Comscore Tracker

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh Klub

Ada dua legenda yang berasal dari Argentina

Cukup banyak klub sepak bola yang memutuskan memensiunkan nomor punggung tertentu untuk menghormati legendanya. Namun, tidak semua legenda mendapatkan perlakukan yang serupa. Terbaru, banyak sekali para penggemar Barcelona meminta klub untuk memensiunkan nomor punggung 10 setelah hengkangnya Lionel Messi.

Akan tetapi, hal itu sepertinya sangat mustahil dilakukan karena terhalang peraturan dari kompetisi LaLiga. Sebelum kasus Messi, sudah ada beberapa klub yang memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung milik legendanya. Siapa dan klub mana saja?

1. Javier Zanetti (Inter Milan) - Nomor 4 

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh KlubJavier Zanetti. (bleacherreport.com)

Javier Zanetti bisa dibilang sebagai salah satu pesepak bola paling berprestasi yang dimiliki oleh Inter Milan. Pria asal Argentina itu bahkan menghabiskan kariernya di kompetisi Italia selama hampir dua dekade. Semasa waktunya itu, Zanetti tampil sebanyak 858 pertandingan di semua kompetisi.

Zanetti juga berhasil mempersembahkan total 16 trofi untuk publik Nerazzurri. Berkat jasanya itu, Inter Milan memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 4 milik sang pemain. Zanetti pensiun pada tahun 2014 dan saat ini menjabat sebagai wakil presiden Inter Milan.

2. Paolo Maldini (AC Milan) - Nomor 3 

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh KlubPaolo Maldini. (planetfootball.com)

Kontribusi Paolo Maldini bersama Rossoneri tentu tidak perlu diragukan lagi. Ia merupakan salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki oleh AC Milan sepanjang sejarah. Maldini membela klub tersebut selama seperempat abad atau 25 tahun. Lebih hebatnya lagi, sang pemain hanya membela AC Milan sepanjang kariernya bermain sepak bola.

Selama berseragam Milan, Maldini sukses membukukan 902 pertandingan dan telah memenangi 26 trofi. Di usia 41 tahun pada 2009, sang pemain memutuskan untuk gantung sepatu. Tanpa berpikir panjang, AC Milan langsung memensiunkan nomor 3 untuk menghormati jasa Maldini.

Baca Juga: Tukar Jersey dengan Anak Paolo Maldini, Buffon Keluarkan Kelakar Lucu!

3. Johan Cruyff (Ajax) - Nomor 14 

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh KlubJohan Cruyff. (90min.com)

Nama Johan Cruyff tentu tidak asing lagi bagi para pencinta sepak bola. Legenda asal Belanda ini  merupakan salah satu sosok yang mempopulerkan filosofi Total Football. Cruyff debut dengan tim senior Ajax Amsterdam pada tahun 1964. Sejak saat itu, ia ikut mempersembahkan banyak sekali gelar juara.

Cruyff bahkan berhasil mengantarkan Ajax memenangi trofi Liga Champions sebanyak tiga kali secara berturut-turut. Karena performanya yang impresif, sang pemain direkrut oleh Barcelona pada tahun 1973. Meski Cruyff gantung sepatu pada 1984, Ajax baru memensiunkan nomor 14 pada tahun 2007 dan sekaligus mengabadikan namanya sebagai nama stadion.

4. Diego Maradona (Napoli) - Nomor 10 

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh KlubDiego Armando Maradona. (beinsports.com)

Diego Maradona adalah salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Ia pertama kali berkarier di kompetisi Eropa dengan bermain bersama Barcelona. Karena gagal bersinar, sang penyerang kemudian memilih hengkang ke Napoli pada tahun 1984. Keputusannya untuk meninggalkan Barcelona ternyata sangatlah tepat.

Maradona berhasil menemukan performa terbaiknya di kota Naples. Selama 7 musim membela Napoli, sang pemain berhasil membuat 115 gol serta 33 assist dari 250 pertandingan. Walau meninggalkan tim secara tidak terhormat, Maradona tetap mendapatkan perhatian khusus. Napoli memensiunkan nomor punggung miliknya, yaitu angka 10. Nama sang pemain juga digunakan sebagai nama stadion Napoli.

5. Pele (New York Cosmos) - Nomor 10 

5 Pemain Legendaris yang Nomor Punggungnya Dipensiunkan oleh KlubPele (goodseatsstillavailable.com)

Pele adalah pemain legendaris lainnya yang telah menjadi ikon sepak bola selama bertahun-tahun. Pencapaian terbaik Pele saat masih aktif bermain sebagai pemain sepak bola adalah membawa tim nasional Brasil juara Piala Dunia sebanyak tiga kali. Sementara di level klub, ia membela Santos hampir dua dekade sebelum akhirnya hengkang ke New York Cosmos di umur 35 tahun.

Meski hanya bermain dua musim saja untuk New York Cosmos, klub tetap menghargai jasanya dengan memensiunkan nomor punggung 10 miliknya. Uniknya, Pele memainkan laga terakhirnya bersama New York Cosmos dengan melawan mantan timnya, Santos.

 

Tentu bukan keputusan yang mudah untuk memensiunkan nomor punggung bagi klub-klub tersebut. Namun, karena dedikasi yang luar biasa dari para pemain itu, klub rela untuk melakukannya. Siapa lagi pemain legenda yang nomor punggungnya dipensiunkan?

Baca Juga: Dukungan Moral dari Pele untuk Mbappe yang Gagal Eksekusi Penalti

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya