5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier League

Ada dua sosok penjaga gawang berkualitas 

Brasil memang tak pernah kehabisan talenta hebat setiap periodenya. Selalu ada pemain-pemain baru yang muncul dan memiliki bakat mengesankan. Tidak heran jika para pemain Brasil saat ini tersebar di semua kompetisi top Eropa, termasuk Premier League.

Dalam sejarahnya, ada banyak sekali pemain Brasil yang merumput di kasta tertinggi Liga Inggris itu. Namun, hanya beberapa nama yang memiliki karier cemerlang.

1. Fernandinho (Manchester City)

5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier LeagueFernandinho (twitter.com/fernandinho)

Jasa Fernandinho bisa dibilang sangat besar untuk Manchester City. Sang gelandang bergabung dengan Manchester City dari Shakhtar Donetsk pada musim panas 2013. Perannya sebagai gelandang bertahan sangat sentral. Buktinya, pada usia yang saat ini tidak lagi muda, ia tetap dipercayai beberapa kali untuk tampil di lini tengah oleh Pep Guardiola.

Sejak hengkang ke Inggris, Fernandinho sudah memenangi empat gelar Premier League. Sang pemain juga sukses meraih 6 Piala Liga Inggris dan 1 Piala FA. Sejauh ini Fernandinho telah mencatatkan 367 laga dan mencetak 25 gol serta 32 assist untuk Manchester City.

2. Gilberto Silva (Arsenal)

5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier LeagueGilberto Silva (planetfootball.com)

Gilberto Silva merupakan salah satu legenda terbesar dalam sejarah Arsenal. Ia membela klub London Utara itu sejak 2002 dan menikmati kesuksesan besar selama 6 tahun. Gilberto membentuk duet yang sangat menjanjikan di lini tengah bersama Patrick Vieira pada saat itu. Secara peran, Gilberto lebih defensif daripada rekannya tersebut.

Puncak kejayaan sang pemain bersama Arsenal tercipta pada 2003/2004. Ketika itu, The Gunners berhasil keluar sebagai juara Premier League dengan rekor tak pernah kalah. Gilberto juga mampu memenangi masing-masing dua trofi Piala FA dan Community Shield.

Baca Juga: 10 Manajer Terhebat Sepanjang Sejarah Premier League, Siapa Terhebat?

3. Ederson Moraes (Manchester City)

5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier LeagueEderson Moraes (planetfootball.com)

Ederson Moraes bergabung dengan Manchester City pada 2017 dengan nilai transfer 40 juta euro atau setara Rp695 miliar. Saat itu, harga sang penjaga gawang dianggap terlalu mahal. Kendati begitu, Ederson perlahan mampu menunjukkan kualitas terbaiknya di bawah mistar gawang Manchester City.

Tidak hanya jago dalam menghalau tendangan lawan, Ederson juga sangat hebat dalam memainkan bola. Umpan-umpan jauhnya kerap kali membuat lini pertahanan lawan keteteran. Sejauh ini kiper berusia 28 tahun tersebut sudah meraih 3 gelar Premier League, satu Piala FA, 4 Piala Liga Inggris, dan 2 Community Shield. Di samping itu, Ederson juga mencatatkan 107 clean sheet dalam 218 pertandingan untuk Manchester City.

4. Roberto Firmino (Liverpool)

5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier LeagueRoberto Firmino (planetfootball.com)

Bergabung dari Hoffenheim pada 2015, Firmino telah berkembang menjadi salah satu pemain terpenting di Liverpool. Bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah, ketiganya membentuk lini serang yang sangat menakutkan. Sejauh ini pemain asal Brasil itu sudah memenangi Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub bersama Liverpool.

Sementara pada 2021/2022 ini, Firmino sudah menciptakan 7 gol dan 4 assist dari 18 pertandingan. Kontraknya bersama The Reds masih hingga Juni 2023. Jika melihat kontribusinya yang besar itu, ada kemungkinan bagi dirinya untuk bermain lebih lama di Anfield.

5. Alisson Becker (Liverpool)

5 Pemain Brasil Terhebat dalam Sejarah Premier LeagueAlisson Becker (skysports.com)

Alisson bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada 2018. Sejak saat itu, namanya meroket dan telah berkembang menjadi sosok yang luar biasa. Hanya dalam waktu 3 tahun, sang penjaga gawang berhasil mempersembahkan gelar Premier League dan Liga Champions.

Sama seperti Ederson, Alisson juga memiliki kelebihan dalam menghentikan tembakan lawan serta mendistribusikan bola. Sejauh ini kiper berusia 29 tahun tersebut telah mencatatkan 72 clean sheet dari 156 pertandingan di semua kompetisi.

Tidak mengherankan jika pemain-pemain Brasil banyak diminati oleh klub-klub Premier League. Mereka memang memberikan kontribusi yang sangat besar untuk tim, termasuk lima nama di atas.

Baca Juga: 5 Pelatih Terhebat dalam Sejarah Premier League, Deretan Nama Top!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya