5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada Maguire

Mereka tidak mentereng belakangan ini

Timnas Inggris resmi mengumumkan skuad Piala Dunia 2022 Qatar. Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memboyong total 26 pemain ke Qatar. Nama-nama andalan seperti Harry Kane, Declan Rice, hingga Kyle Walker masih menghiasi skuad The Three Lions.

Southgate juga membuat sejumlah kejutan. Pelatih berusia 52 tahun itu memanggil beberapa nama yang penampilannya tidak istimewa belakangan ini.

Berikut lima pemain kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022.

1. Harry Maguire 

5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada MaguireHarry Maguire (manutd.com)

Harry Maguire kehilangan tempatnya sebagai bek utama Manchester United pada 2022/2023. Ia baru tampil 4 kali dengan turun selama 280 menit di English Premier League (EPL). Untuk seorang pemain yang sempat menyandang status sebagai bek termahal di dunia, catatan itu jelas sangat mengecewakan.

Meski begitu, Gareth Southgate memiliki pandangan berbeda. Ia menilai Maguire sebagai pemain yang dibutuhkan The Three Lions di Piala Dunia 2022.

“Kami memilih bek yang lebih berpengalaman. Kami pikir saat ini pemain yang lebih muda memiliki kualitas sangat bagus. Akan tetapi, mereka tidak cukup untuk mendorong pemain yang lebih berpengalaman tersingkir,” ujar Southgate dikutip Manchester Evening News.

2. Kalvin Phillips 

5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada MaguireKalvin Phillips (twitter.com/Kalvinphillips)

Cedera membuat Kalvin Phillips tidak tampil maksimal bersama Manchester City pada 2022/2023 ini. Pria berusia 26 tahun itu baru tampil sekali di Premier League. Itu pun sebagai pemain pengganti pada akhir laga Manchester City versus West Ham United pada pekan pertama.

Setelah laga itu, ia tidak pernah lagi dimainkan Pep Guardiola di Premier League. Dengan kondisi seperti itu, keputusan Gareth Southgate memanggil sang gelandang ke Piala Dunia 2022 tentu menjadi pertanyaan besar.

Baca Juga: Blunder Konyol Lagi, Harry Maguire Makin Dihujat Fans

3. Conor Gallagher 

5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada MaguireConor Gallagher (twitter.com/ChelseaFC)

Sempat dipinjamkan ke Crystal Palace, Conor Gallagher akhirnya berhasil masuk ke skuad utama Chelsea musim ini. Gelandang berusia 22 tahun itu sudah sebelas kali bermain di Premier League. Akan tetapi, waktu bermain Gallagher tergolong minim, hanya 409 menit.

Meski demikian, Gareth Southgate tetap memasukkan namanya ke skuad Inggris untuk menghadapi Piala Dunia 2022. Keputusan Southgate mengundang kritik. Pasalnya, banyak yang menilai James Ward-Prowse jauh lebih layak berseragam The Three Lions daripada Conor Gallagher.

4. Conor Coady 

5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada MaguireConor Coady (twitter.com/Everton)

Ada dua pemain Everton yang dibawa Gareth Southgate ke Piala Dunia 2022, yakni Jordan Pickford dan Conor Coady. Khusus Coady, keputusan Southgate dianggap kurang tepat. Pasalnya, performa sang pemain tidak terlalu mengesankan sepanjang 2022/2023 ini.

Di sisi lain, Fikayo Tomori yang tampil jauh lebih oke bersama AC Milan justru tidak dipanggil. Wajar jika keputusan meninggalkan Tomori dan memanggil Coady membuat Southgate dikritik habis-habisan.

5. Jack Grealish 

5 Pemain Kejutan di Timnas Inggris untuk Piala Dunia 2022, Ada MaguireJack Grealish (twitter.com/JackGrealish)

Jack Grealish menunjukkan performa yang biasa-biasa saja musim ini. Bersama Manchester City, pemain berusia 27 tahun itu tercatat baru tampil 8 kali dengan mencetak 1 gol di Premier League.

Meski penampilannya tidak meyakinkan, sang pemain tetap mendapatkan tempat tersendiri di hati Gareth Southgate. Buktinya, Grealish ikut diboyong ke Qatar pada 20 November–18 Desember mendatang.

Gareth Southgate tentu memiliki alasan tersendiri membawa mereka ke Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Inggris tergabung di dalam Grup B bersama Amerika Serikat, Iran, dan Wales. The Three Lions akan menghadapi Iran pada pertandingan pertama, Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Harry Maguire Jeblok, Southgate Layangkan Ultimatum  

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya