Comscore Tracker

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi Eropa

Ada dua mantan pemain Barcelona

Benua Eropa bisa dibilang sebagai kiblat dari sepak bola. Banyak sekali pesepak bola yang ingin berkarier di kompetisi Eropa. Selain bisa menambah ilmu, nama para pemain juga bisa semakin mendunia. Kompetisi di Eropa sendiri selalu diisi oleh deretan pemain bintang setiap musimnya.

Namun, saat ini kompetisi di luar Eropa juga tidak kalah seru. Ada beberapa negara yang kompetisinya berkembang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, tidak sedikit klub yang rela menggelontorkan banyak uang untuk mendatangkan pemain bintang. Berikut lima pemain top yang saat ini berkarier di luar kompetisi Eropa.

1. Andres Iniesta (Vissel Kobe) 

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi EropaAndres Iniesta. (90min.com)

Andres Iniesta merupakan salah satu lulusan terbaik akademi Barcelona. Semasa di Camp Nou, ia turut mengantarkan tim meraih banyak sekali gelar juara, termasuk treble winners. Namun, pada tahun 2018, sang gelandang memutuskan untuk berpisah dengan Barcelona dan bermain di klub Jepang, Vissel Kobe.

Sejauh ini pesepak bola berusia 37 tahun tersebut sudah mencatatkan 86 pertandingan di semua kompetisi. Dari seluruh laga tersebut, Iniesta berhasil membukukan 18 gol serta 19 assist. Ia juga sudah memenangi total dua trofi, yaitu Piala Kaisar dan Piala Super Jepang.

2. Oscar (Shanghai Port) 

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi EropaOscar. (goal.com)

Oscar sempat menikmati masa jayanya dengan bermain untuk Chelsea. Akan tetapi, pada tahun 2017, pemain asal Brasil itu memilih meninggalkan Chelsea dan bergabung bersama klub Tiongkok, Shanghai Port, dengan biaya sebesar 60 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun. Setelah kepindahan Oscar, klub-klub Liga Tiongkok semakin sering membeli pemain bintang dari tim Eropa.

Kepindahan Oscar saat itu juga cukup disayangkan karena usianya masih lumayan muda. Meski awalnya sempat dikritik, sang pemain berhasil memperlihatkan kualitasnya kembali seiring berjalannya waktu. Sejauh ini Oscar telah membuat 152 pertandingan dan membukukan 48 gol serta 82 assist.

Baca Juga: Tiga Fakta Unik dari Kemenangan Chelsea di Piala Super Eropa

3. Dani Alves (Sao Paulo) 

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi EropaDani Alves. (goal.com)

Dani Alves sempat menjadi bek sayap kanan terbaik di kompetisi Eropa ketika masih membela Barcelona. Selain membela klub Spanyol itu, pemain asal Brasil ini juga pernah bermain untuk tim raksasa lainnya, yaitu Juventus dan Paris Saint-Germain. Namun, pada tahun 2019, ia memilih untuk melanjutkan karier di Liga Brasil dengan membela Sao Paulo.

Sampai saat ini, pesepak bola berusia 38 tahun itu sudah bermain sebanyak 91 pertandingan bersama Sao Paulo. Ia juga turut menyumbang 9 gol serta 14 assist. Meski usianya tidak lagi muda, Alves justru dimasukkan ke dalam skuad Olimpiade Tokyo 2020. Lebih hebatnya lagi, ia berhasil membawa negaranya meraih medali emas dalam turnamen tersebut.

4. Andre-Pierre Gignac (Tigres UANL) 

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi EropaAndre-Pierre Gignac. (marca.com)

Andre-Pierre Gignac mungkin lebih dikenal di kompetisi Ligue 1. Maklum saja, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu hanya menghabiskan kariernya di kompetisi Prancis. Akan tetapi, ia secara mengejutkan meninggalkan Marseille dan memilih hengkang ke Tigres UANL pada tahun 2015 lalu.

Keputusan sang pemain untuk pindah ke Liga Meksiko terbukti sangatlah tepat. Gignac saat ini berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Tigres UANL. Dari 261 pertandingan di semua kompetisi, ia sukses menciptakan 149 gol serta 36 assist. Musim depan, pemain bintang lainnya, Florian Thauvin, juga akan bergabung bersama Tigres UANL.

5. Gabriel Barbosa (Flamengo) 

5 Pemain Bintang yang Saat Ini Tidak Berkarier di Kompetisi EropaGabriel Barbosa. (goal.com)

Gabriel Barbosa sempat mengejutkan banyak pihak ketika dibeli oleh Inter Milan pada tahun 2016. Ketika itu, sang penyerang dibeli dengan biaya yang cukup mahal, yaitu 30 juta euro atau setara dengan Rp506 miliar. Sayangnya, selama di Inter, ia gagal mendapatkan posisi inti hingga akhirnya dipinjamkan ke Benfica.

Pada tahun 2020, Barbosa resmi pindah ke Flamengo dan berhasil kembali menunjukkan kehebatannya. Sejauh ini sang pemain sudah menciptakan 68 gol serta 18 assist dari 96 pertandingan untuk Flamengo. Berkat performa impresif itu, Barbosa mendapatkan panggilan untuk tampil bersama Brasil di Olimpiade Tokyo 2020.

 

Meski saat ini tengah berkarier di luar Eropa, tidak menutup kemungkin beberapa pemain yang masih muda akan pindah lagi ke kompetisi Eropa pada masa mendatang. Dari nama-nama di atas, siapa saja yang kamu harapkan untuk bisa kembali bermain di ajang top Eropa?

Baca Juga: Brasil Raih Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya