5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPL

Mereka bermain di era sebelum Roman Abramovich 

Chelsea sudah meraih total lima gelar Premier League sejak diakuisisi oleh Roman Abramovich pada tahun 2003. Tidak hanya itu, dua trofi Liga Champions juga sukses diraih The Blues dalam tempo waktu satu dekade terakhir. Karena prestasi yang mentereng itu, tidak mengherankan jika Chelsea dianggap sebagai salah satu klub terbaik di kompetisi Eropa saat ini.

Namun, sebelum era Abramovich, Chelsea bukanlah tim yang sangat dijagokan banyak orang. Bahkan, klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu sempat menunggu selama 50 tahun untuk bisa mengakhiri puasa trofi Premier League dari tahun 1955 hingga 2005.

Selama periode tersebut, Chelsea juga diisi oleh sejumlah pemain bintang. Berikut ini lima pemain top The Blues yang ternyata belum pernah memenangi gelar juara Premier League. Siapa saja?

1. Frank Sinclair 

5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPLFrank Sinclair (bbc.com)

Frank Sinclair merupakan pemain asli akademi Chelsea. Ia bergabung dengan tim muda The Blues ketika usianya masih 11 tahun. Setelah tampil apik di berbagai kelompok usia, pemain asal Jamaika ini kemudian dipromosikan ke tim utama pada 1990. Namun, ia baru mendapatkan kesempatan debutnya ketika tahun 1991.

Selama waktunya di klub asal London itu, Sinclair dikenal sebagai sosok bek yang sangat solid dan tangguh secara fisik. Sayangnya, ia gagal meraih gelar juara Premier League bersama Chelsea. Kendati demikian, Sinclair mampu meraih tiga trofi bergengsi lainnya, yakni Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Winners UEFA.

2. Steve Clarke 

5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPLSteve Clarke (chelseafc.com)

Steve Clarke memulai kariernya di kompetisi Inggris dengan bergabung bersama Chelsea pada tahun 1987. Pria asal Skotlandia ini bermain untuk The Blues selama 11 musim hingga 1998. Selama periode tersebut, pemain yang beroperasi di lini belakang itu mampu mencatatkan 307 laga dan mengoleksi 8 gol serta 7 assists.

Meski bermain sangat lama di Chelsea, Clarke gagal meraih trofi Premier League. Sama seperti Frank Sinclair, Clarke juga tercatat hanya memenangi tiga gelar juara, yakni Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Winners UEFA.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Layak Mendapat Kesempatan Lebih dari Tuchel

3. Ruud Gullit 

5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPLRuud Gullit (chelseafc.com)

Chelsea mendapatkan Ruud Gullit dari Sampdoria pada tahun 1995. Kehadiran pemain asal Belanda ini saat itu diharapkan bisa membuat performa The Blues semakin menjanjikan. Tak butuh waktu lama bagi Gullit, ia langsung dinobatkan sebagai pemain terbaik Chelsea di musim debutnya.

Selama tiga musim di Chelsea, peran Gullit terlihat sangat besar. Akan tetapi, ia tidak bisa mempersembahkan gelar juara Premier League untuk timnya tersebut. Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, Gullit langsung diberi kepercayaan untuk menjadi pelatih utama Chelsea saat itu.

4. Marcel Desailly 

5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPLMarcel Desailly (twitter.com/chelseafc)

Chelsea merekrut Marcel Desailly dari AC Milan pada tahun 1998. Bersama The Blues, pemain asal Prancis ini tidak hanya digunakan sebagai bek tengah, tapi ia juga ditempatkan sebagai gelandang bertahan dalam beberapa kesempatan. Selama 6 musim bermain untuk klub London Barat itu, Desailly tampil cukup menjanjikan.

Ia tercatat bermain untuk The Blues sebanyak 218 pertandingan di semua kompetisi. Meski selalu tampil reguler, namun Desailly gagal membawa klubnya menjuarai trofi Premier League. Semasa memperkuat Chelsea, sang pemain sukses meraih 4 gelar, yaitu 1 Piala FA, 1 Piala Winners UEFA, dan 2 Piala Liga Inggris.

5. Gianfranco Zola 

5 Pemain Bintang Chelsea yang Ternyata Belum Pernah Juara EPLGianfranco Zola (premierleague.com)

Meskipun gagal memenangi trofi Premier League bersama Chelsea, Gianfranco Zola tetap dianggap sebagai salah satu legenda terbaik milik Chelsea. Pesepak bola asal Italia ini bermain untuk The Blues selama 6 musim dari 1997 hingga 2003. Ia tercatat berhasil membuat 301 pertandingan di semua ajang.

Dari seluruh laga itu, Zola mampu mengoleksi 75 gol dan 21 assists. Karena kontribusinya itu, ia juga sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik tahunan sebanyak 2 kali. Zola total meraih 6 gelar bergengsi untuk Chelsea dan meninggalkan klub pada akhir musim 2002/2003.

 

Itulah lima pemain bintang Chelsea yang ternyata belum pernah memenangi gelar juara Premier League. Hal tersebut tentu saja sangat disayangkan karena kontribusi mereka saat itu cukup besar.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Terakhir yang Mencetak Hattrick di Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya