6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan Liverpool

Mulai dari Philippe Coutinho hingga Sadio Mane 

Liverpool dikenal sebagai salah satu klub terbaik di dunia. Tidak mengherankan kalau tim yang bermarkas di Anfield tersebut kerap jadi tujuan banyak pemain top. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang menemukan kesuksesan kala berseragam The Reds.

Setelah tampil apik di Liverpool, pemain terkadang tergoda untuk mencari tantangan baru di klub lain. Namun, meninggalkan Liverpool bisa jadi keputusan yang salah bagi sebagian pemain. Sebab, ada beberapa nama yang kariernya meredup setelah hengkang dari Anfield. Siapa saja mereka?

1. Philippe Coutinho 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolPhilippe Coutinho (twitter.com/AVFCOfficial)

Philippe Coutinho berada di puncak kariernya saat membela Liverpool. Pemain asal Brasil itu kemudian pindah ke Barcelona dengan mahar 135 juta euro atau Rp2,2 triliun pada Januari 2018. Diharapkan memberikan dampak besar, ia justru gagal menunjukkan performa terbaiknya di Camp Nou.

Sempat dipinjamkan ke Bayern Munich, Coutinho akhirnya dilepas ke Aston Villa pada Januari 2022. Coutinho sampai sekarang masih belum bisa membangkitkan kariernya bersama Aston Villa. Pada musim 2022/2023 ini, ia baru mencetak 1 gol dari 22 penampilan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Gagal Bersama Liverpool sebelum Arthur Melo

2. Emre Can 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolEmre Can (twitter.com/BVB)

Emre Can sempat menjadi andalan Jurgen Klopp di Liverpool. Gelandang asal Jerman itu turut membantu tim mencapai final Piala Liga Inggris dan Liga Champions. Namun, karena menuntut kenaikan gaji yang signifikan, ia akhirnya harus meninggalkan Anfield karena kontraknya berakhir.

Can melanjutkan perjalanannya bersama Juventus pada Juli 2018. Sayangnya, ia gagal memberikan dampak besar di Turin. Hanya bertahan 1,5 musim, ia lalu pindah ke Borussia Dortmund dengan status pinjaman, sebelum akhirnya dipermanenkan seharga 25 juta euro atau Rp410 miliar.

3. Jordon Ibe 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolJordon Ibe (instagram.com/jordon_ibe)

Jordon Ibe sempat diprediksi bakal menjadi bintang besar bersama Liverpool. Itu semua tidak terlepas dari penampilan impresif sang pemain saat membela tim muda The Reds. Namun, Ibe tampil memble bersama tim utama dengan hanya menorehkan 1 gol dari 41 penampilan.

Sempat dipinjamkan ke sejumlah tim, Ibe akhirnya dilepas secara permanen ke Bournemouth pada Juli 2016. Akan tetapi, performa pemain asal Inggris itu justru makin menurun bersama The Cherries. Ia kemudian pindah ke klub Turki, Adanaspor, pada Januari 2022. Lagi-lagi, Ibe tampil buruk di sana dan kini sedang berstatus tanpa klub sejak Juli 2022.

4. Georginio Wijnaldum 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolGeorginio Wijnaldum (instagram.com/gwijnaldum)

Georginio Wijnaldum menikmati karier yang luar biasa di Liverpool. Selama 5 tahun, ia mampu membukukan 237 penampilan dan mencetak 22 gol serta 16 assist. Tidak hanya itu, sang gelandang juga berhasil memenangi sejumlah gelar bergengsi, macam Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Wijnaldum meninggalkan Anfield pada Juli 2021 setelah kontraknya berakhir. Ia kemudian melanjutkan kariernya ke Paris Saint-Germain. Namun, pemain asal Belanda itu kesulitan mendapat kesempatan bermain secara reguler. Kini, ia tengah dipinjamkan ke AS Roma dan belum juga menemukan sentuhan terbaiknya.

Baca Juga: 5 Rekrutan Teraneh Liverpool pada Era Premier League

5. Takumi Minamino 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolTakumi Minamino (instagram.com/takumi18minamino_official)

Takumi Minamino didatangkan Jurgen Klopp dari RB Salzburg pada Januari 2020. Namun, selama di Anfield, pemain asal Jepang tersebut lebih sering duduk di bangku cadangan. Karena tidak mendapatkan waktu bermain yang cukup, ia akhirnya pindah ke AS Monaco pada Juli 2022.

Sayangnya, kepindahan Minamino ke kompetisi Prancis masih belum membuahkan hasil yang manis. Pada musim 2022/2023 ini, ia baru mencetak 1 gol dari 21 penampilan di semua kompetisi.

6. Sadio Mane 

6 Pemain yang Kesulitan Bersinar setelah Meninggalkan LiverpoolSadio Mane (twitter.com/FCBayernEN)

Setelah mempersembahkan banyak gelar juara, Sadio Mane memutuskan berpisah dengan Liverpool pada Juli 2022. Mantan pemain Southampton tersebut hengkang ke Bayern Munich dengan banderol seharga 32 juta euro atau Rp525 miliar.

Awalnya, ia tampil impresif di lini serang Die Roten. Mane berhasil membukukan 6 gol dan 3 assist dari 14 laga. Namun, cedera membuat performa Mane menurun drastis. Setelah pulih, ia baru mencetak 1 assist dari 8 penampilan.

Tentunya, ada sejumlah faktor yang membuat mereka gagal bersinar usai meninggalkan Liverpool, seperti masalah kebugaran, adaptasi, hingga kebutuhan strategi. Meski belum tampil memuaskan, mereka masih memiliki banyak waktu untuk bisa menemukan performa terbaiknya lagi.

Baca Juga: Pukul Leroy Sane, Bayern Munich Bekukan Sadio Mane

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya