5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak Bola

Ada Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan secara indah melalui kekompakan tim. Hal menarik lainnya yang terjadi di luar itu adalah hubungan yang terjalin antara para pemain dan pelatih. Kedekatan antara pemain dan pelatih bisa jauh lebih personal hingga layaknya seorang ayah dan anak.

Hal positif tersebut tentu saja akan membuat tim semakin terlihat solid dan menjanjikan. Tak jarang prestasi justru datang setelahnya. Berikut ini lima pemain dan pelatih yang memiliki hubungan terbaik di sepak bola.

1. Didier Drogba dan Jose Mourinho (Chelsea) 

5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak BolaDidier Drogba dan Jose Mourinho. (goal.com)

Didier Drogba dan Jose Mourinho mulai bekerja sama di Chelsea sejak tahun 2004. Ketika itu pelatih asal Portugal ini memboyong Drogba dari Marseille dengan biaya sebesar 28,5 juta euro atau setara dengan Rp661 miliar. Kerja sama antara kedua sosok itu langsung menghasilkan gelar juara Premier League bagi Chelsea.

Namun, kerja sama Drogba dan Mourinho harus terhenti pada musim 2007/2008 karena sang pelatih dipecat oleh manajemen Chelsea. Pada musim 2014/2015, kedua sosok itu kembali lagi bekerja sama untuk The Blues. Mereka memang berhasil membawa tim memenangi gelar Premier League saat itu. Namun, kolaborasi mereka hanya bertahan satu musim karena Drogba pindah ke Major League Soccer.

2. Thierry Henry dan Arsene Wenger (Arsenal) 

5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak BolaThierry Henry dan Arsene Wenger. (eurosport.com)

Kebersamaan Thierry Henry dan Arsene Wenger sebenarnya sudah terjalin terlebih dulu di AS Monaco dalam beberapa musim. Wenger kemudian memutuskan untuk hengkang ke Arsenal pada tahun 1996. Pada tahun 1999, Henry kembali mengikuti jejak sang pelatih dengan bergabung bersama The Gunners.

Di kompetisi Inggris, Henry menjelma salah satu sosok penyerang hebat. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan dirinya meraih empat kali top skor Premier League. Kerja sama keduanya juga sukses membawa Arsenal berjaya. Bahkan, pada musim 2003/2004, Arsenal berhasil mengakhiri musim tanpa kekalahan dan menjadi juara Premier League.

Baca Juga: 5 Penyerang dengan Gol Terbanyak yang Pernah Ditangani Arsene Wenger

3. Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson (Manchester United) 

5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak BolaCristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson. (metro.co.uk)

Hubungan Cristiano Ronaldo dan Sir Alex Ferguson merupakan salah satu yang sangat spesial dalam dunia sepak bola. Di Manchester United, Ferguson berhasil membuat karier pemain asal Portugal itu naik sangat drastis. Selama bermain untuk Setan Merah, Ronaldo mampu menciptakan 118 gol dalam 292 pertandingan di semua ajang.

Berkat mereka berdua, Manchester United meraih banyak kesuksesan pada tahun 2008. Di tahun yang sama, CR7 juga berhasil memenangi penghargaan Ballon d’Or pertamanya. Setelah mendapatkan trofi itu, Ronaldo tak segan menyebut Ferguson sebagai sosok hebat dalam karier sepak bolanya. Namun, kebersamaan mereka harus terhenti pada tahun 2009 karena Ronaldo memilih hengkang ke Real Madrid.

4. Lionel Messi dan Pep Guardiola (Barcelona) 

5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak BolaLionel Messi dan Pep Guardiola. (eurosport.com)

Kerja sama Lionel Messi dan Pep Guardiola di Barcelona dimulai pada musim 2008/2009. Kedua sosok itu tanpa diduga berhasil mengantarkan Barcelona meraih treble winner di musim tersebut. Catatan itu sekaligus menjadi yang pertama bagi Barcelona sepanjang sejarah. Menurut Guardiola, Messi merupakan pesepak bola terbaik yang pernah dilatihnya.

Sebaliknya, La Pulga menilai Guardiola sebagai sosok pelatih yang luar biasa dan sukses membawa Barcelona ke era yang sangat bagus. Namun, kerja sama antara kedua sosok itu harus berakhir pada tahun 2012. Pasalnya, Guardiola memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih utama Blaugrana.

5. Johan Cruyff dan Rinus Michels (Ajax, Barcelona, dan Timnas Belanda) 

5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak BolaJohan Cruyff dan Rinus Michels. (Twitter/afcajax)

Johan Cruyff dan Rinus Michels merupakan dua sosok yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan sepak bola. Karena adanya mereka, terlahirlah istilah “Total Football” dalam permainan sepak bola. Filosofi tersebut digunakan oleh keduanya saat bekerja sama di Ajax, Barcelona, dan Timnas Belanda.

Berkat keduanya, Ajax pernah berjaya di kompetisi domestik dan Eropa. Bahkan, Ajax sempat empat kali secara berturut-turut meraih gelar Liga Belanda pada tahun 1966 hingga 1970. Tidak hanya itu, Ajax juga sempat menjadi penguasa Eropa selama tiga musim berturut-turut pada tahun 1971 hingga 1973. Berkat Michels, Cruyff mampu meraih tiga trofi Ballon d’Or yang sangat mengesankan.

 

Selain nama-nama tersebut, apakah ada lagi pemain dan pelatih yang memiliki hubungan baik di atas lapangan dan sukses mengantarkan timnya menjadi juara dalam berbagai ajang?

Baca Juga: 7 Orang yang Meraih Juara Liga Champions Sebagai Pemain dan Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya