Comscore Tracker

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!

Van de Beek berada di urutan berapa, ya?

Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang sangat maju perkembangan sepak bolanya. Talenta-talenta terbaik di dunia terlahir dari Negeri Kincir Angin ini. Bahkan tidak sedikit pemain-pemain dari Belanda didatangkan oleh klub-klub top dengan harga yang mahal.

Donny van de Beek menjadi nama baru pemain Belanda yang direkrut oleh Manchester United. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini menjadi salah satu nama yang catatkan nilai transfer cukup tinggi. Berikut daftar 10 pemain Belanda dengan transfer termahal sejauh ini.

1. Matthijs de Ligt – 85,5 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!nu.nl

Matthijs de Ligt menjadi pemain Belanda termahal dalam daftar ini. Pemain akademi Ajax itu diboyong oleh Juventus dengan biaya mencapai 85,5 juta euro pada musim panas tahun lalu. Meski sempat mengalami kesulitan di awal musim, de Ligt perlahan dan pasti mampu menjadi pemain andalan Juventus di setiap pertandingan.

2. Virgil van Dijk – 84,7 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!lfclive.net

Di urutan kedua ada palang pintu andalan Liverpool, Virgil van Dijk. Pemain yang memiliki tinggi badan hampir dua meter ini direkrut Liverpool dari Southampton pada musim panas tahun 2018 dengan biaya 84,7 juta euro. Bersama Liverpool, van Dijk telah mempersembahkan begitu banyak gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

3. Frenkie de Jong – 75 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!goal.com

Selain de Ligt, Ajax juga menjual Frenkie de Jong dengan biaya yang mahal. Pemain berusia 23 tahun itu ditebus oleh Barcelona dengan biaya mencapai 75 juta euro. Meski biaya yang dikeluarkan Barca cukup banyak, semua itu dibayar tuntas dengan performa apik de Jong di atas lapangan.

4. Nathan Ake – 45,3 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!skysports.com

Nathan Ake menjadi salah satu pemain yang baru pindah di musim panas ini. Pemain berusia 25 tahun ini direkrut Manchester City dari sesama tim Premier League, Bournemouth. Walau Bournemouth turun kasta ke Championship, tak mempengaruhi harga Ake yang masih tetap tinggi. The Citizens mengeluarkan biaya sebesar 45,3 juta euro untuk mantan pemain Chelsea itu.

5. Marc Overmars – 40 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!colgadosporelfutbol.com

Jauh sebelum para pemain di atas, Marc Overmars merupakan pemain Belanda dengan rekor transfer termahal. Ia ditebus oleh Barcelona dari Arsenal pada musim panas tahun 2000 dengan harga 40 juta euro. Sayangnya, penampilan Overmars tak terlalu bersinar bersama Blaugrana.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Termahal dalam Sejarah Transfer MU, Ada Van De Beek

6. Donny van de Beek – 39 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!Twitter/ManUtd

Ditebus Manchester United sebesar 39 juta euro membuat Donny van de Beek masuk ke dalam daftar ini. Ia dikontrak selama lima musim dengan opsi perpanjang satu tahun. Van de Beek sendiri memakai nomor punggung 34 di klub barunya tersebut. Pemain berusia 23 tahun ini  memilih nomor tersebut sebagai tribut terhadap sahabatnya, Abdelhak Nouri yang mengalami serangan jantung pada 2017 lalu.

7. Jasper Cillessen – 35 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!sport.es

Jasper Cillessen menjadi satu-satunya kiper dalam daftar ini. Ia hijrah dari Barcelona ke Valencia dengan biaya 35 juta euro pada musim panas tahun lalu. Salah satu penyebab ia dijual adalah kalah bersaing dengan Ter Stegen. Cillessen sendiri hanya bermain sebanyak 32 pertandingan selama tiga tahun berseragam Barcelona.

8. Arjen Robben – 35 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!goal.com

Bayern Munchen merupakan salah satu klub yang sukses dibela Arjen Robben. Namun sebelum berbaju Die Roten, Robben pernah membela klub raksasa Spanyol, Real Madrid selama dua musim. Ia diboyong oleh Los Blancos dari Chelsea pada tahun 2007 dengan harga yang cukup besar saat itu yakni 35 juta euro.

9. Memphis Depay – 34 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!telegraph.co.uk

Tampil apik bersama Belanda di Piala Dunia 2014 membuat Manchester United jatuh hati pada Memphis Depay. Namun Depay baru bisa didatangkan ke Old Trafford pada tahun 2015. Saat itu ia dibeli dari PSV Eindhoven dengan harga 34 juta euro. Sayangnya performa Depay malah semakin menurun bersama The Red Devils sehingga ia kembali dijual pada bursa transfer musim dingin tahun 2017.

10. Robin van Persie – 30,7 juta euro

10 Pemain Belanda dengan Transfer Termahal, Matthijs de Ligt Teratas!telegraph.co.uk

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Robin van Persie. Setelah tampil mengesankan bersama Arsenal, ia dibeli oleh Manchester United dengan harga 30,7 juta euro pada musim panas tahun 2012. Meski sempat dikecam oleh pendukung Arsenal, van Persie membuktikan bahwa langkahnya tersebut tak salah. Penyerang yang pensiun pada 2019 lalu itu berhasil meraih gelar Premier League yang belum didapatkannya selama membela Arsenal.

Kira-kira sebelum bursa transfer musim panas kali ini ditutup, akankah ada pemain Belanda lain yang bakal masuk ke dalam daftar ini?

Baca Juga: 8 Pemain Belanda Termahal yang Direkrut Klub Premier League, Ada Ake!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya