Comscore Tracker

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Ini

Petr Cech hingga Willian!

Chelsea mulai disegani di Inggris sejak diakuisisi oleh Roman Abramovich pada tahun 2003. Setelah dibeli oleh taipan asal Rusia itu, The Blues mulai mendatangkan nama-nama besar di setiap jendela bursa transfer. Bahkan, Chelsea sudah beberapa kali memecahkan rekor transfer klub selama dipimpin oleh Abramovich.

Chelsea dikenal cukup sering memboyong para pemain asing dari luar Inggris. Beberapa nama bahkan sukses tampil mengesankan dan memenangi sejumlah gelar. Berikut ini tujuh pemain asing dengan torehan pertandingan terbanyak bersama Chelsea.

1. Petr Cech – 494 pertandingan

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Iniskysports.com

The Blues memboyong Petr Cech dari klub Prancis, Stade Rennais, pada musim panas 2004. Kiper asal Republik Ceko ini saat itu dibeli dengan biaya sebesar 13 juta euro atau setara dengan Rp223 miliar. Ia kemudian menjelma salah satu penjaga gawang terbaik di Premier League.

Bahkan, Cech menjadi salah satu kiper dengan catatan clean sheet terbanyak dalam sejarah Premier League. Cech membela Chelsea selama 11 musim dari tahun 2004 hingga 2015. Selama waktunya itu, ia berhasil mencatatkan 228 clean sheet dalam 494 pertandingan di semua kompetisi.

2. Cesar Azpilicueta – 423 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Inigoal.com

Cesar Azpilicueta didatangkan Chelsea ke Stamford Bridge pada musim 2012/2013. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan itu dibeli dari Marseille dengan biaya yang cukup murah, yakni 9 juta euro atau setara dengan Rp155 miliar. Walau hanya dibeli murah, kualitas sang pemain patut diacungi jempol.

Azpilicueta sejauh ini sudah mengoleksi 423 pertandingan di berbagai ajang. Dari seluruh laga itu, pemain asal Spanyol itu sukses menciptakan 14 gol serta 52 assist. Kini, pria berusia 31 tahun itu menjabat sebagai kapten di Chelsea.

3. Didier Drogba – 381 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Iniexpress.co.uk

Didier Drogba bisa dibilang sebagai pemain Afrika terbaik yang pernah membela Chelsea. Selama 9 musim bermain di Stamford Bridge, ia berhasil menciptakan 164 gol dan 86 assist dari 381 pertandingan. Tak hanya itu, penyerang asal Pantai Gading ini juga berhasil memenangi sejumlah gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions musim 2011/2012.

Drogba bermain untuk Chelsea dalam dua periode yang berbeda. Pertama, ia dibeli dari Marseille pada tahun 2004. Setelah dilepas secara gratis ke Shanghai Shenhua pada tahun 2012, Drogba kembali lagi berseragam Chelsea selama satu musim pada tahun 2014.

Baca Juga: 5 Penyerang Chelsea Terhebat Sepanjang Sejarah, Costa hingga Drogba

4. Branislav Ivanovic – 377 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Inimundodeportivo.com

Sebelum mendatangkan Cesar Azpilicueta, Chelsea pernah memiliki Branislav Ivanovic yang juga bermain solid di posisi bek kanan. Pemain asal Serbia itu digaet oleh Chelsea dari klub Rusia, Lokomotiv Moscow, pada musim dingin 2008. Ketika itu ia diboyong dengan biaya sebesar 12 juta euro atau setara dengan Rp206 miliar.

Ivanovic bermain untuk Chelsea selama 9 musim hingga tahun 2017. Selama waktunya itu, ia mampu bermain sebanyak 377 pertandingan dan mencetak 34 gol serta 34 assist. Tak hanya itu, Ivanovic juga berhasil mempersembahkan 11 gelar untuk para pendukung Chelsea.

5. John Obi Mikel – 372 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Initelegraph.co.uk

John Obi Mikel diboyong oleh Chelsea dari klub Norwegia, FK Lyn, pada musim panas 2006. Saat itu, pemain asal Nigeria ini dibeli dengan harga sebesar 20 juta euro atau setara dengan Rp344 miliar. Bersama Chelsea, Mikel menjelma menjadi salah satu gelandang bertahan yang solid di Premier League.

Selama berkostum Chelsea, Mikel berhasil mencatatkan 372 pertandingan di semua kompetisi. Dari seluruh laga itu, sang pemain mampu menciptakan 6 gol serta 13 assist. Mikel bermain di Stamford Bridge hingga musim 2016/2017 sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke tim Tiongkok, Tianjin Tiger.

6. Eden Hazard – 352 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Inigoal.com

Kualitas Eden Hazard bersama Chelsea tentu tidak perlu diragukan lagi. Pemain asal Belgia itu tampil begitu cemerlang bersama klub asal London tersebut. Ia selalu menjadi pemain kunci di setiap pertandingan bagi The Blues.

Hazard dibeli oleh Chelsea dari Lille dengan harga 35 juta euro atau setara dengan Rp602 miliar pada musim 2012/2013. Ia berhasil mencetak 110 gol serta 92 assist dari 352 pertandingan bersama Chelsea. Torehan gol itu membuat Hazard menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah Chelsea.

7. Willian – 339 pertandingan 

7 Pemain Asing Chelsea dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sejauh Inigoal.com

Willian pertama kali bermain di kompetisi elite Eropa dengan bergabung bersama Chelsea. Ia direkrut oleh The Blues dari Anzhi Makhachkala pada bursa transfer musim panas 2013. Pemain asal Brasil ini saat itu digaet dengan biaya sebesar 35,5 juta euro atau setara dengan Rp611 miliar.

Di Stamford Bridge, karier Willian terbilang cukup bagus dengan berhasil memenangi total 7 gelar juara, termasuk 2 trofi Premier League. Selain itu, ia juga berhasil membukukan 63 gol dan 62 assist dari 339 pertandingan di semua ajang. Setelah tujuh tahun di Chelsea, Willian memilih melanjutkan kariernya bersama Arsenal pada musim ini.

 

Ketujuh pemain tersebut menikmati musim yang luar biasa bersama Chelsea. Hampir semua gelar domestik pernah diraih oleh mereka. Dari nama-nama di atas, siapa pemain idolamu, Chelsea fans?

Baca Juga: Ratapan Willian Menyeberang ke Arsenal Usai Bela Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya