Comscore Tracker

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPL

Termasuk mantan striker Swansea City, Michu 

English Premier League (EPL) 2022/2023 telah bergulir. Sejumlah kejutan menghiasi pertandingan pekan pertama dan kedua di kasta tertinggi Liga Inggris tersebut. Sebut saja Manchester United dan Liverpool yang sama-sama belum meraih kemenangan sejauh ini.

Hal yang tidak kalah menarik adalah kiprah ciamik sejumlah pemain debutan yang langsung unjuk gigi di Premier League. Akan tetapi, tidak selamanya rekrutan baru atau debutan bisa langsung sukses.

Ada juga beberapa debutan yang pernah mencuri perhatian namun pada akhirnya gagal total di Premier League. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Michu 

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPLMichu (twitter.com/SwansOfficial)

Swansea City mendatangkan Michu dari Rayo Vallecano pada musim panas 2012. Ketika itu, sang pemain digaet dengan nominal sebesar 2 juta pound sterling atau Rp35 miliar.

Di laga debutnya, ia langsung tampil ciamik dengan menorehkan brace alias dua gol. Michu saat itu sukses membawa Swansea City menang dengan skor 5-0 atas Queens Park Rangers di Loftus Road.

Michu menutup musim 2012/2013 dengan perolehan 18 gol serta 3 assists dari 35 pertandingan Premier League. Tidak hanya itu, ia juga mampu membawa timnya meraih gelar Piala Liga Inggris pada musim tersebut.

Sayangnya, kiprah sang pemain tidak berjalan mulus pada musim berikutnya. Ia kemudian dipinjamkan ke Napoli pada 2014, sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke tim medioker Spanyol, UP Langreo. Michu memutuskan gantung sepatu pada 2017 ketika umurnya masih 31 tahun.

2. Reece Oxford 

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPLReece Oxford (whufc.com)

Reece Oxford sudah menunjukkan kualitasnya ketika umurnya masih 16 tahun. Ia saat itu sukses tampil sebagai Man of the Match dalam kemenangan 2-0 West Ham United atas Arsenal pada pekan perdana Premier League 2015/2016.

Akan tetapi, performa sang pemain mulai menurun pada musim-musim berikutnya karena cedera. Alhasil, Oxford sempat dipinjamkan ke Reading, Borussia Monchengladbach, dan Augsburg.

Ia pada akhirnya bergabung secara permanen dengan Augsburg pada tahun 2019. Mengingat umurnya yang masih muda, 23 tahun, Oxford masih memiliki waktu untuk bisa memenuhi potensi yang ia tunjukkan pada debutnya di Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Buangan Manchester United yang Hengkang ke Klub Medioker EPL

3. Federico Macheda 

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPLFederico Macheda (manutd.com)

Tanggal 5 April 2009 mungkin tidak akan pernah terlupakan bagi Federico Macheda. Ketika itu, saat umurnya masih 17 tahun, ia berhasil menjalani laga debut Premier League dengan luar biasa.

Macheda sukses membawa Manchester United meraih kemenangan 3-2 atas Aston Villa di Old Trafford. Macheda menjadi pencetak gol penentu dalam laga tersebut. Berkat dirinya, Setan Merah sukses menjuarai Premier League pada akhir musim.

Sempat diprediksi bakal menjadi bintang besar, Macheda justru lebih sering dipinjamkan ke klub lain daripada main di tim utama Manchester United. Ia akhirnya meninggalkan Old Trafford secara permanen pada 2014. Kini, pemain berusia 30 tahun itu hanya bermain untuk klub Turki, Ankaragücü.

4. James Vaughan 

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPLJames Vaughan (twitter.com/premierleague)

James Vaughan mencetak gol debut untuk Everton ketika umurnya masih 16 tahun, 8 bulan, 27 hari. Momen itu tercipta saat Everton menghadapi Crystal Palace di Premier League pada April 2005. Pemain asal Inggris itu tercatat mampu membukukan sembilan gol untuk The Toffees sebelum akhirnya dijual ke Norwich City pada 2011.

Sejak saat itu, karier Vaughan makin menurun seiring berjalannya waktu. Ia sempat membela sejumlah klub berbeda, seperti Huddersfield Town, Birmingham City, Bury, Sunderland, Wigan Athletic, Bradford City, dan Tranmere Rovers. Vaughan lalu memilih gantung sepatu pada usia 32 tahun.

5. Mladen Petric 

Sempat Tampil Menjanjikan, 5 Pemain Ini Justru Gagal Total di EPLMladen Petric (twitter.com/premierleague)

Mladen Petric tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Setelah bergabung dengan Fulham pada 2012, pemain asal Kroasia itu langsung tampil apik di laga debut Premier League. Menghadapi Norwich City, ia sukses membawa klubnya menang dengan skor telak 5-0 pada pekan perdana.

Petric berhasil menyumbang 2 gol serta 1 assist dalam laga tersebut. Karena penampilannya yang menjanjikan itu, ia sempat diprediksi bakal menjadi bintang di Premier League. Sayangnya, sang pemain justru hanya mampu menambah tiga gol lagi sepanjang musim 2012/2013 berlangsung.

Hanya bertahan semusim, Petric kemudian berstatus tanpa klub sebelum akhirnya bergabung dengan West Ham United. Panathinaikos menjadi klub terakhir Petric. Ia gantung sepatu pada 2016 ketika umur 35 tahun.

 

Tentunya, ada banyak faktor yang membuat sederet pemain di atas gagal bersinar di Premier League. Meski begitu, mereka setidaknya patut berbangga diri karena pernah main di salah satu kompetisi terbaik di dunia.

Baca Juga: Tampil Apik, 5 Pemain Ini Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik EPL 21/22

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya