5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub Berbeda

Selain Cristiano Ronaldo, ada siapa lagi? 

Bisa memenangi gelar Liga Champions tentu menjadi impian bagi semua pesepak bola di dunia. Pasalnya, trofi tersebut merupakan penghargaan paling tinggi antar klub Eropa.

Oleh karena itu, jika mendapatkan kesempatan untuk bermain di Liga Champions, semua pemain tampil habis-habisan agar bisa meraih gelar bergengsi tersebut. Sejauh ini, ada sejumlah pemain top yang berhasil memenangi gelar Liga Champions dengan beberapa tim berbeda.

Para pemain ini tentu sangat layak mendapatkan apresiasi karena hal itu tidak mudah untuk dilakukan. Lantas, siapa saja pemain tersebut? Check this out!

1. Xabi Alonso (Liverpool dan Real Madrid) 

5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub BerbedaXabi Alonso (kanan) berhasil memenangi trofi Liga Champions bersama Liverpool. (uefa.com)

Pada musim 2004/2005, Xabi Alonso ikut mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Champions. Ketika itu, The Reds berhasil mengalahkan AC Milan dengan skor 3-2 lewat babak adu penalti. Pada pertandingan normal, Liverpool sukses memaksa AC Milan bermain imbang dengan skor 3-3. Lebih hebatnya lagi, Alonso mampu menyumbang satu gol pada laga itu di menit ke-60.

Sementara bersama Real Madrid, gelandang asal Spanyol itu mampu membawa timnya juara di musim 2013/2014. Los Blancos saat itu berhasil mengalahkan Atletico Madrid di partai final dengan skor 4-1. Sayangnya, sang pemain tidak bermain di laga final tersebut karena akumulasi kartu kuning.

2. Toni Kroos (Bayern Munchen dan Real Madrid) 

5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub BerbedaToni Kroos berhasil memenangi trofi Liga Champions bersama Real Madrid. (goal.com)

Toni Kroos bisa dibilang sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki oleh Jerman. Ia berhasil mengantarkan Bayern Munchen juara Liga Champions pada musim 2012/2013. Bayern Munchen ketika itu berhasil menumbangkan klub asal Jerman lainnya, Borussia Dortmund dengan skor 2-1.

Kroos kemudian melanjutkan kariernya di Real Madrid pada musim panas 2014. Bersama raksasa asal Spanyol itu, ia berhasil meraih banyak sekali gelar juara. Kroos tercatat berhasil membantu Los Blancos meraih tiga trofi Liga Champions secara berturut-turut pada musim 2015/2016, 2016/2017, serta 2017/2018.

Baca Juga: 9 Pemain Ini Kalahkan Mantan Klub di Final Liga Champions dan Juara!

3. Samuel Eto’o (Barcelona dan Inter Milan) 

5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub BerbedaSamuel Eto'o berhasil memenangi treble winner bersama Barcelona. (fcbarcelona.com)

Samuel Eto’o meraih trofi Liga Champions pertamanya bersama Barcelona pada musim 2005/2006. Ketika itu, penyerang asal Kamerun itu berhasil mencetak satu gol dalam partai final saat mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1. Setelah meraih segalanya di Camp Nou, ia memutuskan untuk hengkang ke Inter Milan pada musim panas 2009.

Bersama klub Italia tersebut, Eto’o kembali berhasil meraih gelar Liga Champions pada musim 2009/2010. Inter Milan saat itu sukses mengalahkan Bayern Munchen di partai final. Lebih hebatnya lagi, Eto’o mampu memenangi treble winners bersama dua klub berbeda tersebut.

4. Clarence Seedorf (Ajax Amsterdam, Real Madrid dan AC Milan) 

5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub BerbedaClarence Seedorf berhasil memenangi trofi Liga Champions bersama AC Milan. (football24.news)

Sampai saat ini, tidak ada satu pun pesepak bola yang berhasil meniru catatan dari Clarence Seedorf. Pasalnya, pria yang berasal dari Belanda itu menjadi satu-satunya pemain yang sukses memenangi gelar Liga Champions bukan hanya dengan dua klub saja, namun dengan tiga klub berbeda, yaitu Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan AC Milan.

Sang pemain meraih gelar pertamanya bersama Ajax Amsterdam pada musim 1994/1995. Tiga tahun kemudian, ia berhasil memenangi trofi tersebut bersama Real Madrid di musim 1997/1998. Terakhir, Seedorf mampu menjuarai Liga Champions bersama AC Milan pada musim 2002/2003 dan 2006/2007.

5. Cristiano Ronaldo (Manchester United dan Real Madrid) 

5 Pemain yang Berhasil Juara Liga Champions dengan Dua Klub BerbedaCristiano Ronaldo berhasil memenangi trofi Liga Champions bersama Real Madrid. (uefa.com)

Sejak format berganti pada tahun 1992, Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola yang meraih gelar Liga Champions terbanyak. Sejauh ini, mega bintang asal Portugal tersebut sudah memenangi trofi tersebut sebanyak lima kali. Semua torehan itu diciptakannya bersama dua klub berbeda, yakni Manchester United dan Real Madrid.

Bersama Setan Merah, Ronaldo berhasil meraihnya pada musim 2007/2008. Sedangkan, empat trofi lainnya dimenangkan bersama Real Madrid pada musim 2013/2014, 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018.

 

Dari kelima nama tersebut, saat ini hanya Cristiano Ronaldo yang memiliki peluang untuk bisa menyamai catatan dari Clarence Seedorf. Kira-kira mampukan CR7 melakukannya bersama Juventus?

Baca Juga: 8 Pemain Ini Sandingkan Ballon d'Or, Liga Champions, dan Piala Dunia

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya