5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020

Didominasi oleh para pemain tim nasional Inggris

Premier League adalah salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Banyak sekali pemain hebat yang merumput di kasta tertinggi Inggris tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pemain Premier League yang menjadi andalan negaranya di turnamen besar.

Di Piala Eropa 2020, cukup banyak pemain Premier League yang ikut meramaikan turnamen tersebut. Beberapa nama bahkan mampu tampil cemerlang bersama negaranya masing-masing. Berikut lima pemain Premier League yang tampil apik di Piala Eropa 2020.

1. Paul Pogba 

5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020Paul Pogba. (skysports.com)

Barangkali sulit untuk menemukan gelandang berbakat seperti Paul Pogba. Bersama N’Golo Kante, Pogba sukses membuat lini tengah tim nasional Prancis sangat hidup di Piala Eropa 2020. Gelandang milik Manchester United itu bisa dibilang sebagai pemain terbaik Prancis di pergelaran tersebut.

Dari 4 pertandingan yang dilalui, ia berhasil membukukan 1 gol serta 1 assist. Gol tunggal yang dicetak oleh Pogba sendiri terbilang cukup istimewa karena diciptakan dari jarak jauh ketika melawan Swiss di babak 16 besar. Pogba juga sukses meraih penghargaan Man of the Match sebanyak 2 kali sepanjang pergelaran Piala Eropa 2020. Sayangnya, Prancis harus tersingkir lebih awal di babak 16 besar.

2. Harry Kane 

5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020Harry Kane. (eurosport.com)

Tim nasional Inggris mengawali pergelaran Piala Eropa 2020 dengan sangat lambat. Tim asuhan Gareth Southgate itu hanya bisa menang 1-0 melawan Kroasia dan Republik Ceko. Inggris juga sempat bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Skotlandia. Akibat hasil itu, kritikan sempat diberikan kepada lini depan Inggris, terutama Harry Kane yang gagal menciptakan satu gol pun di babak fase grup.

Akan tetapi, Kane berhasil membuktikan kualitasnya di fase gugur. Ia mampu menciptakan 4 gol sekaligus dalam 3 laga berturut-turut ketika berjumpa dengan Jerman, Ukraina, dan Denmark. Berkat performanya itu, Inggris berhasil melaju sampai babak final dan berjumpa dengan Italia.

Baca Juga: Banderol Harry Kane Kelewat Tinggi, Guardiola Tak Lagi Berharap Banyak

3. Raheem Sterling 

5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020Raheem Sterling. (eurosport.com)

Seperti yang disinggung di atas, tim nasional Inggris awalnya hanya bisa menciptakan 2 gol pada fase grup. Kedua gol tersebut diciptakan oleh pemain Manchester City, Raheem Sterling. Padahal, sang pemain sempat dikritik karena performa yang kurang apik bersama The Citizens di musim lalu.

Pria berusia 26 tahun itu bisa dibilang sebagai pemain Inggris yang paling konsisten penampilannya sepanjang turnamen. Ia juga berhasil masuk dalam tim terbaik Piala Eropa 2020. Selain sukses mencetak 3 gol serta 1 assist, Sterling juga mampu menciptakan 34 dribel dan menjadi yang paling banyak di ajang tersebut.

4. Luke Shaw 

5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020Luke Shaw. (eurosport.com)

Luke Shaw telah berkembang menjadi salah satu bek kiri terbaik di dunia selama beberapa musim terakhir. Kontribusinya untuk Manchester United musim lalu sangatlah besar. Namun, ada kekhawatiran tentang perannya untuk tim nasional Inggris di Piala Eropa 2020. Setelah tidak dimainkan di laga pembuka melawan Kroasia, Shaw kemudian dipercayai tampil di laga kedua dan terus dimainkan hingga pertandingan final.

Meski hanya berposisi sebagai bek sayap kiri, Shaw tampil sangat produktif dengan berhasil menciptakan 1 gol dan 3 assist dari 6 pertandingan. Ia bahkan sempat terpilih sebagai Star of the Match ketika melawan Republik Ceko di babak grup. Satu-satunya gol yang diciptakan sang pemain tercipta ketika pertandingan final melawan tim nasional Italia.

5. Jorginho 

5 Pemain Premier League yang Tampil Ciamik di Ajang Piala Eropa 2020Jorginho. (eurosport.com)

Musim ini bisa dibilang sebagai tahun terbaik bagi Jorginho sepanjang kariernya. Bagaimana tidak, gelandang milik Chelsea itu berhasil meraih dua gelar bergengsi di Benua Biru, yaitu Liga Champions dan Piala Eropa. Ia juga memainkan peran yang sangat penting dalam kedua turnamen tersebut.

Di Piala Eropa 2020, Jorginho sukses tampil penuh selama 7 pertandingan dari laga pembuka hingga final. Lebih hebatnya lagi, sang gelandang selalu dimainkan sebagai starter oleh Roberto Mancini. Pemain berusia 29 tahun itu total menyelesaikan 497 operan dan memiliki persentase keberhasilan sebesar 93%. Catatan tersebut menjadi yang terbanyak kedua sepanjang pergelaran Piala Eropa 2020.

 

Penampilan ciamik yang ditunjukkan oleh mereka di Piala Eropa 2020 tentu membuat klub pemiliknya sangat bangga. Selain kelima nama di atas, ada juga beberapa pemain Premier League lainnya yang tampil apik di Piala Eropa 2020, seperti Harry Maguire, Xherdan Shaqiri, dan Granit Xhaka.

Baca Juga: Sempat Jadi Bahan Hinaan, Jorginho Kini Makin Laris di Eropa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya