5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandingan

Ada pemain yang pernah mencetak 14 gol dalam satu laga, lho!

Mencetak banyak gol merupakan tujuan utama dalam permainan sepak bola. Pasalnya, peluang sebuah klub untuk meraih kemenangan makin besar jika mampu mencetak banyak gol.

Biasanya pemain yang berposisi sebagai penyerang menjadi tumpuan utama klub untuk mencetak banyak gol. Dalam sejarah sepak bola sendiri, ada beberapa penyerang yang berhasil mencetak gol belasan kali dalam satu pertandingan.

Siapa saja mereka? Langsung intip ulasannya berikut ini!

1. John Petrie (13 gol) 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu PertandinganSkuad Arbroath ketika mengalahkan Bon Accord dengan skor 36-0. (arbroathfc.co.uk)

John Petrie merupakan salah satu pemain Skotlandia terbaik pada masanya. Ia sebagian besar menghabiskan kariernya untuk klub lokal, Arbroath. Sang pemain sendiri namanya begitu populer setelah mencetak tiga belas gol dalam satu pertandingan.

Petrie menciptakan rekor tersebut saat klubnya mengalahkan Bon Accord dengan skor 36-0. Menariknya, ia melakukan hal tersebut saat masih berusia 18 tahun. Momen itu terjadi di kompetisi Piala Skotlandia pada 12 September tahun 1885.

2. Cosmina Dusa (13 gol) 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandinganpotret Cosmina Dusa (uefa.com)

Cosmina Dusa merupakan salah satu pesepak bola perempuan terbaik yang pernah dimiliki Rumania. Sang penyerang pernah mencetak tiga belas gol dalam satu pertandingan saat melawan CFF Clujana. Ia ketika itu bermain untuk CFF Olimpia Cluj.

Bersama klub tersebut, Cosmina Dusa sempat memenangkan gelar Liga dan Piala Wanita Rumania sebanyak dua kali. Pemain berusia 32 tahun itu saat ini bermain untuk klub Turki, Konak Belediyespor. Ia tercatat sudah meraih lima gelar juara bersama Konak Belediyespor.

Baca Juga: 5 Penyerang Depan Muslim Top di Kompetisi Eropa pada Musim 2021/2022

3. Archie Thompson (13 gol) 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandinganpotret Archie Thompson (socceroos.com)

Archie Thompson dikenal sebagai pencetak gol yang ulung ketika masih aktif bermain. Penampilan impresifnya tercipta saat berseragam klub Australia, Melbourne Victory. Selain berkarier di liga Australia, ia juga pernah bermain untuk klub Belanda, PSV Eindhoven.

Thompson tercatat pernah mencetak tiga belas gol dalam satu pertandingan. Tak tanggung-tanggung, momen tersebut tercipta di ajang Kualifikasi Piala Dunia. Melawan Samoa Amerika, tim nasional Australia berhasil menang dengan skor 31-0; Thompson mencetak tiga belas gol.

4. Malika-e-Noor (14 gol) 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandinganpotret Malika-e-Noor (footballpakistan.com)

Malika-e-Noor merupakan pesepak bola perempuan asal Pakistan. Ia sampai saat ini berstatus sebagai pemain perempuan dengan gol terbanyak dalam satu pertandingan. Noor pernah mencetak empat belas gol dalam kemenangan 25-0 Young Rising Stars atas Margala pada tahun 2011.

Pertandingan tersebut dimainkan di kompetisi Piala Pakistan. Tidak hanya menciptakan banyak gol, Noor juga menghasilkan sebelas assist di laga tersebut. Setelah membela Young Rising Stars, kini sang pemain bermain untuk Pakistan Army FC sekaligus menjabat sebagai kapten tim di klub tersebut.

5. Hacene Lalmas (14 gol) 

5 Pemain Sepak Bola dengan Gol Terbanyak dalam Satu Pertandinganpotret Hacene Lalmas (lexpression.dz)

Hacene Lalmas adalah pemain sepak bola berkebangsaan Aljazair. Sepanjang kariernya, sang pemain tercatat mampu membukukan 131 gol di kasta tertinggi sepak bola Aljazair. Ia pernah mencetak empat belas gol untuk OM Ruisseau dalam kemenangan 18-0 atas JS Birtouta pada musim 1962/1963.

Walau begitu, penampilan terbaik Lalmas justru datang saat ia membela CR Belouizdad. Ia sukses mencetak 150 gol lebih dari 200 pertandingan bersama klub tersebut. Lalmas juga berhasil memenangkan 4 trofi Liga Aljazair, 3 Piala Aljazair, dan 3 Piala Champions bersama CR Belouizdad.

Rekor-rekor tersebut adalah catatan yang sangat sulit untuk ditorehkan. Bahkan, tingkat kesulitannya membuat deretan rekor-rekor tersebut tampaknya bakal bertahan selama puluhan tahun. Pemain sekelasa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun belum tentu bisa melakukan catatan seperti yang ditorehkan oleh kelima pemain sepak bola di atas.

Baca Juga: Nilai Pasar Vlahovic Naik, Ini 5 Striker Termahal di Serie A Saat Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya