5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!

Sebagian besar dilepas gratis karena kontraknya berakhir 

Memiliki pemain bintang tentu menjadi impian klub-klub sepak bola papan atas. Terkadang, sebuah klub rela mengeluarkan dana besar untuk merekrut pemain incarannya. Mendatangkan pemain dengan nama besar bisa dianggap sebagai investasi. Selain bisa meningkatkan prestasi tim, sang pemain juga bisa dijual lagi dengan harga lebih mahal.

Namun, tidak semua pembelian mahal membuahkan hasil yang manis. Sebab, ada juga beberapa klub yang membeli pemain dengan harga mahal, justru kemudian melepas mereka secara gratis.

Berikut ini kelima pemain bintang yang dibeli mahal, namun, malah dibiarkan pergi dengan cuma-cuma. Siapa saja mereka?

1. Edinson Cavani 

5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!potret Edinson Cavani (planetfootball.com)

Performa impresif Edinson Cavani bersama Napoli membuat Paris Saint-Germain jatuh hati. Alhasil, penyerang asal Uruguay tersebut digaet ke Paris pada musim panas 2013. Saat itu ia diboyong dengan harga yang cukup fantastis, yakni 64,5 juta euro atau setara Rp1 triliun.

Selama berseragam PSG, Cavani sukses membukukan 200 gol serta 43 assist dalam 301 pertandingan di semua ajang. Enam gelar Ligue 1 pun sukses dipersembahkan sang pemain untuk para pendukung Les Parisiens. Setelah tujuh tahun di Parc des Princes, Cavani memilih melanjutkan karier bersama Manchester United dengan status bebas transfer pada tahun 2020.

2. Mesut Ozil 

5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!potret Mesut Ozil (arsenal.com)

Mesut Ozil direkrut Arsene Wenger ke Arsenal pada tahun 2013. Ia ketika itu didatangkan dari Real Madrid dengan harga sebesar 47 juta euro atau setara Rp735 miliar. Selama dilatih Wenger, gelandang asal Jerman itu tampil cukup konsisten.

Sayangnya, performa Ozil menurun sangat drastis sejak tim dilatih Unai Emery dan Mikel Arteta. Puncaknya, Ozil dipaksa pergi dari Arsenal secara gratis meski masih memiliki kontrak. Ia kemudian bergabung dengan klub Turki, Fenerbahce, pada Januari 2021.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!

3. Thiago Silva 

5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!potret Thiago Silva (skysports.com)

AC Milan merupakan klub elit Eropa pertama dalam karier Thiago Silva. Ia tampil sangat solid di jantung pertahanan Rossoneri. Penampilan apik sang pemain membuat Paris Saint-Germain kepincut. Ia kemudian digaet ke Paris dengan harga 42 juta euro atau Rp657 miliar pada musim panas 2012.

Silva sukses meraih banyak sekali gelar juara selama membela PSG. Di samping itu, ia mampu menciptakan 315 pertandingan dan mencetak 17 gol serta 6 assist bagi PSG. Pada musim panas 2020, kontrak Silva bersama PSG berakhir. Melanjutkan karier di kasta tertinggi, ia memutuskan hengkang ke Chelsea secara gratis.

4. Willian 

5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!potret Willian (premierleague.com)

Willian merupakan komoditi panas pada jendela bursa transfer musim panas 2013. Pemain asal Brasil ini kala itu diincar sejumlah tim elit, termasuk Chelsea dan Tottenham Hotspur. Namun, The Blues pada akhirnya berhasil memboyong Willian dari Anzhi Makhachkala dengan harga 35,5 juta euro atau Rp555 miliar.

Pemain yang identik dengan rambut kribonya itu bermain di Stamford Bridge selama tujuh tahun. Dalam prosesnya, Willian mampu menorehkan 63 gol serta 62 assist dari 339 pertandingan. Willian kemudian bergabung bersama Arsenal dengan status bebas transfer pada 2021. Sayangnya, gelandang asal Brasil itu gagal total di Stadion Emirates. Kini, pemain berusia 33 tahun tersebut membela klub masa kecilnya, Corinthians.

5. Alexis Sanchez 

5 Pemain Bintang Dilepas Gratis, Padahal Belinya Mahal Banget!potret Alexis Sanchez (manutd.com)

Setelah tampil ciamik bersama Arsenal, Alexis Sanchez memilih hengkang ke Manchester United pada transfer musim dingin 2018. Manchester United ketika itu harus membayar 34 juta euro atau Rp532 miliar plus Henrikh Mkhitaryan agar mendapatkan jasa pemain asal Chile tersebut. Sayangnya, karier Sanchez justru berjalan tidak sesuai harapan di Old Trafford.

Ia tercatat hanya mampu mengoleksi 5 gol dari 45 pertandingan di semua kompetisi. Pada tahun 2019, Sanchez dipinjamkan Setan Merah ke Inter Milan. Klub asal Italia itu kemudian mempermanenkan statusnya secara cuma-cuma pada 2020.

Mereka sebagian besar dilepas secara gratis karena kontraknya telah berakhir. Edinson Cavani, Thiago Silva, dan Alexis Sanchez merupakan pemain yang memberikan dampak cukup besar bagi klub barunya sejauh ini. 

Pada bursa transfer musim panas 2022 mendatang, sejumlah nama pemain bintang dipastikan mengikuti jejak sederet pemain di atas, mulai dari Paulo Dybala hingga Kylian Mbappe. Proses perpindahan pemain pun diprediksi akan seru dan cukup panas di akhir musim nanti.

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Chelsea Berstatus Free Agent pada Akhir Musim

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya