Comscore Tracker

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggris

Ada yang masih aktif bermain sampai saat ini

Liga Inggris adalah salah satu liga paling populer di dunia. Banyak pemain dari negara lain berlomba untuk bisa merasakan atmosfer di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Dalam sejarah Liga Inggris, hanya ada 13 pemain yang pernah tampil sebanyak 500 penampilan atau lebih. Bahkan hanya terdapat 3 pemain yang mampu bermain di satu klub dan berhasil melampaui 500 penampilan. Mereka adalah Jamie Carragher (Liverpool), Steven Gerrard (Liverpool) dan Ryan Giggs (Manchester United). Berikut ini 5 pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

1. Gareth Barry (653 penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggrismirror.co.uk

Gareth Barry menghabiskan seluruh kariernya di Inggris. Pemain yang lahir di Kota Hastings ini, memulai karier sepak bolanya dengan akademi Brighton. Pada tahun 1997 ia dibeli Aston Villa dan bermain di tim U-18. Hanya berselang setahun, Barry naik kasta dan bermain di skuad utama The Villa. Bersama klub yang bermarkas di Villa Park itu, ia menghabiskan 11 tahun.

Pemain yang bisa bermain di berbagai posisi itu kemudian bergabung dengan Manchester City pada tahun 2009. Ia juga turut mengantarkan The Citizens juara Liga Inggris dan Piala FA. Sebelum akhirnya ia memilih pindah ke Everton pada Juli 2014. Kini di usia 39 tahun, Barry masih aktif sebagai seorang pemain. Ia membela West Brom di Championship.

2. Ryan Giggs (632 penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggrisbleacherreport.com

Ryan Giggs menghabiskan seluruh karier sepak bolanya untuk Manchester United. Mantan pemain internasional Wales itu merupakan pemain andalan Sir Alex Ferguson, terutama di posisi sayap kiri. Kecepatan adalah salah satu bekal yang dimiliki oleh pemain kelahiran Cardiff tersebut.

Giggs berhasil mempersembahkan 35 gelar bagi United. Di antaranya 13 trofi Premier League, 9 Community Shield, 4 Piala FA, 3 Piala Liga Inggris, 2 Liga Champions, 1 Piala Dunia Antar Klub, 1 gelar Piala Super Eropa, dan 1 Piala Intercontinental. Saat ini pemain yang memilih gantung sepatu pada 1 Juli 2014 itu menjabat sebagai pelatih timnas Wales.

Baca Juga: Ini Dia 5 Pencetak Gol Termuda Manchester United di Liga Inggris

3. Frank Lampard (609 penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggrisfoxsports.com

Frank Lampard menjadi salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Tak hanya membuat banyak penampilan di Liga Inggris, mantan pemain internasional The Three Lions itu juga berada di urutan keempat dalam daftar assist sepanjang sejarah Liga Inggris.

Meskipun bukan seorang penyerang, Lampard berhasil mencetak 177 gol di Liga Inggris. Tentu hal itu merupakan suatu prestasi yang luar biasa bagi seorang gelandang tengah. Rekor sang pemain pun tak berhenti sampai di situ. Ia juga menjadi pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa yaitu 211 gol.

Sempat melanjutkan karier di MLS bersama New York City dan bermain untuk Manchester City dalam masa peminjaman. Kini ia menjadi pelatih Chelsea.

4. David James (572 penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggrismirror.co.uk

David James merupakan penjaga gawang ternama pada eranya. Memulai karier bersama Watford, ia dibeli Liverpool pada tahun 1992. Selama 7 tahun membela The Reds, ia berhasil memenangi 1 gelar Piala Liga. Setelah meninggalkan Merseyside, ia menghabiskan waktu yang singkat bersama Aston Villa, West Ham, Manchester City, dan Portsmouth.

James juga menjadi salah satu penjaga gawang yang berhasil catatkan clean sheets terbanyak dengan 172 laga dalam sejarah Liga Inggris. Ia hanya kalah dari penjaga gawang asal Ceko yaitu Petr Cech yang membuat 202 clean sheets.

5. Gary Speed (535 penampilan)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah Liga Inggrismirror.co.uk

Gary Speed merupakan pemain pertama yang mampu bermain 500 pertandingan di Liga Inggris. Mantan pemain internasional Wales itu menghabiskan kariernya di Leeds United, Everton, Newcastle, Bolton, dan Sheffield United.

Dari sekian klub yang dibela, Leeds United mungkin menjadi klub yang berkesan bagi dirinya. Gary Speed mampu mengantarkan The Whites menjuarai Liga Inggris pada tahun 1992. Sepanjang kariernya di Liga Inggris, pemain yang sering beroperasi di sektor sayap ini telah mencetak 81 gol.

Akankah ada pemain lain yang mampu melampaui prestasi mereka di Liga Inggris?

Baca Juga: 11 Pemain Premier League dengan Market Value Tertinggi, Siapa Saja?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya