dengan Rp213 miliar. Di musim debutnya, pemain asal Prancis itu langsung menjadi andalan di lini pertahanan Arsenal.

Selama 9 musim membela The Gunners, Koscielny mampu tampil sebanyak 353 pertandingan dan membukukan 27 gol serta 5 assist. Ia juga sempat menjabat sebagai kapten tim dalam beberapa musim sebelum akhirnya hengkang ke Bordeaux pada tahun 2019.

6. Kolo Toure – 327 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejaraharsenalstation.com

Pada awal tahun 2000-an, Arsenal pernah memiliki bek tangguh dalam sosok Kolo Toure. Sang pemain direkrut oleh Arsene Wenger dari klub Pantai Gading, ASEC Mimosas, pada transfer musim dingin 2002. Bersama Sol Campbell, Toure membentuk rekan duet yang menjanjikan di jantung pertahanan.

Toure sendiri tampil bersama Arsenal sebanyak 327 pertandingan dan menciptakan 14 gol serta 10 assist. Ia memilih hengkang ke Manchester City pada tahun 2009. Selama membela The Gunners, Toure juga berhasil meraih total 5 gelar domestik.

7. Freddie Ljungberg – 327 pertandingan 

7 Pemain Asing Arsenal dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarahgoal.com

Arsenal merekrut Freddie Ljungberg dari klub Swedia, Halmstads BK, pada musim panas 1998. Itu sekaligus menjadi pengalaman pertama sang pemain berkarier di kompetisi top Eropa. Bersama The Gunners, ia tampil sangat menjanjikan di lini serang.

Tercatat Ljungberg berseragam Arsenal selama 9 musim sejak tahun 1998 hingga 2007. Selama waktunya itu, ia berhasil memenangi berbagai gelar domestik, termasuk 2 trofi Premier League. Selain itu, Ljungberg juga mampu menciptakan 72 gol dan 37 assist dalam 327 pertandingan di semua ajang.

 

Mereka merupakan deretan legenda terbaik yang dimiliki oleh Arsenal. Dari nama-nama tersebut, siapa pemain idolamu, Gooners?

Baca Juga: 6 Pemain yang Menggunakan Nomor 8 di Arsenal Sebelum Dani Ceballos

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya