5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesliga

Lewandowski menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif 

Bundesliga merupakan salah satu kompetisi sepak bola tertinggi di dunia. Kasta teratas sepak bola Jerman tersebut telah melahirkan banyak sekali penyerang hebat, seperti Gerd Muller, Robert Lewandowski, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Semua nama tersebut merupakan mesin gol bagi klubnya masing-masing.

Selama berkarier di kompetisi Bundesliga, mereka sukses mencetak ratusan gol. Dari seluruh torehan golnya itu, ada beberapa gol yang tercipta melalui tendangan penalti. Berikut kelima pemain top yang mampu menciptakan gol penalti terbanyak di sepanjang sejarah Bundesliga.

1. Manfred Kaltz (53 gol) 

5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesligapotret Manfred Kaltz (ndr.de)

Hamburger SV merupakan satu-satunya klub Bundesliga yang pernah diperkuat Manfred Kaltz. Bersama klub itu, ia mampu membuat 581 pertandingan di Bundesliga. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak kedua dalam sejarah Hamburger SV.

Kaltz sukses mencetak 76 gol dari seluruh penampilannya itu. Di samping itu, Kaltz mampu menciptakan 53 gol dari tendangan penalti. Untuk seorang pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan, torehan itu tergolong istimewa.

2. Gerd Muller (50 gol) 

5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesligapotret Gerd Muller (skysports.com)

Gerd Muller bisa dibilang sebagai pemain terhebat dalam sejarah Jerman. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya dengan membela Bayern Munchen. Muller memenangkan penghargaan yang tak terhitung jumlahnya, termasuk 4 gelar Bundesliga dan 3 trofi Liga Champions.

Muller adalah pencetak gol terbanyak Bundesliga sepanjang masa dengan 365 gol. Dari torehan itu, ia mampu mencetak 50 gol di antaranya dari titik penalti. Di level internasional, Muller berhasil membuat 62 penampilan dan membukukan 68 gol serta 4 assist.

Baca Juga: 6 Klub Bundesliga yang Pernah Main di Final Liga Champions

3. Michael Zorc (49 gol) 

5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesligapotret Michael Zorc (twitter.com/bundesliga_de)

Michael Zorc memainkan seluruh kariernya di Borussia Dortmund berposisi sebagai gelandang tengah. Ia merupakan spesialis bola mati selama kariernya bermain di klub tersebut. Zorc sendiri mampu mencatatkan 463 pertandingan untuk Die Borussen di Bundesliga.

Sang pemain sukses membukukan 131 gol serta 24 assist dari seluruh penampilannya tersebut. Di samping itu, Zorc berhasil menciptakan 49 gol dari titik penalti. Setelah pensiun, kini pria berusia 59 tahun itu menjadi direktur olahraga di Signal Iduna Park.

4. Robert Lewandowski (39 gol) 

5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesligapotret Robert Lewandowski (planetfootball.com)

Robert Lewandowski dianggap sebagai salah satu penyerang terhebat pada generasinya. Ia memulai karier di kompetisi Jerman dengan membela Borussia Dortmund. Setelah empat tahun di Signal Iduna Park, sang pemain memilih melanjutkan karier di Bayern Munchen.

Bersama dua klub besar itu, Lewandowski sukses membukukan 308 gol di kompetisi Bundesliga. Dari seluruh torehan tersebut, terdapat 39 gol yang tercipta dari tendangan penalti. Lewandowski sejauh ini sudah memenangkan sembilan gelar Bundesliga. Selain itu, ia juga sukses meraih trofi Liga Champions bersama Bayern Munchen pada musim 2019/2020.

5. Stefan Kuntz (30 gol) 

5 Bintang dengan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Bundesligapotret Stefan Kuntz (sportinglife.com)

Stefan Kuntz memiliki karier yang cemerlang di kompetisi Bundesliga. Ia mampu membuat 449 penampilan dan mencetak 179 gol di kasta tertinggi sepak bola Jerman tersebut. Momen terbaiknya datang saat membela FC Kaiserslautern. Bersama klub itu, ia sukses memenangkan DFB Pokal dan trofi Bundesliga.

Kuntz sendiri sempat membela empat klub berbeda di ajang Bundesliga. Ia berhasil mencetak 30 gol penalti bersama tim-tim tersebut.

Robert Lewandowski menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif dalam daftar tersebut. Mengingat usianya yang tidak lagi muda, 33 tahun, ia sepertinya kesulitan untuk bisa memecahkan rekor dari Manfred Kaltz. Atau, ia malah mampu buktikan sebaliknya? 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Muslim Top yang Bermain di Bundesliga 2021/2022

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya