Comscore Tracker

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga Baggio

Banyak sekali gelar juara yang berhasil diraih oleh mereka!

Italia adalah salah satu negara yang sangat maju dalam urusan sepak bola. Walau dalam satu dekade terakhir penampilan tim nasional Italia sedang menurun, tapi kompetisi Italia tetap menjadi salah satu yang terbaik di Eropa. Bahkan, pada tahun 1990an, Serie A pernah menjadi kiblat sepak bola karena kompetisinya yang sangat seru dan bergengsi.

Di level internasional, kualitas Italia sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena telah berhasil memenangi 4 gelar Piala Dunia dan 1 trofi Piala Eropa. Kesuksesan yang diraih Gli Azzurri tersebut tidak terlepas dari kontribusi para pemain hebat yang dimiliki. Berikut ini lima pemain Italia terbaik sepanjang sejarah.

1. Paolo Maldini 

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga BaggioPaolo Maldini. (planetfootball.com)

Paolo Maldini merupakan salah satu bek terbaik dalam sejarah Italia. Ia dikenal karena mampu tampil apik ketika bermain sebagai bek sayap kiri maupun bek tengah. Dengan kepiawaiannya tersebut, tidak mengherankan jika sang pemain sangat bagus dalam menjaga pertahanan dan membantu penyerangan.

Maldini menghabiskan seluruh kariernya dengan hanya membela AC Milan selama 25 tahun. Selama waktunya itu, sang bek berhasil mempersembahkan total 25 trofi. Maldini juga tercatat pernah menjabat sebagai kapten tim nasional Italia selama 8 tahun. Kini pria yang berusia 52 tahun itu menjabat sebagai Direktur Teknik bersama Rossoneri.

2. Gianluigi Buffon 

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga BaggioGianluigi Buffon. (eurosport.com)

Gianluigi Buffon merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah. Meski saat ini usianya sudah 43 tahun, sang penjaga gawang ternyata masih aktif tampil sebagai pesepak bola profesional. Ia memulai kariernya dengan membela AC Parma dan bergabung bersama Juventus pada tahun 2001 ketika usianya masih 23 tahun. Buffon dikenal karena memiliki refleks dan pemosisian yang sangat baik.

Ia juga turut menyumbangkan gelar Piala Dunia 2006 bersama tim nasional Italia. Lebih hebatnya lagi, dalam turnamen itu, sang kiper hanya kebobolan satu gol hingga pertandingan final. Berkat performanya itu, ia berhasil meraih penghargaan sarung tangan emas. Sementara di level klub, Buffon telah meraih 10 Scudetto, enam Piala Italia, dan tujuh Piala Super Italia. Sayangnya, ia sepanjang kariernya belum pernah meraih gelar Liga Champions.

Baca Juga: Persahabatan Tak Biasa Buffon dan Pirlo di Juventus

3. Giuseppe Meazza 

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga BaggioGiuseppe Meazza. (goal.com)

Giuseppe Meazza dikenal secara luas sebagai pemain terbaik Italia sepanjang masa. Ia memulai debutnya di kompetisi Serie A bersama Inter Milan ketika masih berusia 17 tahun. Lebih hebatnya, ia mampu membukukan 2 gol sekaligus dalam pertandingan pertamanya tersebut. Hanya berselang dua musim, sang penyerang berhasil memecahkan rekor dengan mampu membukukan 31 gol di kasta tertinggi Italia.

Meazza menghabiskan kariernya di Inter Milan selama 13 tahun dan mencetak 242 gol dari 365 pertandingan. Ia juga berhasil memenangi tiga gelar Serie A dan satu Piala Italia, sebelum akhirnya pindah ke AC Milan dan kemudian ke Juventus beberapa tahun berselang. Akan tetapi, sang pemain saat itu sudah melewati masa jayanya. Meazza sendiri sukses mempersembahkan 2 gelar Piala Dunia secara berturut-turut bersama Italia pada tahun 1934 dan 1938. Prestasi yang luar biasa itu membuat Inter Milan memberikan penghargaan dengan membuat namanya sebagai nama stadion.

4. Andrea Pirlo 

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga BaggioAndrea Pirlo. (eurosport.com)

Generasi muda pasti tidak asing lagi dengan pemain satu ini, yaitu Andrea Pirlo. Maestro lini tengah ini adalah salah satu kunci keberhasilan bagi AC Milan dan Juventus. Kemampuan umpan dan skill olah bola yang sangat baik membuat sang pemain dicintai oleh banyak sekali penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Pirlo meraih kejayaannya ketika membela AC Milan dengan memenangi dua gelar Liga Champions dan dua Scudetto. Ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Juventus dan berhasil meraih empat gelar Serie A secara berturut-turut. Tidak berhenti sampai di situ, keberhasilan Italia dalam meraih gelar Piala Dunia 2006 juga tidak terlepas dari andil Pirlo. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak yang menyebut dirinya sebagai gelandang modern paling hebat.

5. Roberto Baggio 

5 Pemain Italia Terhebat Sepanjang Sejarah, Maldini hingga BaggioRoberto Baggio. (eurosport.com)

Roberto Baggio adalah salah satu tokoh yang paling terkenal dalam sejarah sepak bola Italia. Pemain yang hanya menghabiskan kariernya di kompetisi Italia ini dikenal karena kemampuannya dalam menciptakan gol. Ia juga bisa dibilang sebagai second striker terbaik yang pernah menghiasi dunia sepak bola, di samping nama Michel Platini.

Baggio pertama kali melesat ketika bermain untuk Fiorentina. Namun, sang pemain meraih banyak kesuksesan saat bergabung bersama Juventus. Selain meraih dua gelar Serie A, ia juga mampu memenangi penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1993. Sayangnya, ia gagal membawa negaranya meraih gelar juara di pentas internasional. Pencapaian terbaik Baggio bersama Gli Azzurri adalah mencapai laga final di Piala Dunia 1994.

Dengan kualitas dan prestasi yang luar biasa itu, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai pesepak bola Italia terbaik sepanjang sejarah. Dari nama-nama tersebut, siapa pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan Mantan Klub

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya