5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real Madrid

Mereka berhasil mempersembahkan banyak gelar juara 

Real Madrid dikenal sebagai salah satu klub besar yang kerap mendatangkan pemain bintang pada setiap bursa transfer. Bahkan, klub berjuluk Los Blancos itu terkadang tak ragu mengeluarkan biaya besar untuk membeli pemain incarannya.

Real Madrid tercatat beberapa kali memecahkan rekor transfer dunia. Contohnya saat mendatangkan Luis Figo, Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, dan Gareth Bale.

Meski begitu, tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut tidak anti dengan pemain gratisan. Mereka juga kerap mendapatkan pemain berkualitas secara cuma-cuma. Setidaknya ada lima pemain gratisan yang dianggap sebagai rekrutan terbaik sepanjang masa.

1. Bernd Schuster 

5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real MadridBernd Schuster (marca.com)

Bernd Schuster merupakan salah satu gelandang Jerman terbaik pada masanya. Ia pertama kali dikenal banyak orang saat membela Barcelona. Selama 8 tahun bermain untuk klub asal Catalunya itu, sang pemain sukses mempersembahkan total delapan gelar juara.

Pada 1988, Schuster justru membelot ke klub rival, Real Madrid. Ia hengkang ke Santiago Bernabeu dengan status bebas transfer. Schuster tercatat membela Los Blancos selama 2 musim saja. Ia berhasil menorehkan 86 penampilan dan memenangi 4 trofi domestik.

2. Steve McManaman 

5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real MadridSteve McManaman (twitter.com/squawka)

Steve McManaman adalah jebolan akademi Liverpool. Pria asal Inggris ini berhasil naik kasta ke tim senior pada 1990.

McManaman membela The Reds selama 9 musim. Setelah itu, ia melanjutkan karier ke Spanyol. Sang pemain pindah ke Real Madrid dengan status bebas transfer pada 1999/2000.

McManaman menikmati kesuksesan yang luar biasa selama di Spanyol. Sang pemain berhasil mempersembahkan 2 trofi Liga Champions dan 2 trofi LaLiga.

Bersama Real Madrid, ia tampil dalam 158 pertandingan dengan menorehkan 14 gol dan 20 assist di semua kompetisi. Pada 2003, McManaman memilih kembali ke Inggris dengan membela Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real Madrid

3. Fernando Morientes 

5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real MadridFernando Morientes (football-espana.net)

Penampilan ciamik Fernando Morientes bersama Real Zaragoza membuat banyak tim elite kepincut. Penyerang asal Spanyol itu kemudian diboyong Real Madrid pada 1997.

Ia didatangkan dengan status bebas transfer ke Santiago Bernabeu. Morientes langsung menjadi pilihan utama di lini serang.

Dari 272 penampilan di berbagai kompetisi, Morientes sukses mencetak 100 gol dan 32 assist untuk Los Blancos. Selama waktunya di klub itu, sang pemain juga berhasil meraih 3 trofi Liga Champions dan 2 trofi LaLiga.

Sempat dipinjamkan ke AS Monaco, Morientes akhirnya meninggalkan Real Madrid pada 2005. Ia bergabung bersama Liverpool saat itu.

4. David Alaba 

5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real MadridDavid Alaba (skysports.com)

David Alaba dikenal banyak orang karena menunjukkan performa yang apik bersama Bayern Muenchen. Pemain asal Austria ini bermain untuk Die Roten lebih dari sedekade.

Selama waktunya itu, ia berhasil meraih 10 trofi Bundesliga Jerman dan 2 gelar Liga Champions. Namun, pada musim panas 2021, Alaba memilih meninggalkan Allianz Arena.

Sang pemain bergabung bersama Real Madrid secara gratis. Keputusannya untuk hengkang ke Santiago Bernabeu terbukti membuahkan hasil positif. Ia sukses mengantarkan klub barunya itu juara LaLiga dan Liga Champions pada musim debutnya.

5. Antonio Ruediger

5 Pemain Gratisan Terbaik yang Pernah Direkrut Real MadridAntonio Ruediger (football365.com)

Antonio Ruediger menjadi bagian dari Chelsea pada 2017. Pemain berpaspor Jerman ini didatangkan dari AS Roma saat itu. Namun, karena tidak menemukan kesepakatan mengenai kontrak barunya, Ruediger memilih berpisah dengan The Blues pada musim panas 2022.

Pria berusia 29 tahun itu memutuskan untuk melanjutkan kariernya di Real Madrid. Ia diikat kontrak Los Blancos selama 4 tahun. Kehadiran Ruediger diharapkan mampu membuat lini pertahanan Real Madrid makin solid.

Real Madrid bisa dengan mudah mendapatkan pemain top secara gratis karena berstatus sebagai klub terbesar di dunia. Bukan tidak mungkin Los Blancos kembali mendatangkan pemain bintang secara cuma-cuma dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: Chelsea Nyaris Dapatkan Bek Idaman Pengganti Ruediger

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya