Comscore Tracker

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga Shaqiri

Swiss bisa menjadi tim kuda hitam di Piala Eropa 2020

Tim nasional Swiss mungkin bukanlah negara yang dijagokan di Piala Eropa 2020. Walau begitu, tim besutan Vladimir Petkovic ini diprediksi bakal menyulitkan langkah sejumlah negara unggulan. Pasalnya, Swiss memiliki cukup banyak pemain ternama dan berkualitas di skuadnya saat ini.

Beberapa nama bahkan berkarier di kompetisi top Eropa dan menjadi pemain andalan bagi klubnya masing-masing. Berikut lima pemain yang bisa diandalkan Swiss di Piala Eropa 2020.

1. Granit Xhaka 

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga ShaqiriGranit Xhaka. (beinsports.com)

Granit Xhaka adalah pemain andalan Swiss dalam beberapa tahun terakhir di lini tengah. Pemain berusia 28 tahun itu sekaligus dipercayai untuk menjadi kapten tim. Pemain yang saat ini membela Arsenal tersebut memulai debutnya di tim nasional pada 4 Juni 2011 ketika berjumpa dengan Inggris.

Sejauh ini Xhaka sudah membukukan 94 pertandingan dan menciptakan 12 gol serta 9 assist. Di level klub, musim ini ia menjadi andalan Mikel Arteta di lini tengah The Gunners. Xhaka tercatat memainkan pertandingan sebanyak 45 kali di semua kompetisi. Xhaka sendiri diprediksi bakal menjadi pemain kunci Swiss di Piala Eropa 2020.

2. Xherdan Shaqiri 

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga ShaqiriXherdan Shaqiri. (90min.com)

Meski sedikit kesulitan berkembang di Liverpool, Xherdan Shaqiri tetaplah sosok penting bagi tim nasional Swiss. Pemain yang saat ini berusia 29 tahun tersebut sudah malang melintang di kompetisi top Eropa. Sejumlah tim elite, seperti Bayern Munchen, Inter Milan, hingga Liverpool pernah diperkuat oleh sang pemain.

Sejauh ini ia masih berstatus sebagai pemain aktif dengan torehan gol terbanyak untuk tim nasional Swiss. Shaqiri tercatat sudah menciptakan 23 gol dari 91 pertandingan di level internasional. Sang pemain memulai debutnya di tim nasional Swiss pada 3 Maret 2010 ketika berjumpa dengan Uruguay di pertandingan persahabatan.

Baca Juga: Masuk Daftar Jual Liverpool, Xherdan Shaqiri Menjadi Incaran Sevilla

3. Denis Zakaria 

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga ShaqiriDenis Zakaria. (90min.com)

Denis Zakaria merupakan salah satu pemain kunci Borussia Monchengladbach di lini tengah dalam beberapa musim terakhir. Musim ini pemain berusia 24 tahun itu tak bisa tampil maksimal karena sempat beberapa kali mengalami cedera. Tercatat, ia hanya mampu menciptakan 32 pertandingan di semua kompetisi.

Meski demikian, Zakaria dilaporkan tengah menjadi incaran beberapa klub elite Eropa pada bursa transfer musim panas ini. Ia diprediksi bakal menjadi duet Granit Xhaka di lini tengah Swiss pada ajang Piala Eropa 2020. Sampai saat ini Zakaria sudah tampil sebanyak 32 kali dan menciptakan 3 gol bersama Swiss.

4. Manuel Akanji 

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga ShaqiriManuel Akanji. (bvbbuzz.com)

Manuel Akanji merupakan salah satu pemain penting di lini pertahanan Borussia Dortmund musim ini. Bek berusia 25 tahun itu menjadi pemain dengan akurasi umpan tertinggi di antara pemain Dortmund lainnya dengan melakukan operan lebih dari 1.000 kali. Bersama Matt Hummels, Akanji berhasil membawa klubnya juara di ajang Piala Jerman musim ini.

Ia tercatat mampu tampil sebanyak 41 pertandingan dan menciptakan 2 gol di semua kompetisi. Performa apik tersebut diprediksi bakal dibawa sang pemain ke tim nasional Swiss pada ajang Piala Eropa 2020. Akanji sendiri sudah tampil sebanyak 29 kali bersama negaranya sejauh ini.

5. Haris Seferovic 

5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga ShaqiriHaris Seferovic. (90min.com)

Haris Seferovic bisa dibilang sebagai ujung tombak terbaik tim nasional Swiss saat ini. Penyerang milik Benfica itu sejauh ini sudah menciptakan 21 gol dalam 74 pertandingan bagi negaranya tersebut. Torehan itu membuat pemain berusia 29 tahun ini menjadi top skor keenam sepanjang sejarah Swiss.

Di level klub musim ini, Seferovic tampil sangat gemilang dengan menciptakan 22 gol serta 7 assist dari 31 pertandingan di Liga Portugal. Berkat catatan tersebut ia sukses berada di urutan kedua dalam daftar top skor dengan hanya terpaut satu gol dari Pedro Goncalves yang berada di urutan pertama. Dengan kualitas tersebut, tidak menutup kemungkinan Seferovic akan tampil apik di Piala Eropa 2020.

 

Selain kelima pemain tersebut, sebenarnya masih banyak pemain Swiss yang tampil menjanjikan pada musim ini bersama klubnya masing-masing. Dengan skuad yang lumayan, kira-kira sejauh mana Swiss mampu berjuang dalam ajang Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 5 Pemain Swiss yang Membela Klub Premier League Musim Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya