5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie A

Immobile menjadi satu-satunya nama yang masih aktif bermain

Setiap klub sepak bola tentu memiliki eksekutor tendangan penalti andalan. Biasanya, pemain yang ditunjuk mengambil tendangan penalti mempunyai banyak kelebihan daripada pemain lain.

Dalam sejarah Serie A Italia, ada banyak sekali pemain yang andal dalam mengeksekusi penalti. Namun, hanya beberapa nama yang mampu melakukannya secara konsisten. Ada setidaknya lima pemain dengan catatan gol penalti terbanyak dalam sejarah Serie A.

1. Francesco Totti (71 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie AFrancesco Totti (skysports.com)

Francesco Totti merupakan pemain tersohor di Serie A. Ia menghabiskan seluruh kariernya hanya untuk AS Roma selama 24 tahun. Dalam 618 pertandingan di Serie A, Totti sukses menciptakan 250 gol serta 141 assist.

Dari seluruh torehan golnya itu, sang pemain mampu membukukan 71 gol dari titik penalti. Totti sendiri sudah memutuskan pensiun sejak 2017. Kini, pria berusia 45 tahun itu sedang menganggur. Jabatan terakhirnya adalah direktur olahraga AS Roma.

2. Roberto Baggio (68 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie ARoberto Baggio (planetfootball.com)

Roberto Baggio adalah salah satu legenda terbaik sepak bola Italia. Ia pernah memperkuat deretan klub besar di Serie A, seperti Inter Milan, AC Milan, Fiorentina, dan Juventus. Bersama tim-tim tersebut, Baggio sukses mencetak 205 gol dari 452 pertandingan di kasta tertinggi Italia.

Baggio mampu menciptakan 68 gol penalti dari seluruh penampilannya tersebut. Momen terbaik Baggio tercipta pada 1993. Ia saat itu berhasil memenangi penghargaan Ballon d’Or.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak sebagai Pemain Pengganti di EPL

3. Alessandro Del Piero (50 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie AAlessandro Del Piero (juventus.com)

Juventus menjadi satu-satunya klub yang diperkuat Alessandro Del Piero di Serie A. Bersama klub tersebut, ia total memainkan laga sebanyak 478 kali di kasta tertinggi Italia. Del Piero mampu menciptakan 188 gol serta 103 assist dari seluruh penampilannya itu.

Di samping itu, sang pemain sukses membukukan lima puluh gol dari titik penalti. Del Piero memenangi 6 trofi Serie A, 4 Piala Super Italia, 1 Piala Italia, 1 Piala Super Eropa, dan 1 Liga Champions selama kariernya di Turin.

4. Giuseppe Savoldi (45 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie AGiuseppe Savoldi (thesefootballtimes.co)

Giuseppe Savoldi dianggap sebagai salah satu penyerang Italia terbaik pada masanya. Ia tercatat pernah membela tiga klub berbeda di Serie A, yakni Atalanta, Bologna, dan Napoli. Sang pemain mampu membukukan 168 gol dari 402 pertandingan bersama klub-klub tersebut.

Dari seluruh torehan itu, Savoldi sukses menciptakan 45 gol dari tendangan penalti. Pada 1972/1973, sang penyerang berhasil memenangi sepatu emas Serie A dengan torehan tujuh belas gol.

5. Ciro Immobile (44 gol) 

5 Pemain dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak dalam Sejarah Serie ACiro Immobile (thelaziali.com)

Ciro Immobile tercatat pernah membela tujuh klub Italia berbeda. Namun, momen terbaiknya datang ketika bermain untuk Lazio. Ia memperkuat tim tersebut sejak 2016. Sejauh ini, sang pemain sudah menciptakan 288 pertandingan di kasta tertinggi Italia.

Immobile sukses membukukan 180 gol serta 45 assist dari seluruh penampilannya itu. Ia mencetak 44 gol dari titik penalti. Immobile bahkan pernah menciptakan empat belas gol penalti pada 2019/2020.

Ciro Immobile menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif di Serie A saat ini. Namun, mengingat umurnya yang tidak lagi muda, 32 tahun, ia sepertinya akan kesulitan untuk memecahkan rekor Francesco Totti.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah Bundesliga

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya