Comscore Tracker

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cedera

Ada dua mantan pemain Arsenal

Bisa bermain di kompetisi Premier League tentu menjadi impian bagi sebagian pesepak bola di dunia. Pasalnya, kompetisi tertinggi Inggris tersebut banyak sekali diisi oleh pemain-pemain hebat. Tidak hanya itu, Premier League juga bisa membuat karier seorang pemain melambung sangat drastis.

Agar bisa bermain di Premier League, pesepak bola tentunya harus memiliki fisik yang baik sebab kompetisi ini dikenal memiliki permainan yang cepat dan tak jarang pemain harus mengalami cedera berulang kali. Masalah cedera kerap kali menjadi momok yang menakutkan bagi setiap pemain. Di kompetisi Premier League, terdapat beberapa pemain yang kariernya menurun setelah mengalami cedera. Siapa saja pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Owen Hargreaves 

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cederaplanetfootball.com

Meski berasal dari Inggris, Owen Hargreaves memulai kariernya sebagai pesepak bola dengan bermain bersama Bayern Munchen. Pada musim panas 2007, sang gelandang direkrut oleh Manchester United dengan biaya sebesar 25 juta euro atau setara dengan Rp437 miliar. Ketika pindah ke Old Trafford, ia merupakan salah satu gelandang dengan rating tertinggi di Eropa.

Pada musim debutnya, Hargreaves tampil cukup baik dengan mengoleksi 34 pertandingan. Ia juga berhasil mengantarkan Setan Merah memenangi gelar Premier League dan Liga Champions. Sayangnya, pada tiga tahun berikutnya, sang pemain hanya tampil sebanyak 5 kali karena mengalami cedera yang terus berulang.

Pada tahun 2011, Manchester United memutuskan untuk melepas sang pemain secara gratis ke Manchester City. Akan tetapi, Hargreaves hanya tampil satu kali bersama The Citizens di Premier League sebelum memilih pensiun ketika berusia 31 tahun.

2. Michael Owen 

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cederagoal.com

Dimasukkannya legenda Premier League seperti Michael Owen dalam daftar ini mungkin mengejutkan banyak orang. Namun, karena cedera otot yang berulang, mantan penyerang Liverpool ini bisa dibilang tidak pernah mencapai puncak kariernya selama di Premier League. Ia pertama kali menghebohkan Premier League ketika tampil impresif bersama Liverpool saat masih berusia 17 tahun.

Pada tahun 2001, Owen secara tak terduga berhasil memenangi gelar Ballon d’Or setelah mengantarkan The Reds meraih beberapa trofi. Sempat pindah ke Real Madrid selama satu musim, sang pemain kemudian memilih kembali lagi ke Inggris dengan bergabung bersama Newcastle United pada tahun 2005.

Sayangnya, saat itu Owen lebih sering mengalami cedera bersama Newcastle. Ia juga tak pernah lagi bisa tampil cemerlang seperti ketika membela Liverpool. Sempat pindah ke Manchester City dan Stoke City, sang pemain tetap tidak bisa kembali lagi menemukan performa terbaiknya.

Baca Juga: Banting Ban Kapten Berujung Cedera Buat Ronaldo

3. Jack Wilshere 

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cederagoal.com

Jack Wilshere pernah dipuji sebagai salah satu pemain muda hebat ketika masih membela Arsenal. Ia melakukan debutnya di tim utama The Gunners ketika masih berusia 16 tahun. Pada musim 2010/2011, sang pemain menjadi pemain reguler di skuad Arsene Wenger. Bahkan, di musim tersebut, ia berhasil memenangi penghargaan PFA Young Player of the Year untuk penampilannya yang konsisten.

Namun, semua cerita berubah ketika ia mengalami cedera patah kaki pada pertandingan persahabatan pramusim tahun 2011. Cedera itu membuat Wilshere harus absen total 17 bulan lamanya. Peluangnya untuk bisa masuk ke dalam skuad tim nasional Inggris dalam ajang Euro 2012 juga harus kandas.

Setelah kembali dari cedera, Wilshere tak lagi bisa menemukan performa terbaiknya. Ia juga sempat beberapa kali dipinjamkan oleh Arsenal, namun hasilnya tetap nihil. Pria yang saat ini berusia 29 tahun itu kemudian dilepas secara gratis ke West Ham United sebelum akhirnya bermain dengan Bournemouth. Bahkan, Wilshere saat ini harus rela bermain di kompetisi Championship.

4. Micah Richards 

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cederamanchestereveningnews.co.uk

Nama Micah Richards pertama kali dikenal ketika berseragam Manchester City. Di usianya yang masih 17 tahun saat itu, ia sudah tampil sangat menjanjikan dengan The Citizens. Walau umurnya masih sangat muda, sang pemain sudah menjadi pemain reguler. Berkat performanya tersebut, ia berhasil mendapatkan panggilan pertama untuk bermain dengan tim nasional Inggris senior di usia 18 tahun.

Pada musim 2011/2012, Richards juga memainkan peran kunci dalam keberhasilan tim meraih gelar pertama Premier League. Namun, di musim berikutnya, sang pemain mengalami cedera yang sangat parah dan membuatnya harus absen dalam waktu cukup lama. Richards tercatat hanya membuat 9 pertandingan di Premier League dalam tiga musim berikutnya, sebelum akhirnya bergabung dengan Fiorentina sebagai pemain pinjaman pada 2014.

Pada musim panas 2015, Manchester City memutuskan untuk melepas sang pemain secara gratis ke Aston Villa. Sayangnya, ia gagal kembali menemukan performa terbaiknya bersama klub tersebut. Richards kemudian memilih pensiun pada tahun 2019 ketika masih berusia 30 tahun.

5. Abou Diaby 

5 Pemain Premier League yang Kariernya Menurun Karena Masalah Cederableacherreport.com

Abou Diaby didatangkan oleh Arsenal dari AJ Auxerre pada bursa transfer musim dingin 2006. Ketika itu pemain asal Prancis ini dibeli dengan biaya yang sangat murah, yakni 3 juta euro atau setara dengan Rp52 miliar. Meski terbilang sangat murah, ia memiliki kualitas yang cukup hebat dan dinilai bisa bersaing di kasta tertinggi Inggris.

Kehadiran Diaby saat itu diharapkan mampu menjadi penerus Patrick Vieira yang hengkang ke Juventus. Di musim debutnya, ia sempat mengalami beberapa cedera, namun masih bisa berkontribusi dengan mencatatkan 39 pertandingan. Pada tahun berikutnya, sang pemain menjadi salah satu gelandang kunci bagi Arsene Wenger di lini tengah.

Namun, Diaby mengalami cedera ACL (anterior cruciate ligament) pada akhir musim 2012/2013. Akibatnya, ia hanya bisa tampil sebanyak 12 pertandingan selama tiga musim berturut-turut. Karena tak kunjung menemukan performa terbaiknya kembali, Arsenal memutuskan untuk melepas sang pemain dengan gratis ke Marseille pada musim panas 2017. Hanya berselang 1,5 musim, Diaby memutuskan untuk gantung sepatu dari lapangan sepak bola.

 

Masalah cedera memang menjadi momok bagi semua pesepak bola di dunia. Dari kelima pemain tersebut, kini hanya menyisakan Jack Wilshere yang masih aktif menjadi pemain.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Jenis Cedera Ini Rentan Terjadi saat Olahraga

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya