5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?

Usia Jordi Alba sudah tidak lagi muda

Jordi Alba adalah pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Meski berasal dari La Masia, ia awalnya dikenal ketika tampil apik bersama Valencia. Performa ciamik itu membuat Barcelona merekrutnya kembali ke Camp Nou pada musim panas 2012. Sampai saat ini posisinya sebagai bek sayap kiri di Blaugrana masih belum juga tergantikan.

Namun, usia sang pemain saat ini sudah cukup tua, 32 tahun. Itu artinya Alba perlu sosok penerus dirinya di Camp Nou. Berikut ini lima bek kiri yang bisa menggantikan posisi Alba di Barcelona.

1. Juan Miranda

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?barcablaugranes.com

Juan Miranda adalah pemain Barcelona yang sedang dipinjamkan ke Real Betis pada musim ini. Sebelum dipinjamkan ke Real Betis, sang pemain juga sempat dipinjamkan ke Schalke 04. Bersama Real Betis musim ini pemain berusia 21 tahun itu tampil cukup baik. Ia sudah mengoleksi 21 pertandingan dan mencetak 2 gol serta 1 assist di semua kompetisi.

Dengan performanya itu, tidak menutup kemungkinan Miranda akan menggantikan Jordi Alba dan menjadi andalan di Camp Nou pada musim depan. Miranda merupakan bek sayap yang tipikalnya cenderung bertahan. Oleh karena itu, ia tak menciptakan banyak gol dan assist pada musim ini.

2. Raphael Guerreiro

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?bvbbuzz.com

Dalam beberapa tahun terakhir, Raphael Guerreiro sudah pernah dikaitkan dengan Barcelona. Namun, kesepakatan transfer untuk pemain asal Portugal ini tak pernah terjadi. Kini bek berusia 27 tahun itu kembali dikaitkan dengan Barcelona. Sebagai bek sayap yang sudah berpengalaman, ia dinilai sangat cocok untuk menggantikan Jordi Alba.

Guerreiro tak hanya bisa bermain sebagai bek sayap, tapi ia juga bisa digunakan sebagai gelandang sayap. Musim ini ia sudah menciptakan 5 gol dan 9 assist dari 36 pertandingan di semua ajang. Catatan tersebut tentu saja sangat bagus untuk pemain yang beroperasi di lini belakang.

Baca Juga: Tumbang, Barcelona Gagal Kudeta Puncak Klasemen LaLiga

3. Marc Cucurella

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?90min.com

Sama seperti Juan Miranda, Marc Cucurella juga merupakan lulusan akademi Barcelona. Ia menghabiskan waktunya di La Masia hingga lima tahun. Karena kesulitan mendapatkan waktu bermain, ia memilih hengkang ke SD Eibar sebelum akhirnya dibeli oleh Getafe. Kini pemain berusia 22 tahun itu telah menjelma salah satu bek muda yang menjanjikan di LaLiga.

Musim ini Cucurella sudah menciptakan 3 gol dan 1 assist dari 32 pertandingan. Lebih hebatnya lagi, sang pemain hanya kehilangan satu pertandingan saja di LaLiga musim ini. Jika Barcelona bisa meyakinkan Cucurella untuk kembali ke Nou Camp, ia bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menggantikan Alba.

4. Alejandro Grimaldo

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?90min.com

Alejandro Grimaldo bisa menjadi opsi yang menarik bagi Barcelona untuk menggantikan Jordi Alba. Pasalnya, bek berusia 25 tahun ini tampil sangat cemerlang bersama SL Benfica musim ini. Buktinya, ia berhasil menciptakan 2 gol dan 8 assist dari 26 pertandingan di Liga NOS Portugal.

Sebelum bergabung dengan Benfica, Grimaldo juga pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Ia didatangkan ke Portugal pada musim dingin 2016 ketika usianya masih 20 tahun. Kini Grimaldo telah berkembang dan menjadi salah satu bek sayap yang paling menonjol di kompetisi tertinggi Portugal tersebut.

5. Jose Gaya

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Jordi Alba di Barcelona, Siapa Saja?barcablaugranes.com

Jika ingin mendatangkan pemain yang memiliki nama besar dan sangat berpengalaman, Barcelona bisa merekrut Jose Gaya dari Valencia. Kualitas dari pemain berusia 25 tahun ini tentu saja tak perlu diragukan lagi. Sejauh ini sang pemain sudah menciptakan 1 gol dan 5 assist dari 29 pertandingan di LaLiga.

Jose Gaya juga memiliki tipikal permainan yang mirip dengan Jordi Alba. Kapten Valencia itu juga memiliki banyak kelebihan, salah satunya umpan silang yang sangat baik. Harga Gaya tak terlalu mahal, berada di kisaran 35 juta euro atau setara dengan Rp612 miliar. Nominal tersebut sepertinya tak menjadi masalah untuk klub sebesar Barcelona.

 

Dari kelima bek sayap kiri itu, kira-kira siapa yang cocok untuk menjadi penerus Jordi Alba di Barcelona?

Baca Juga: 5 Bek Kiri Terbaik Spanyol Saat Ini, dari Jose Gaya hingga Reguilon!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya