5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joran

The Blues sudah menghabiskan dana sebesar Rp7,4 triliun

Sejak mengakuisisi Chelsea, Todd Boehly terlihat tidak ingin kalah dalam bermanuver membangun skuad yang mewah. Ia begitu royal dalam mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan pemain yang hebat.

Dilansir data Transfermarkt, Chelsea secara keseluruhan sudah menghabiskan 460 juta euro atau setara Rp7,4 triliun sepanjang musim 2022/2023. Dana sebanyak itu digunakan The Blues untuk memboyong belasan pemain baru ke Stamford Bridge.

Karena ada banyak pemain yang datang, beberapa penggawa Chelsea harus siap-siap dilego sebelum jendela transfer musim dingin 2023 ditutup. The Blues wajib menyeimbangkan neraca keuangan supaya terhindar dari aturan Financial Fair Play.

1. Pierre-Emerick Aubameyang 

5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joranPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/ChelseaFC)

Pierre-Emerick Aubameyang sejatinya baru bergabung dengan Chelsea pada awal musim 2022/2023. Striker asal Gabon itu digaet dari Barcelona seharga 12 juta euro atau setara Rp195 miliar. Diharapkan tampil tajam, ia justru gagal menunjukkan kualitasnya bersama The Blues.

Sejauh ini, Aubameyang baru mencetak 3 gol dan 1 assist dari 18 pertandingan di lintas kompetisi. Mengingat kualitasnya yang terus menurun dan minimnya kontribusi yang diberikan Aubameyang, Chelsea sepertinya akan berpikir ulang untuk mempertahankan sang pemain di Stamford Bridge.

2. Hakim Ziyech 

5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joranHakim Ziyech (twitter.com/ChelseaFC)

Hakim Ziyech tampil sangat mengesankan bersama Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia berhasil mengantarkan negaranya melaju hingga partai semifinal sebelum akhirnya dikalahkan Prancis dengan skor 0-2. Namun, nasib pemain berusia 29 tahun itu berbeda 180 derajat bersama Chelsea pada musim ini.

Dari 15 pertandingan yang telah dilalui, Ziyech belum sekali pun mencetak gol. Penampilan yang kurang menggigit itu memaksa The Blues mendatangkan Joao Felix dan Mykhailo Mudryk. Dengan kehadiran sejumlah pemain baru, Ziyech diprediksi bakal dilepas pada Januari 2023 ini. Beberapa klub top dilaporkan tertarik dengan jasa sang pemain, di antaranya adalah AS Roma, Newcastle United, dan Everton.

Baca Juga: 5 Pemain Maroko Paling Sering Main di Premier League, Tak Ada Ziyech?

3. Jorginho 

5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joranJorginho (chelseafc.com)

Jorginho telah memberikan kontribusi besar kepada Chelsea dalam beberapa tahun terakhir. Begitu juga pada musim 2022/2023, gelandang asal Italia itu masih menjadi pemain penting The Blues. Namun, ada kabar yang menyebutkan bahwa Jorginho enggan memperpanjang masa baktinya di Stamford Bridge.

Dilansir Mirror, Jorginho dilaporkan ingin kembali bermain di kompetisi Italia bersama Napoli. Terlebih, Napoli saat ini tengah tampil impresif, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

4. Raheem Sterling 

5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joranRaheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Kehadiran Joao Felix dan Mykhailo Mudryk tidak hanya membuat Hakim Ziyech tersingkir, tapi juga membuat posisi Raheem Sterling terancam di skuad utama. Bintang asal Inggris itu sebenarnya baru bergabung dengan The Blues pada awal musim ini. Namun, klub asal London Barat itu kabarnya bersedia melepas sang pemain dalam waktu dekat asalkan ada tawaran yang cocok.

Performa Sterling memang menurun dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, ia pada akhirnya dijual Manchester City ke Chelsea. Musim ini, Sterling baru mencetak 6 gol dalam 22 penampilan di semua ajang.

5. Ruben Loftus-Cheek 

5 Pemain yang Bisa Cabut dari Chelsea setelah Belanja Jor-joranRuben Loftus-Cheek (twitter.com/RLC)

Chelsea saat ini banyak dihuni gelandang hebat, macam Jorginho, Denis Zakaria, Conor Gallagher, Mason Mount, N’Golo Kante, Mateo Kovacic, hingga Ruben Loftus-Cheek. Namun, nama terakhir minim sekali mendapatkan menit bermain.

Ruben Loftus-Cheek sendiri tidak kunjung menemukan penampilan terbaiknya meski sudah bertahun-tahun di Stamford Bridge. Pemain berusia 27 tahun itu kemungkinan besar bakal dilepas The Blues jika ada klub yang menawar.

 

Transfer jor-joran yang dilakukan Chelsea sepanjang musim 2022/2023 mau tidak mau harus mengorbankan beberapa pemainnya. Hal itu harus dilakukan The Blues supaya neraca keuangan klub kembali stabil.

Baca Juga: Potret Ruben Loftus-Cheek, Gelandang Chelsea yang Mulai Bermain Apik

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya